Kapal induk pertama China akan mengikuti latihan di Pasifik Barat

Kapal induk pertama China
Kapal induk pertama China akan mengikuti latihan di Pasifik Barat

Kapal induk pertama China akan mengikuti latihan di PasifikBarat sebagai bagian dari latihan rutin angkatan laut, di tengah ketegangan yang terjadi dengan Taiwan. Dengan dukungan armada yang menemaninya, Liaoning akan menjalani latihan perang di lautan jauh pertamanya.

“Latihan ini digelar sesuai dengan rencana latihan tahunan,” demikian pernyataan yang disampaikan angkatan laut China yang juga dimuat di halaman depan surat kabar resmi pemerintah, People Liberation Army Daily. Kesuksesan pengoperasian Liaoning akan menjadi langkah pertama bagi China untuk melakukan pengerahan kapal induk buatan dalam negeri pada 2020.

Keterangan Kementerian Pertahanan Taiwan yang dilansir Reuters, Senin (26/12/2016) mengatakan, pihaknya memantau latihan perang itu secara seksama saat Liaoning melintasi Selat Miyako menuju ke Pasifik. Kemhan Taiwan memantau apakah kapal-kapal China tersebut akan meneruskan perjalanan ke Selat Bachi yang terletak antara Taiwan dan Filipina dalam perjalanannya kembali ke China.

Pada Minggu, 25 Desember 2016, Kemhan Jepang mengatakan, kapal Pasukan Bela Diri dan pesawat pengintai P3C melihat enam kapal angkatan laut China termasuk Liaoning melintas alur laut di antara Pulau Miyako dan Okinawa. Kementerian menjelaskan, tidak ada pelanggaran wilayah yang terjadi saat kapal-kapal tersebut melintas.

Baca Juga :



Pertengahan bulan ini, angkatan laut China telah melakukan latihan militer yang melibatkan amunisi sungguhan, jet tempur dan kapal induk di Laut Bohai, di dekat semenanjung Korea. Latihan serupa juga digelar di Laut China Selatan baru-baru ini.

Liaoning telah berpartisipasi dalam beberapa latihan perang sebelumnya, termasuk beberapa latihan di Laut China Selatan. Namun, Negeri Tirai Bambu masih tertinggal jauh untuk menyempurnakan pengoperasian kapal induk seperti yang telah dilatih oleh Amerika Serikat (AS) selama bertahun-tahun.


Kementerian Pertahanan China telah mengonfirmasi pembuatan kapal induk keduanya pada Desember 2015, meski belum ada keterangan yang jelas mengenai waktu peluncurannya. Program pembuatan kapal induk adalah sebuah rahasia negara di China. okezone

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya