Tips Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Gula darah  merupakan sumber utama energi yang dibutuhkan untuk setiap sel dalam tubuh. Pada ilmu kedokteran gula darah merupakan istilah yang mengacu pada tinggkat glukosa yang terdapat dalam darah. Tingkat tinggi rendahnya glukosa dalam darah sangat mempengaruhi pada kondisi kesehatan tubuh. Bila gula darah tidak normal, maka akan terjadi berbagai segala penyakit yang biasanya ditandai dengan kondisi terjadinya rasa kelehan dalam tubuh, fungsi mental yang menurun hingga dapat menghilangkan kesadaran seseorang.

Melihat dampaknya bagi kesehatan tubuh karena kondisi gula darah yang tidak stabil, maka sangat diperlukan sekali langkah untuk mengatur kadar gula darah atau kadar glukosa dalam tubuh sebagai bagian dari metabolik homeostasis. Untuk kadar gula normal tubuh manusia harus mengandung sekitar 90 mg/ 100 ml atau setara dengan 5 mm (mmoi/I). Jika kurang atau lebih dari jumlah yang disebutkan tersebut maka harus dilakukan tindakan penstabilan kadar gula darah. Namun pada jumumnya permasalahan yang sering terjadi adalah kelebihan kadar gula darah dan untuk mengatasinya perhatikan saja ulasan berikut ini.

Cara Menurunkan Gula Darah yang Perlu Anda Ketahui

§  Membeli Alat Cek Kadar Gula Darah
Tips menurunkan gula darah yang pertama kali adalah memiliki alat monitor atau alat cek gula darah. Karena alat ini sangat efektif sekali untuk mengetahui kadar gula darah normal. Dalam pemakaian alat tersebut memudahkan Anda untuk mengontrol kadar gula darah Anda, maka dengan begitu kadar gula darah dalam tubuh Anda akan selalu terpantau.

§  Berolahraga Secara Teratur
Ketika Anda telah mengetahui monitor gula darah Anda, tentu Anda telah mengetahui hasil dari kadar gula darah tersebut. Jika hasilnya tinggi, maka salah satu yang paling efektif dan ampuh dalam menurunkan kadar gula darah Anda dengan cara melakukan olahraga secara teratur.

§  Mengurangi Mengonsumsi Gula
Selain melakukan olahraga secara teratur, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi gula. Mengurangi asupan gula merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam mengurangi gula darah dalam tubuh. Anda tetap bisa mengonsumsi gula asalkan bukan gula yang pada umumnya dijual dipasaran melainkan gula yang sudah dipastikan memiliki kadar glukosa yang rendah.

§  Diet Tinggi Protein

Selain dapat menurunkan berat badan, diet tinggi protein juga sangat membantu sekali dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang penderita kelebihan kadar gula darah atau yang serina disebut dengan diabetes dan hasilnya pun sangat efektif. Nah untuk Anda yang saaat ini telah terdeteksi kelebihan kadar glukosa maka segerahlah melakukan diet protein tinggi sebagai salah satu cara menurunkan gula darah secara cepat.

Sumber Here

Artikel Terkait: