Tips Membuat Kue Cucur Tradisional


Kue cucur adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun di toko-toko kue. Namun lain halnya di daerah Gorontalo, masyarakat di sana hanya membuat dan mengkonsumsi kue cucur saat panen padi datang. Dan mereka biasa menyebut kue cucur dengan nama tutulu. Daripada penasaran bagaimana cara membuatnya kita mulai saja yuk!

Bahan-bahan :

125 gram tepung beras
30 gram tepung terigu protein sedang
125 gram gula merah
2 lembar daun pandan
230 ml air
¼ sdt garam

Cara membuat :

1.         Pertama didihkan air, gula merah dan juga daun pandan sampai gula larut kemudian saring dan diamkan hingga hangat.
2.         Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam dalam ke mangkuk lain, aduk sambil dituangi ½ bagian air gula hingga tercampur rata. Tepuk-tepuk dengan tangan selama kira-kira 25 menit, lalu masukkan sisa air gula. Teruskan menepuk-nepuk adonan sampai adonan terasa ringan.
3.         Panaskan wajan kecil di atas api sedang, masukkan 50 ml minyak goreng kedalamnya, biarkan hingga panas. Tuang kira-kira 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan, biarkan matang hingga terbentuk seperti renda di sekeliling kue.
4.         Siram-siramkan minyak panas ke bagian tengah adonan, tusuk-tusuk dengan lidi agar adonan mentah yang berada di dalam mengalir ke luar. Teruskan menyiram-nyiramkan minyak ke atas kue hingga matang, angkat. Tiriskan. Ulangi sampai adonan habis.
Untuk 10 Buah


Jangan lupa untuk mendapatkan hasil sempurna dalam membuat kue cucur kalian harus menggoreng dengan minyak yang panas supaya mendapatkan kue cucur yang berserat dan mengembang. Selamat mencoba! bacaresep

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya