Filipina Diprediksi Diterjang Badai Tropis Nina saat Hari Natal

Hari Natal semakin mendekat. Namun, warga Filipina diprediksi akan merayakan Natal di tengah guyuran hujan lebat. Sebab, badai tropis Nina semakin kuat dan mendekati Negeri Lumbung Padi. Badai diperkirakan tiba tepat pada 25 Desember 2016.

Badai tropis Nina terdeteksi berada 760 kilometer (km) di sebelah timur Kota Guiuan pada Jumat pagi ini waktu setempat. Badai melaju dengan kecepatan 105 kilometer per jam disertai hembusan angin sekuat 130 km/jam.

Seperti diwartakan Asian Correspondent, Jumat (23/12/2016), Wakil Ketua Badan Meteorologi Filipina Landrico Dalida menuturkan, badai diperkirakan mencapai wilayah Bicol tepat pada hari Natal. Sejumlah badai tropis dengan hembusan angin mencapai 120 km/jam siap “menyambut” warga saat merayakan hari kelahiran Yesus Kristus.

Pemerintah Filipina menyarankan warganya yang hendak bepergian dari Bicol ke Samar untuk berhati-hati. Mereka juga diimbau untuk rajin mengecek pemberitahuan dari pihak maskapai penerbangan dan pelayaran jika ada pembatalan penerbangan atau perjalanan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat menerbitkan status peringatan biru yang berarti seluruh perangkat pemerintah daerah wajib siaga jika evakuasi warga dibutuhkan. Kementerian Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan (DSWD) meminta warga untuk menyiapkan persediaan makanan jelang tibanya badai tersebut.


DSWD mengatakan, lebih dari 573.700 paket makanan untuk keluarga sudah disiapkan di seluruh negara. Lebih dari USD2,5 juta (setara Rp33,6 miliar) sudah disiapkan sebagai dana bantuan untuk setiap pemerintah daerah yang berada di jalur badai. Hujan lebat diperkirakan membawa tanah longsor dan banjir selama Badai Nina menerjang Filipina. okezone

Artikel Terkait: