Daun Singkong Memiliki Kandungan Gizi Yang Sangat Bermanfaat Sekali



Manfaat dan kandungan Gizi Daun Singkong


Daun singkong sudah banyak dikenal masyarakat kita sejak dulu sebagai sayuran alternatif pengganti dari kebanyakan sayuran pada umumnya. Bagi yang sudah terbiasa, daun singkong adalah sayuran yang unik, dan bisa memicu selera makan, namun bagi yang belum pernah merasakannya, mungkin butuh waktu untuk membiasakannya. Tekstur daun singkong yang kasar, sehingga hanya cocok untuk dimasak dalam beberapa cara saja. Bagi yang sudah biasa dengan makan diwarung masakan padang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran ini.

khasiat daun singkong sangat bagus untuk kesehatan



Untuk mengolah daun singkong sendiri dirumah tidaklah sulit, bisa dimasak kuah santan, dibuat urap-urap, atau hanya direbus dan dimakan dengan sambal terasi.

Daun dari ubi yang banyak diminati ini juga mengandung beberapa nutrisi penting, seperti protein, Serat, lemak, kalori, karbohidrat,  vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari sekian nutrisi yang ada, yang tertinggi per 100g nya adalah protein(3.7), Serat(0.6), Kalori(37), lemak(0.2), dan karbohidrat (7.3).

Manfaat daun singkong :
1. sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.
Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering membunuh para korbannya. Dan menurut penelitian para ilmuan, daun singkong merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.

2. sebagai peningkat daya tahan tubuh.
Olahan daun singkong dapat membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit ringan. Hal tersebut dikarenakan dalam daun singkong terkandung vitamin C yang jumlahnya cukup banyak sehingga dapat membuat daya tubuh meningkat. Hal tersebut tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

3. sebagai obat yang dapat menyehatkan mata.
Daun singkong mengandung banyak vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A adalah jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatan mata. Caranya hanyalah dengan cara mengkonsumsi sayur ini rutin setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk olahan apapun.

4. sayuran anti osteoporosis.
Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai zat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Dengan tulang yang kuat maka otomatis anda akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau biasa disebut osteoporosis.

 5. obat penyembuh luka.
Daun singkong merupakan daun yang kaya akan kandungan serat dan zat besi. Menurut penelitian, serat dan zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang ammapu mempercepat pengeringan luka. Selain dapat emmpercepat proses pengeringan luka, daun singkong juga dapat bermanfaat untuk meminimalisir terbentuknya bekas luka. Tentu hal ini sangat penting karena bekas luka sering kali mengganggu percaya diri anda.

6. obat anti sakit kepala.
Caranya adalah dengan mengkonsumsi daun ini dalam bentuk daun singkong rebus dan mengolahnyya menjadi makanan yang tidak mengandung santan. hal tersebut dikarenakan santan merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali membuat orang pusing ketika berlebihan dalam mengkonsumsinya.

7. pencegah proses penuaan.
Bagi para wanita, mencegah proses penuaan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bahkan saking pentingnya, banyak diantara wanita yang rela menjalani operasi plastik demi mendapatkan wajah yang muda dan segar. padahal, jika mereka mau mengamati manfaat daun singkong, mereka tak usah lagi susah-susah mengeluarkan banyak uang untuk menjalani operasi plastik. Mereka hanya perlu mengkonsumsi daun singkong kemudian menunggu reaksinya.


* Manfaat untuk pengobatan:*


Dalam hal dunia pengobatan tradisional, daun singkong juga memiliki khasiat, yaitu mengatasi masalah cacingan dan membantu meredakan nyeri karena radang sendi atau artritis.

manfaat untuk pengobatan tradisional rematik menggunakan daun singkong sbb:
a. Pemakaian obat dalam
Sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh, 15 g jahe. Kemudian rebus semua bahan tadi kedalam1000 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian Air rebusan ramuan 2 kali sehari pagi dan sore @200cc, setelah disaring.

b. Pemakaian obat luar
Ambil 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah serta kapur sirih secukupnya. Haluskan semua bahan dengan ditambah air secukupnya hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian yang sakit.

Berikut untuk mengobati cacingan:
Untuk manfaat ini, yang kita ambil adalah kulit batang singkong. Caranya sangat mudah, ambil kulit batang secukupnya, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga  mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, lalu diminum sebelum tidur pada malam har

Baca Juga: 
  1. Klik iklan dapat Dollar di PTC 2017
  2. Ingin Tahu Resep Cara Membuat Sipon Jeruk Roll ? Silahkan Mencoba !





Ads

Rekomendasi Kami

Ads Ads
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya