Informasi Tentang 5 (lima) Pasukan TNI Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

Sebagai pertahanan negara kita, TNI Indonesia harus memiliki kemampuan militer hebat agar zona teritorial tidak mudah diserang dalam setiap bentuk ancaman militer luar negeri yang tentu saja dapat mengancam keselamatan bangsa dan merampas kedaulatan Republik Indonesia. Melalui Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Setidaknya ada 5 pasukan TNI terbaik di Indonesia, mereka adalah para pasukan khusus yang menduduki peringkat ke 3 terhebat di dunia. Konon satu prajurit khusus ini setara kehebatannya dengan beberapa prajurit biasa. Penilaian ini berdasarkan survei dari Discovery Channel Military pada tahun 2008 lalu.

1. Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)

Peringkat Prajurit TNI terbaik dari Indonesia yang pertama adalah Denjaka sebagai Detasemen Jala Mangkara, pasukan khusus ini merupakan detasemen milik Angkatan Laut. Denjaka dibentuk berdasarkan instruksi Panglima Tentara Nasional Indonesia kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 pada tanggal 13 November tahun 1984.
barisan-pasukan-denjaka-detasemen-jala-mangkara-terbaik-indonesia-tahun-2016
Dalam proses perekrutannya, Denjaka mengambil langsung personil dari Kopaska dan YONTAIFIB, setelah mendapat pelatihan keras di Bumi Marinir Cilandak, pasukan gabungan Denjaka ini juga wajib menyelesaikan pendidikan yang disebut Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) kurang lebih selama 6 bulan.

Mereka memang dipersiapkan khusus sebagai pasukan anti teror laut namun bisa juga untuk dioperasikan dalam medan laut, darat ataupun udara.

Denjaka juga memiliki tugas pokok untuk membina kemampuan antiteror dan antisabotase di laut dan di daerah pantai serta kemampuan klandestin aspek laut. Kehebatan 1 prajurit TNI Denjaka sama perbandingannya dengan 120 prajurit TNI Biasa. Wow luar biasa!
Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Turki

2. Kopaska (Komando Pasukan Katak)

Sebagai alat pertahanan Negara Indonesia, seorang prajurit Kopaska harus siap siaga bila negara dalam keadaan terancam untuk melakukan penyerbuan ke pangkalan kapal milik musuh, menghancurkan instalasi bawah air Angkatan Laut asing, mempertaruhkan nyawa untuk perebutan pantai dan melakukan operasi pendaratan kekuatan amfibi.

barisan-pasukan-kopaska-komando-pasukan-katak-terbaik-indonesia-tahun-2016



Dengan moto Tan Hana Wighna Tan Sirna, Kopaska sendiri singkatan dari Komando Pasukan Katak yang didirikan oleh mantan Presiden Pertama Indonesia yakni Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 31 Maret 1962 yang lampau.

Diketahui sampai sekarang jumlah pasukan elit Kopaska mencapai 3 ribu prajurit yang berada di 2 grup armada pertahanan, Armada Barat berlokasi di DKI Jakarta sedangkan Armada Timur berada di Surabaya. Untuk kemampuan militer seorang prajurit Kopaska memiliki ketangguhan 1 banding 24 orang prajurit TNI Reguler.

3. YonTaifib, Batalyon Intai Amfibi

Pasukan TNI terbaik yang pernah membuat militer di seluruh dunia terguncang dan salut akan kehebatannya adalah YonTaifib kepanjangan nama dari Batalyon Intai Amfibi dulunya dikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi).

Untuk menjadi anggota YonTaifib, calon diseleksi dari prajurit marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Serta mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas secara berdiri sendiri, dari induk pasukan dalam artian mampu melaksanakan survival secara tim maupun perorangan.


pertahanan-pasukan-prajurit-yonataifib-batalyon-intai-amfibi-terbaik-indonesia-tahun-2016

Mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan mampu mengatasi tekanan mental di daerah penugasan, kemampuan infiltrasi dan eksfiltrasi ke atau dari daerah musuh melalui media, antara lain free fall dengan sistem HALO dan HAHO, STABO/SPIE, berenang, menyelam, serta salah satu kemampuan bawah air atau combat swimmer melalui peluncur torpedo kapal selam.

Salah satu program latihan ekstrim bagi siswa pendidikan intai amfibi, adalah berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat, sejauh 6 km di selat Madura. Dari satuan ini kemudian direkrut lagi prajurit terbaik untuk masuk kedalam Detasemen Jala Mengkara. Ketangguhan seorang Prajurit Khusus YonTaifib setara dengan 24 orang Tentara Biasa.

4. Satbravo-90 (Satuan Bravo 90)

Sebelumnya bernama Denbravo-90 dan berganti nama menjadi Satbravo-90. Kesatuan militer milik Angkatan Udara ini terkenal kesetiaan dan tanggung jawabnya dalam menyelesaikan tugas negara untuk mengamankan tanah air Indonesia.

Pasukan TNI Elite ini dibentuk secara terbatas dalam lingkungan Korps Pasukan Khas TNI-AU sejak tahun 1990 yang memiliki misi melaksanakan operasi intelijen, melumpuhkan alutsista/instalasi musuh dalam mendukung operasi udara dan penindakan teror bajak udara serta operasi lain sesuai kebijakan Panglima TNI.

gambar-tentang-pasukan-satbravo-90-satuan-bravo-90-terbaik-indonesia-tahun-2016

Memiliki konsep pembentukan atas rujukan dari pemikiran Jenderal Guilio Deouchet. Dimana konsep cerdas ini mempunyai arti lebih efektif dan mudah untuk menghancurkan kekuatan militer tentara asing dengan memusnahkan pangkalan, alutsista di darat daripada harus melakukan pertempuran di udara.

Soal kehebatan pasukan Satbravo-90 tak usah diragukan lagi, kemampuan 1 orang prajurit seimbang dengan 5 prajurit TNI biasa, baik soal kekuatan fisik, kemampuan bela diri, strategi, atapun taktik dan strategi perang.


5. Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

Satuan elit dari TNI Angkatan Darat ini pernah menduduki peringkat ke 3 sebagai pasukan perang khusus terbaik dunia. Kopassus Memiliki nama kepanjangan dari Komando Pasukan Khusus yang merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA).

Sebagai pasukan yang sangat disegani kalangan militer luar negeri maupun di Indonesia sendiri, Kopassus mempunyai keahlian khusus yang mampu bergerak cepat dan efektif disetiap medan pertempuran, penembak jitu yang akurat, pengintaian dan detasemen anti teror.

Hal ini dibuktikannya lewat serangkaian peristiwa yang mampu menangani tugas-tugas yang berat. Beberapa operasi terkenal yang pernah dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat.
kumpulan-foto-tentang-pasukan-kopassus-komando-pasukan-khusus
Belum lagi terhitung Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya yang mungkin tidak ada habisnya untuk dibicarakan.

Namun dikarenakan misi dan tugas operasi satuan Kopassus yang bersifat sangat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan Kopassus tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh oleh publik ataupun sesama angkatan militer. Untuk kemampuan satu orang prajurit Koppasus dikatakan setara dengan kekuatan pasukan TNI biasa.

Pemirsa beritaterbaru.id itulah daftar 5 pasukan TNI terbaik dan terhebat di Indonesia, kita sangat bangga dengan kemampuan militer mereka yang tentu saja semua dilakukan demi menjaga kedaulatan tanah air kita dari intervensi-intervensi pihak asing. Salut untuk TNI dan keseluruhan satuannya baik Angkatan Darat, Angkatan Udara maupun Angkatan Laut. Maju terus, NKRI harga mati!

Artikel Terkait: