Ingin Tahu Lebih Dekat Tentang Tumbuhan Obat Di Dunia

Meskipun pengobatan konvensional sering berhubungan dengan dunia botani, namun penggunaan obat herbal sering didasarkan pada pondasi filosofi yang berbeda. Telah menjadi kebijakan umum bahwa obat herbal sebenarnya lebih ditekankan pada aspek perawatan kesehatan, dibandingkan untuk menuntaskan penyakit itu sendiri.

Dalam dunia obat, tumbuhan obat, terdapat doktrin yang disebut Doctrine of Signature yang awalnya berasal dari negeri yang sering dianggap kiblatnya herbalis, yaitu China. Kemudian menyebar luas ke kawasan Eropa pada abad pertengahan. Pada awal abad ke-16, Paracelsus, seorang pengobat terkenal pendukung doktrin ini percaya bahwa manfaat obat dari tumbuhan dapat dengan mudah dikenali dengan tanda-tanda yang tampak pada tumbuhan tersebut yang berhubungan dengan anatomi manusia.

Tumbuhan telah menawarkan satu pendekatan penggunaan obat yang dapat didekati dari bentuk, warna, rasa, dan sifat-sifat lainnya. Bahkan Dr. Dietrich Guembel, seorang pemerhati doktrin itu telah melangkah lebih jauh. Ia menggunakan doktrin itu untuk mencari hubungan antara bagian tanaman yang diambil minyak atsirinya untuk aromaterapi dengan sifat fisiologi dan anatomi manusia.

Dia menyimpulkan adanya hubungan dalam proses metabolisme antara tiga bagian tanaman (bunga/buah/biji, daun/tunas dan kayu/akar) dengan tiga bagian tubuh manusia (kepala. tubuh bagian atas, dan tubuh bagian bawah) atau tiga jaringan kulit manusia (epidermis, dermis, dan jaringan subcutaneous).

Sebagai contoh, orang yang mengalami gangguan pernafasan dapat menggunakan aroma terapi minyak atsiri yang berasal dari daun, karena daun dalam tanaman berfungsi dalam respirasi dan fotosintesa.


Ingin Tahu Lebih Dekat TentangTumbuhan Obat Di Dunia
(Sumber : beritaterbaru.id/)

Dalam istilah lain, Dr. Susun, seorang herbalis terkenal di Amerika mengungkapkan, untuk mengerti manfaat suatu tumbuhan kita perlu memperlajari atau memahami bahasa tumbuhan dengan menggunakan sensor rasa, bau, dan raba. Sensor ini dapat mengindikasikan apakah suatu tanaman itu baik atau tidak untuk dimasukan ke dalam tubuh. Selain itu menurutnya, petunjuk arah sangat berhubungan dengan rasa tanaman.

Timur

Merupakan perlambang dunia baru. Biasanya rasa tanaman memiliki kecenderungan manis dan lembut seperti jenis-jenis sereal padi, gandum, dan jagung. Tanaman dari kawasan timur biasanya dimakan dalam jumlah tertentu bahkan setiap hari bila perlu.

Selatan

Perlambang tempat keringat dan darah. Rasa tanaman selatan adalah sebagai tonikum dan berhubungan dengan laut (asin) seperti jenis-jenis rumput laut. Tanaman yang termasuk dalam kategori ini tidak banyak dimakan tapi tidak sedikit pula yang dikonsumsi, bersifat moderat.

Barat

Perlambang tempat kematian dan warisan. Tanaman biasanya memiliki rasa pahit bahkan sekalipun kamu meludah, pahit itu akan terasa lama. Dunia ini berhubungan dengan jenis-jenis jamur dan tanaman bergetah. Tanaman dari barat jarang dimakan.

Utara

Perlambang tempat yang sangat dalam dan jernih. Termasuk ke dalam golongan ini adalah cenderung tanaman-tanaman aromatik.

Tidak semua tumbuhan obat yang didasarkan pada tanda-tanda alam itu benar. Beberapa jenis tumbuhan obat, telah diketahui belakangan ini memiliki khasiat yang berbeda dari khasiat yang dipercaya masyarakat pada awalnya. Beberapa tanda alam dapat dipelajari dan diamati, seiring dengan pengalaman yang diajalani seseorang dakan berhubungan dengan dunia tumbuhan obat.

Bagi yang beragama Isla,. hal ini jelas seirama dengan tuntunan kitab Al Quran yang seringkali mengingatkan manusia untuk membaca alam dan memperhatikan tanda-tandanya untuk lebih memahami manfaat dan hakikat alam. Beberapa tanda yang bisa dikenali denhan pendekatan pancaindera dan akal manusia, antara lain:

  • Warna dengan pancaindera penglihatan
  • Bentuk dengan pancaindera perabaaan dan penglihatan
  • Rasa dengan pancaindera pengecap
  • Aroma dengan pencaindera penciuman
  • Hubungan kekerabatan denhan menggunakan sensor pikiran (iptek)
  • Sifat dengan menggunakan sensor pikiran dan perasaan (intuisi)
  • Nama daerah dan perilaku dengan pancaindera pendengaran (informasi)

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya