Cara Praktis Melawan Pilek



1.              Jika Anda keluar atau ada anggota keluarga yang terkena pilek maka gunakan masker untuk melindungi saluran pernafasan atas. Masker bisa menutupi kemungkinan virus menyebar lewat udara. Namun Anda harus tetap memperhatikan kebersihan masker seperti dengan cara sering berganti masker.

2.              Usahakan untuk selalu sering mencuci tangan terlebih jika Anda menggunakan fasilitas umum. Mencuci tangan akan mengurangi bakteri atau virus yang berada di tangan dan bisa masuk ke saluran mukosa.

3.              Hindari terlalu sering memegang wajah atau memasukkan jari ke hidung. Terlalu sering memegang wajah atau hidung akan membuat penularan virus penyebab pilek mudah masuk ke saluran hidung atau saluran pernafasan atas.

4.              Hindari merokok. Rokok akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh Anda menjadi lebih mudah terkena infeksi penyakit. Merokok juga akan menghancurkan kemampuan silia dalam menyaring sumber penyebab penyakit termasuk virus dan bakteri. Selain itu rokok juga menyebabkan resiko penyakit lain seperti kanker, jantung dan penyakit kronis lain.

5.              Hindari berbagi perlengkapan makan dengan orang lain. Ketika Anda menggunaka perlengkapan makan maka gunakan perlengkapan yang benar-benar sudah bersih. Jangan berbagi makanan dalam satu tempat dengan orang yang terkena pilek karena memudahkan penularan.

6.              Hindari berbagi perlengkapan mandi dengan orang lain. Perlengkapan mandi bisa menjadi perantara penularan pilek yang sangat cepat. Hal ini harus dihindari tidak hanya mencegah penyakit pilek juga penyakit kulit lain.

7.              Jangan merasa stres atau tertekan secara berlebihan. Perasaan tertekan atau stres berlebihan bisa menyebabkan kondisi tubuh Anda menjadi lebih lemah. Hal ini juga bisa menyebabkan penyakit lain yang sering menyerang akibat sistem kekebalan tubuh yang melemah.

8.              Usahakan untuk selalu istirahat dengan baik. Tidur cukup akan membantu tubuh melawan infeksi dan mencegah penyakit yang mudah menular. Cara ini juga bisa membantu tubuh Anda agar lebih produktif dan merasa nyaman saat melakukan berbagai kegiatan.



Memperhatikan gaya hidup yang sehat sangat penting untuk mencegah penyakit pilek. Selain itu melakukan usaha pencegahan sangat penting karena pilek mudah menular dan sangat umum. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Ads

Rekomendasi Kami

Ads Ads
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya