Sekadau Damai: Hindari Isu yang beredar

Desa Sungai Ringin Mengadakan Ronda Malam untuk Menghindar isu-isu yang Beredar Tidak Benar di Masyarkat Kita!

Foto Longcam & Mus Saat Penyerahan SK Anggota Siskamling   Desa Sungai Ringin, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau
Foto Saat Penyerahan SK Anggota Siskamling Desa Sungai Ringin, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau

SEKADAU, - "Sebagai Seorang warga Kampong yang baik, sudah seharusnya setiap kegiatan yang dilakukan di kampong harus diikuti dengan baik dan jika ada tugas yang diberikan harus diselesaikan dengan baik pula,"  kata Yudhi yang beralamat Desa Sei. Ringin kabupaten Sekadau Kalimantan Barat di tepi Sungai Kapuas.


Katanya, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan dikampong ane adalah Ronda Malam alias Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) yang di pimpin Ketua RT 009 RW O4 Sayful Bahri (Buyung), kegiatan ini rutin dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, biasanya masing-masing kepala keluarga atau warga pria yang sudah dianggap layak (meski belum berkeluarga) akan mendapatkan piket secara bergiliran, biasanya satu kali dalam seminggu. 



Dan tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk memberikan rasa nyaman kepada warga kampong sekaligus mencegah sedini mungkin berbagai kejadian yang tidak diinginkan dan ancaman yang bisa datang sewaktu-waktu. "Atas dasar pengalaman saya, mengikuti kegiatan rutin ini, saya menulis thread sederhana ini untuk berbagi pengalaman tentang keseruan yang terjadi pada saat ronda malam tersebut di kampong kami," kata Longcam 



Menindak lanjut surat himbau Kades Sungai Ringin Abdul Hamdi ( sapa akrbnya Anjang Jonok), agar kita bersama-sama menciptakan rasa aman di daerah kita dan jangan terpengaruh isu-isu yang tidak benar sehingga meresahkan warga Sekadau.



"Harapan kedepannya memberikan rasa aman tentram kepada warga Dusun Kapuas," kata Yudhi yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dusun Kapuas saat di jumpa beberapa awak media di Warkop Jl. Merdeka Barat Sekadau.

Sekadau Damai: Hindari Isu yang beredar
SK Anggota Siskamling  Desa Sungai Ringin Sekadau Hilir

Katanya, Seorang awak media yang berasal dari Desa Sungai Ringin yang termasuk salah satu warga Longcam juga ikut berperan dalam kegiatan Siskamling , Dengan adanya Ronda malam ini bisa menjadi contoh untuk daerah lainnya". Kata Yudhi - (Mus)

Baca Juga:

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya