Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami...


Bau mulut atau halitosis adalah kondisi medis pada seseorang yang lazim ditemui sejak jaman dahulu. Bangsa Mesir Kuno pernah mengalami kondisi “wabah” bau mulut karena penyakit gigi yang menular secara besar-besaran.

Dalam kasus ini, obat-obatan yang digunakan berupa ramuan kemenyan (getah yang berasal dari pohon dari genus Boswellia), mur (getah yang berasal dari pohon dari genus Commiphora), kayu manis (Cinnamomum verum) dan madu, yang digunakan sebagai penyegar mulut (mouth freshener).

Bagi sebagian orang, bau mulut lebih kepada masalah kepercayadirian dibanding sebagai sebuah penyakit yang harus segera ditindaklanjuti. Aroma mulut yang tidak sedap menyebabkan ketidaknyamanan saat bercakap-cakap. Hal ini cukup memalukan, apalagi jika anda sedang bersama pasangan yang anda cintai. Tentu tidak nyaman bukan, jika rahasia “terburuk” anda diketahui oleh orang paling terdekat di hati anda. Beberapa orang lebih memilih untuk menjauh tanpa respon yang kentara. Namun beberapa lainnya memilih sikap yang jelas, seperti menutup hidung, mengibas-ngibaskan tangan, hingga menyampaikannya secara frontal. Tentu ini sebuah “tamparan” yang sangat keras bagi pengidap penyakit ini. Hal ini lah yang menyebabkan rasa percaya diri berkurang drastis.

Ungkapan ini sepertinya sangat tepat. Berbagai jenis bahan makanan dan makanan menjadi sebab dan berpengaruh terhadap bau nafas. Bagi pecinta bawang putih, bawang merah, dan keju sepertinya resiko munculnya bau mulut tak sedap lebih besar, demikian halnya dengan perokok berat.

Penyebab lainnya adalah pelubangan dan pembusukan gigi, penyakit gusi, mulut kering (xerostomia, lumrah terjadi pada orang yang sedang berpuasa), atau penyakit pernafasan, misalnya sinusitis dan tonsilitis (radang amandel).

Jika anda mengalami bau mulut, mungkin salah satu penyebab di atas adalah biang keladinya. Tetapi ada satu lagi penyebab sederhana yang seringkali diabaikan. Ya, kebersihan mulut (mouth hygiene). Ya, harus kita akui. Kita begitu fokusnya pada kebersihan badan, ketampanan dan kecantikan wajah, kelangsingan tubuh, kebersihan ruangan, dan lain sebagainya, tetapi kita sering melupakan satu hal, kebersihan mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

A. Menjaga Kebersihan Mulut

1.         Sebagai langkah awal, biasakan menyikat lidah setelah menyikat gigi, namun lakukan secara lebih lembut. Ini membantu membersihkan sisa-sisa bakteri yang menempel di lidah.
2.         Biasakan berkumur. Berkumur dengan air (atau dengan produk mouthwash) dapat menjangkau bagian-bagian yang tidak tersentuh oleh sikat gigi. Misalnya sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi bagian dalam. Makanan yang tersisa dalam mulut akan menjadi makanan bakteri, dan proses ini menyebabkan bau mulut yang sangat tidak enak.

B. Menghilangkan Bau Mulut Secara Herbal

Praktek pembersihan mulut dengan herbal dapat ditelusuri dari zaman Yunani dan Romawi Kuno. orang Yunani kuno suka mengunyah adas manis (anise, Pimpinella anisum) untuk menghilangkan bau mulut. Sedangkan orang Romawi kuno biasa menyegarkan nafas dengan mengunyah daun peterseli (parsley, Petroselinum crispum).

Jenis herbal lain yang bisa dikunyah untuk menyegarkan sekaligus menghilangkan bau nafas adalah kapulaga (cardamom, Electteria cardamomum). Mengunyah kapulaga akan meninggalkan aroma khas segar dalam jangka lama. Jika sekiranya mengunyah herbal secara langsung tidak menyenangkan bagi anda, cobalah menyeduh teh dengan dicampur biji kelabet/klabet/kelabat. Kelabat atau Fenugreek merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae. Klabet dapat digunakan untuk obat herbal herb dan sebagai rempah, dikenal juga dengan nama methi. Anda dapat dengan mudah mendapatkannya di toko-toko bahan makanan (biasa digunakan untuk campuran kari) dan toko-toko herbal.


Jenis herbal lain yang cukup ampuh adalah daun nimba (neem, Azadirachta Indica). Untuk menghentikan bau mulut yang sering muncul, gunakan berbagai produk berbasis daun nimba secara rutin. Daun nimba juga baik untuk menghilangkan dan mencegah plak, tartar, membunuh bakteri, dan menjaga kesegaran mulut. Ada banyak produk dari ekstrak daun nimba yang bisa anda dapatkan dengan mudah. kolomsehat