Pisang Ternyata kaya Dengan Manfaat...

Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Semua orang menyukai pisang dan jenis makanan apapun yang mengandung pisang. Pisang dianggap sebagai bahan makanan super lezat yang siap membuat lidah bergoyang. Rasanya yang khas, lembut, manis, dan creamy, tidak pernah bisa terlupakan.

Sayangnya, apa saja yang ada di dalam pisang jarang sekali diperhatikan. Pisang adalah buah yang kaya nutrisi. Salah satu nutrisi yang paling lazim dibicarakan adalah potasium (kalium), yang baik untuk relaksasi, menurunkan tekanan dan melancarkan aliran (sirkulasi) darah.

Pisang juga memberikan pengaruh mempercepat pemulihan setelah beraktivitas, misalnya setelah berolahraga. Di dalam ulasan ini, ada 4 nutrisi esensial di dalam pisang yang akan dibicarakan.

Zat Mangan
Mangan adalah mineral yang kurang populer. Di dalam produk-produk suplemen, mangan biasanya ditulis di baris paling akhir, dengan kandungan yang paling sedikit. Pisang adalah salah satu sumber mangan terbaik.
mangan membantu penyembuhan cidera dan meningkatkan metabolisme tubuh. Maka dari itu, pisang biasanya disajikan sebagai makanan ringan setelah beraktivitas. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi mangan memiliki resiko rendah terserang stroke, serangan jantung, darah tinggi, osteoporosis, dan penyakit gangguan/kerusakan tubuh lainnya.

Vitamin B6
Pisang juga kaya Vitamin B6, nutrisi esensial di dalam pola makan yang sehat. Untuk orang dewasa, disarankan mendapatkan asupan vitamin B6 sebesar 1,5 mg setiap harinya. Sebuah pisang bisa memberikan asupan sepertiganya.
Rata-rata penyerapan nutrisi vitamin B6 di dalam suplemen tidak bisa mendekati tingkat penyerapan dari makanan yang mengandung vitamin ini. Oleh karena itu, konsumsi buah pisang lebih dianjurkan.

Konsumsi satu buah pisang setiap hari bisa menjauhkan dari resiko kanker dan meningkatkan fungsi kognitif. Khusus wanita, vitamin B bisa mengurangi sindrom pra menstruasi (PMS; Pre Menstrual Syndroms) dan mengurangi mual-mual di pagi hari (morning sickness) pada wanita hamil.

Baca Juga :


Zat Tembaga
Tembaga merupakan zat mineral atau unsur kimia yang juga dibutuhkan tubuh. Anda membutuhkan sedikit asupan tembaga setiap harinya; dan pisang merupakan sumber tembaga yang cukup baik. Zat tembaga, berpasangan dengan zat besi, membantu perkembangan sel darah merah. Tidak banyak sumber makanan yang mengandung tembaga, dan pisang merupakan salah satu sumbernya.

Vitamin C
Umumnya, jika harus menyebutkan buah-buah yang kaya vitamin C, hampir pasti semua akan menyebutkan jeruk di posisi pertama. Faktanya, pisang juga tidak kalah kayanya. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh (khususnya terhadap flu dan masuk angin), mengurangi peradangan, dan memperlambat penuaan kulit. Sebuah penelitian baru Oleh Universitas Kansas menunjukkan bahwa Vitamin C memiliki potensi melawan sel kanker. Jadi jangan sepelekan asupan vitamin ini.

Konsumsi Pisang Secara Rutin
Pisang adalah buah yang mudah ditemukan, sehingga mudah memasukkannya ke dalam pola makan sehat harian anda. Selain enak dimakan langsung, pisang bisa dibuat sebagai bahan berbagai sajian makanan seperti roti pisang, sandwich buah, jus pisang, kue, dan lain sebagainya.

Karena kaya akan nutrisi dan enak dimakan dalam bentuk sajian apa saja, maka melewatkan pisang sebagai asupan sehari-hari tentu adalah hal yang sangat disayangkan bukan? kolomsehat

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya