Tersedak ? Segera Lakukan Pertolongan Pertama !

Tersedak ? Segera Lakukan Pertolongan Pertama

Tersedak bukanlah persoalan sepele, meski terjadi pada orang dewasa dan bukan pada anak-anak. Tersedak adalah ketika sebuah benda asing masuk ke dalam saluran pernapasan sehingga membuat orang susah bernapas. Ini sebenarnya adalah keadaan gawat darurat yang jika tak segera ditangani bisa berbahaya.

Beberapa di antara kita kemungkinan pernah melihat orang dewasa yang tersedak hingga tercekik. Namun tak banyak yang mengetahui bagaimana penanganan yang benar untuk membantu orang dewasa yang sedang tersedak. Ketika tersedak, suplai oksigen ke otak akan menurun dan harus segera dilakukan pertolongan pertama. Lantas, bagaimana cara membantu orang yang tersedak? Berikut caranya, seperti dilansir oleh Health Site.

Pertama, Anda harus mengetahui tanda ketika seseorang tersedak. Orang yang tersedak akan mengarahkan tangannya untuk memegang tenggorokan atau leher. Ini adalah tanda umum untuk orang yang tersedak. Gejala lainnya adalah kesulitan bernapas, tak bisa berbicara, kulit dan bibir berubah kebiruan, dan pingsan.

Jika tanda-tanda tersebut terlihat, segera lakukan beberapa pertolongan pertama seperti berikut ini.

1. Paksa untuk batuk
Pertama tenangkan orang tersebut dan bantulah dia untuk batuk. Memaksa batuk bisa mengeluarkan benda yang menyumbat di tenggorokannya lewat mulut. Jika cara ini tak berhasil, lanjutkan ke cara kedua.

2. Memukul punggung
Berdiri di belakang orang tersebut. Kemudian pegang dadanya dengan satu tangan dan buat mereka sedikit membungkuk ke depan. Kemudian pukul punggungnya di antara tulang bahu bagian belakang. Ulangi sampai lima kali dan cek mulutnya. Jika ini masih tak berhasil, coba cara ketiga.

3. 'Tusukan' pada perut
Untuk melakukan ini, tangan dalam keadaan menggenggam dan bagian jempol teracung maju. Nantinya jempol kan digunakan untuk menekan perut bagian atas (seperti memijat). Coba untuk memberikan tekanan ke dalam dan ke atas pada perut. Ini dilakukan untuk memasukkan udara ke dalam paru-paru dan membantu benda asing keluar. Coba lakukan ini selama lima kali.


Baca Juga:



4. Ulangi langkah dua dan tiga.
Jika langkah ketiga tidak berhasil, coba lakukan langkah dua dan tiga sebanyak tiga kali. Sementara itu, sejak awal sebaiknya segera telepon ambulans.

5. CPR
Jika orang yang tersedak sampai pingsan, coba lakukan CPR dengan menekan bagian dada korban dengan tangan. Jika orang tersebut masih tak sadar,segera larikan ke rumah sakit.


Tersedak bisa menjadi salah satu pengalaman yang menakutkan, tak hanya bagi mereka yang tersedak tetapi juga orang di sekitarnya. Pelajari pertolongan pertama di atas, sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika ada orang di sekitar Anda yang mengalaminya. merdeka