Batu Ginjal ? Kenali Gejala dan Pengobatannya...


Penyakit Batu Ginjal adalah penggumpalan kristal mineral dan garam di dalam ginjal atau saluran kencing. Besarnya batu ginjal bervariasi, dari hanya sebesar butiran pasir sampai sebesar bola golf.

Pada kebanyakan kasus, batu ginjal tidak menimbulkan gejala karena ukurannya kecil sehingga dapat terbuang sendiri melalui air seni tanpa kita sadari. Namun, kadang-kadang bila ukurannya besar mereka dapat tersangkut di saluran kencing sehingga menimbulkan sakit luar biasa yang disebut kolik.

Dalam kasus lain, batu ginjal terus menetap dan perlahan-lahan membesar di dalam ginjal  sehingga menyebabkan kerusakan permanen. Karena alasan tersebut, penting sekali untuk mencegah timbulnya batu ginjal.

Seperti yang kita ketahui bahwa Ginjal termasuk organ penting yang memiliki fungsi , yaitu menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dari dalam tubuh melalui urin.

Jika fungsi ginjal terganggu akibat peradangan atau karena penyakit batu ginjal maka dengan sendirinya tubuh akan mengalami keracunan. Karena itu, gangguan apapun atau penyakit pada ginjal harus segera diobati.

PENYEBAB PENYAKIT BATU GINJAL

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa batu ginjal adalah batu-batu kecil yang mengkristal yang terbentuk pada saluran kencing. Terbentuknya kristalisasi itu disebabkan kadar urine yang terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu.

Meski banyak hal-hal lain yang dapat menjadi penyebab seperti karena adanya infeksi, obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid, meningkatnya peningkatan kadar asam urat, terlalu banyak menkonsumsi vitamin D atau kalsium yang tidak larut dengan sempurna, namun penyebab utama pekatnya kadar urine disebabkan karena kurangnya mengkonsusmsi air putih setiap hari.

Berikut ini beberapa hal penyebab batu ginjal :
1.         Kurang minum air putih sehingga jumlah urin yang dikeluarkan sedikit.
2.         Sering menahan kencing terlalu lama sehingga urin menjadi pekat.
3.         Pekatnya kadar garam dalam urin sehingga berpotensi terjadinya endapan batu dalam saluran kemih.
4.         Terlalu banyak zat kimia yang terdapat dalam urin, seperti kapur dan garam oksalat.
5.         Kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang sepenuhnya tidak larut

GEJALA PENYAKIT BATU GINJAL

Gejala batu ginjal juga beragam namun yang paling sering terjadi munculnya rasa sakit pada pinggang bawah hingga ke bagian pinggul dan pada bagian alat kelamin luar. berikut ini adalah gejala umum batu ginjal :
·           Kesulitan buang air kecil
·           Sering buang air kecil tapi tidak tuntas.
·           Mengalami rasa nyeri pada bagaian atas kemaluan saat buang air kencing Cara Menyembuhkan Penyakit Batu Ginjal
·           Rasa sakit pada bagian belakang atau sisi tubuh.
·           Urin mengandung darah dan protein dan terlihat pekat (tidak jernih)

·           Dalam kondisi tertentu dapat menimbulkan demam dan sering muntah. ruangsehat

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya