Apakah Kalian Sering Keluar Kotoran Mata Berlebihan? Ini Penyebabnya!




Apakah Kalian Sering Keluar Kotoran Mata Berlebihan? Ini Penyebabnya!


Orang normal setiap bangun pagi atau bangun tidur akan dihasilkan yang namanya kotoran mata. Ada apa dengan kotoran mata? Dari mana asal kotoran mata tersebut? Kenapa kotoran mata bisa terjadi banyak saat di saat pagi hari dan bagimana mengantisipasinya?

Kita bakal menjelaskan bagaimana penyebab keluar kotoran mata berlebihan itu bisa terjadi. Di siang hari pastinya, mata itu dalam keadaan terbuka dan mata akan selalu berkedip. Suatu fungsi normal dari mata, dia akan menghasilkan yang namanya cairan untuk menjaga mata tetap lembab. Bila cairan itu dalam kadar tertentu, mata akan merespon dengan berkedip untuk mengeluarkan cairan tadi.
Mungkin kita sering terkena debu di luar saat dalam berkendara, mata kering, mata akan berusaha untuk membuat tetap lembab. Dikarenakan mata ini tidak tertutup, otomatis cairan kotoran mata itu akan keluar jadi tidak akan menumpuk.

mata banyak kotoran begini cara mengatasi
Gambar doktersehat.com


Kotoran mata yang terjadi pada pagi hari, saat kita tidur dan tentunya kelopak mata dalam posisi tertutup. Nah dalam keadaan ini, tidak adanya respo berkedip. Namun pada disaat bangun pagi, cairan kotoran dari mata tersebut akan tekumpul di bagian pinggiran. Sedangkan kelopak  mata tidak ada respon kedip dan mata tertutup diujung.

Dengan demikian, terjadilah penumpukan di ujung pinggir mata yang sering kita alami. Seperti itu kotoran mata terbentuk dipagi hari atau habis bangun tidur. Pada saat kita bangun, ketika melek terjadilah penumpahan kotoran itu.
Bagimana mana solusi mengurangi kotoran mata? Berikut penjelasannya.

Nah bicara masalah solusi, biasanya orang bangun tidur untuk mengurangi istilahnya kotoran mata, itu dapat menggunakan tetesan obat mata. Sebaiknya, lakukan ini sebelum tidur yang beguna untuk mengeluarkan kotoran yang sudah terbentuk sebelumnya. Untuk menjaga proses melubrikasi dan mengencerkan cairan di mata. Teteskan masing-masing di mata kanan dan kiri.

Berbicara soal kotoran mata bukanlah yang harus kita cemaskan, bukan hal yang menandakan suatu membahayakan. Tapi terkadang kotoran mata membuat orang kurang pede dan risih jika diliat oleh orang lain, kalau kotoran mata berlebihan. Apalagi kalo misalnya kita lagi menginap dirumah teman dan pada saat bangun tidur mata kita belekan yang terlalu berlebih banget

Namun apabila belakangan ini kotoran mata anda berlebihan dari biasanya, anda harus berhati-hati. Karena kotoran mata berlebihan disebabkan oleh kemungkinan penyakit, yang disebabkan karena iritasi. Penyebab lainnya karena terlalu sering berada diruangan yang menggunakan AC. Hal ini dikarenakan mata sering kali cepat kering. Beberapa gangguan yang bisa terjadi karena keluarnya kotoran mata yang tidak wajar, contohnya adalah terjadinya bintilan dan perandangan mata.

1. Bintitan (Hordeolum)

Hordeolum atau dalam istilah umumnya bintitan atau timbilen disebabkan karena infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah yang disebabkan bakteri. Bukanlah disebabkan karena kebiasan mengintipseperti yang sering disebut-sebut dalam mitos.

Bakteri pada hordeolum, biasanya oleh kuman Stafilokokus. Hordeolum dapat timbul pada kelenjar kelopak mata yang meliputi kelenjar Meibon, Zeis dan Moll. Namun dengan begitu, kita tetap harus tenang karena penyakit satu pengobatannya cukup mudah. Karena bintitan dapat sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Namun tak jarang memerlukan pengobatan secara khusus seperti obat salep atau tetes mata antibiotik yang telah dianjurkan oleh dokter.

2. Radang Mata (Konjungtivitis)

Radang mata adalah suatu kondisi dimana ditandai oleh pembengkakan satu atau lebih di bagian mata yang disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Konjungtivitis bakteri, radang mata yang disebabkan oleh bakteri-bakteri.  Gejala yang ditimbukan oleh bakteri ini ialah mata terserang akan terasa lengket atau saat bangun tidur kelopak mata atas dan bawah akan merekat. Pengobatannya biasanya dilakukan menggunakan obat tetes mata antibiotik spectrum luas, seperti asam fusidic atau kloramfenil.
  • Konjungtivitis virus, radang mata yang disebabkan oleh virus, seperti adenovirus. Genjala tersebut akan timbul dengan mata merah dengan memungkinan cairan ecer tersebut keluar terus menerus seperti air mata. Sering kali juga konjungtivitis virus mengalami pembengkakan, mata terasa tidak nyaman dengan muncul disertai dengan pilek. Parahnya lagi, apabila sudah mempengaruhi kornea mata bisa membuat penglihatan menjadi kabur. Pengobatan untuk satu konjungtivitis ini, belum ada yang efektif. Bisa dibilang mengobatinya dengan memakai salep pelumas, seperti lacri-lube.
Nah itulah sekian banyaknya gangguan dari yang bisa terjadi karena keluarnya kotoran mata secara berlebihan. Satu lagi, peyebab kotoran mata keluar secara tidak wajar yang perlu anda hindarkan, antara lain:

  1. Mata terkena debu tanah
  2. Mata terkena asa knalpot kendaraan
  3. Mata terkena asap kebakaran
  4. Mata terkena polusi
  5. Mata sering diucek-ucek
  6. Mata kemasukan serangga
  7. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi
  8. Mengkonsumsi makanan berminyak
  9. Terkena paraparan zat kimia secara langsung
Untuk itu agar kita dapat mencegahnya, yang pertama adalah mengutamakan menjaga kebersihan dibagian mata. Nah apabila mengalami genjala ini yang tidak wajar, jangan menggangap masalah ini dengan sepele. Akan jauh lebih baik kita segera periksalah kedokter. Itulah beberapa akibat yang biasanya bisa saja terjadi akibat terlalu sering mengeluarkan kotoran mata atau biasa yang kita sebut dengan nama belekan. Semoga artikel tentang pengetahuan mata ini bermanfaat dan memberi pengetahuan tentang genjala belekan anda lebih luas.







Artikel Terkait: