Tips Pengobatan Tradisional Batuk Pilek Dengan Bahan Alami



Flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya, seiring dengan kemampuan pertahanan tubuh yang meningkat. Pada umumnya, flu bisa mereda antara 3 hari bahkan seminggu, tergantung kondisi tubuh penderita. Meskipun demikian, dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan tradsisional alami. Tujuan pengobatan ini adalah sama, yaitu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi gejalanya. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu dan gejalanya seperti batuk:


Perbanyak asupan cairan

Obat terbaik untuk menyembuhkan influenza adalah dengan mengkonsumsi banyak air. Anda bisa minum air biasa hangat, sayur yang berkuah seperti sup kaldu ayam, dimana merupakan cairan yang efektif sekaligus untuk meredakan gejala flu. Kompres dingin pada dahi juga bisa dilakukan untuk menurunkan demam akibat flu jika perlu.

Konsumsi lebih banyak Vitamin C
Tingkatkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Hal ini akan memberikan dorongan bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih untuk melawan virus flu. Untuk menginkatkan asupan vitamin C, Anda bisa banyak minum jus jeruk, jeruk segar, pepaya atau buah lain yang kaya akan vitamin C.

Cabe rawit
Cabai rawit mengandung Capsaicin yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan lebih cepat mengirimkan nutrisi dan vitamin keseluruh tubuh. Panas dan pedas dari capsaicin juga dapat membantu untuk mengurangi/mengencerkan cairan penyumbat rongga hidung. Namun jika Anda memiliki gangguan lambung atau maag, sebaiknya tak menggunakan cara ini.

Jahe
Ambil tiga potong jahe segar, bersihkan, tumbuk dan dimasukkan kedalam air hangat yang dicampur dengan sesendok madu + sedikit merica bubuk. Jahe diketahui mengandung senyawa antivirus alami yang tentunya akan membantu menyingkirkan virus penyebab influenza atau pilek. Selain itu Jahe juga akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mempromosikan pembentukan senyawa antibakteri.

 Seng (Zinc)
Zinc adalah mineral penting yang selalu dibutuhkan oleh tubuh. Zinc dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan zinc seperti Kacang, buncis,  seafood, daging, telur dan kedelai. Makanan yang mengandung banyak zinc berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya akan mengurangi gejala pilek dan flu.

Bawang putih
Bawang putih memiliki senyawa kimia yang bersifat antibiotik yang kuat, sehingga menawarkan kemampuan antivirus alami.  Bawang putih juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membantu pengiriman nutrisi penting lebih cepat keseluruh sel-sel tubuh. Sertakan bawang putih dalam makanan ada. Bisa juga Makan bawang putih mentah saat perut kosong di pagi hari .

Kunyit

Kunyit termasuk bahan alami yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah serta antioksidan. Ambil secangkir susu hangat, yang dicampur dengan perasan kunyit+sesendok makan madu dan diminum 3 kali sehari. Kunyit juga tidak hanya akan mencegah gejala yang timbul karena influenza, ia juga akan mengaktifkan fungsi hati.

sumber : here

Ads

Rekomendasi Kami

Ads Ads
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya