Langkah Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi...


Salah satu hal yang akan membuat orang tua yang baru memiliki bayi khawatir adalah andai sang anak terkena pilek. Bagaimana tidak, hidung bayi bisa tersumbat dan hal ini membuat bayi kesulitan untuk bernafas dengan normal. Padahal, bayi masih belum bisa mengerti cara membuang ingusnya. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan hidung bayi yang sedang pilek?

Pakar kesehatan anak dr. Isabella Riandiani, menyebutkan jika hidung bayi yang sedang pilek memang harus segera dibersihkan dan beliau menyarankan kita untuk menggunakan alat semprot atau tetesan hidung yang mengandung air garam atau cairan saline untuk membersihkannya. Cara ini dianggap paling aman untuk digunakan mengingat cairan saline akan membuat hidung menjadi lebih lembab sehingga kotoran pun akan segera keluar dari hidung.

Ada pula cara lain yang bisa kita lakukan untuk membersihkan hidung bayi yang sedang pilek, yakni dengan menggunakan penguapan sehingga lendir di dalam hidung segera mencair dan keluar dengan sendirinya. Dr. Isabella sangat tidak menyarankan kita untuk memencet hidung bayi layaknya yang kita lakukan pada hidung orang dewasa mengingat hidung bayi cenderung masih sangat sensitif dan berukuran sangat kecil. Andai kita lakukan, dikhawatirkan kotoran dan lendir akan memasuki rongga sinus dan memicu penyakit sinusitis pada bayi.


Lantas, apakah cara yang banyak dilakukan oleh orangtua yakni dengan menyedot ingus bayi secara langsung dengan mulut cukup aman untuk dilakukan? Dr. Isabella menyebutkan jika cara ini justru bisa membuat bakteri dari mulut orang tua ditransfer pada hidung atau saluran pernafasan bayi dan hal ini bisa sangat berbahaya. Selain itu, andai lendir pada hidung bayi sudah keras, kental, atau padat, namun tetap dipaksa untuk disedot, dikhawatirkan hidung bayi bisa mengalami iritasi. doktersehat