Perbadaan Fetch dan Fetch and Render pada Google Webmaster tools

Google sebagai mesin pencari menyediakan alat khusus untuk membantu blogger dalam mengelola blog dll

Google sebagai mesin pencari menyediakan alat khusus untuk membantu blogger dalam mengelola blog miliknya, salah satu alat blogger yang sangat penomenal dan wajib untuk digunakan adalah google webmaster tool (GWT) atau sekarang dikenal juga sebagai google search console (GSC), alat ini sangat bermanfaat sekali untuk para pengelola blog karena dengan alat ini mereka dapat selalu memonitor blog yang dikelolanya terutama yang berkaitan dengan interaksi robot mesin pencari terhadap halaman blog sehingga performa blog akan terkontrol dan selalu tetap terjaga dengan baik.

Selain memiliki manfaat dapat memberikan informasi lengkap mengenai interaksi robot mesin pencari terhadap halaman blog, webmaster tool juga dilengkapi dengan alat bantu (fitur khusus) yang dapat mempercepat pengindekan halaman blog, alat ini dapat membantu pengelola blog dalam mempercepat index blog oleh mesin pencari google, sehingga blog lebih cepat dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari google, sehingga blog akan memiliki potensi ditemukan di hasil pencarian google dengan kata kunci yang dianggap relevan.

Fitur khusus yang disediakan oleh webmaster tool untuk mempercepat pengindexan blog oleh mesin pencari google dikenal dengan nama fetch as google atau ambil sebagai google, cara kerja alat ini sangat sederhana, anda tinggal memasukan url halaman blog yang ingin diindex oleh google, lalu tinggal klik saja tombol fetch yang tersedia, maka dalam waktu singkat halaman blog tersebut akan diindex, waktu pengindexanpun relatif tidak terlalu lama sangat tergantung sekali dengan kondisi blog dan juga panjang-pendeknya artikel, jika kondisi blog dari mulai template dan juga artikel dianggap baik maka fetch biasanya akan sangat cepat.

Kapan fetch as google digunakan?
Jika anda blogger pemula anda mungkin bertanya-tanya kapan kita harus menggunakan fetch as google, tidak ada penjelasan spesifik dari google, namun jika kita lihat dari fungsinya, karena alat bantu ini untuk membantu pengindekan halaman blog lebih cepat, maka fetch as google ini sangat cocok digunakan untuk mengindek artikel-artikel yang baru di terbitkan.

Jadi setiap kali anda selesai menerbitkan artikel, maka url artikel baru blog anda (permalink) harus di fetch as google, sehingga artikel tersebut akan lebih mudah ditemuan oleh mesin pencari google. oh ya anda juga harus tau cara fetch itu seperti apa, karena jika salah bisa terjadi error, untuk mengetahui 
bagaimana cara fetch yang baik agar tidak terjadi error anda bisa baca artikel di bawah ini:

Dengan melakukan fetch as google maka secara tidak langsung kita menginformasikan pada mesin pencari google bahwa di blog kita ada artikel baru yang siap untuk direcarwl ulang untuk diindek, dengan begitu mesin pencari tidak perlu menunggu jadwal recrawl untuk blog kita, sehingga halaman blog baru yang baru kita publish akan lebih cepat diindek dan dikenali oleh mesin pencari.

Perbadaan Fetch dan Fetch and Render pada webmaster tools.

Pada fitur fetch as google atau ambil sebagai google ada 2 tombol yang bisa dipilih yaitu, tombol fetch dan tombol fetch and renderer, kedua tombol tersebut sepertinya berbeda dari segi fungsi, menurut pernyataan resmi google yang disajikan di dalam sebuah artikel, kedua fungsi tersebut ternyata memang memiliki perbedaan, adapun perbedaan atara fetch dan fetch anda renderer adalah sebagai berikut:

1. Fetch (ambil)
Tombol Fetch pada fasilitas fetch as google bertujuan untuk memberitahu google bahwa ada halaman yang harus di recarwl ulang untuk selanjutnya diindex oleh google, fetch hanya akan mengindek url blog saja dan tidak akan melakukan pemeriksaan terhadap fungsi-fungsi sumber daya seperti gambar atau video, sehingga prosesnya relatif sangat cepat.

Hasil fetch biasanya akan dilaporkan oleh wemaster tool apakah gagal atau berhasil, dan jika berhasil google webmaster tool akan menyajikan laporan bagaimana robot mesin pencari mengindek halaman blog tersebut serta kita juga bisa melihat bagian-bagian dari halaman blog yang tidak diindek atau di tolak oleh robot.

2. Fetch and renderer (ambil dan render)
Fetch as renderer tidak jauh berbeda dengan fetch namun selain melakukan indek pada halaman blog, melalui fetch as renderer secara tidak langsung mengintruksikan robot mesin pencari untuk memeriksa halaman blog secara menyeluruh termasuk sumber daya yang menyusun halaman blog tersebut seperti css, java script gambar maupun video.

Webaster tool akan menyajikan laporan hasil fetch dan renderer yang bisa juga dilihat dalam bentuk tampilan halaman blog yang bisa dilihat oleh pengelola situs, sehingga pengelola atau pemilik situs bisa melihat perbedaan antara tampilan yang dapat dikenali oleh robot mesin pencari dengan tampilan blog sebenarnya, jika hasilnya relatif sama maka itu artinya tidak ada masalah pada halaman blog anda, artinya bagian-bagian penting pada blog anda dapat direcarl, dikenali dan diindek oleh robot mesin pencari google dengan baik.


Mana yang harus dipilih Fetch atau Fetch anda renderer, mana yang lebih baik?

Ada sebuah pertanyaan, jadi mana yang sebaiknya dipilih fetch atau fetch and renderer?, sebenarnya kedua-duanya bisa digunakan tergantung dari informasi apa yang ingin anda kethui dari hasil fetch tersebut, karena dari segi fungsi keduanya sama-sama untuk membantu halaman blog baru agar lebih cepat dikenali oleh mesin pencari.

Pilih fetch jika anda ingin mengindek halaman artikel yang baru anda publish atau halaman artikel yang anda modifikasi isinya, fetch akan lebih cepat prosesnya.

Namun jika anda melakukan perubahan pada struktur template atau tampilan halaman sebaiknya anda pilih fetch and renderer agar perubahan pada halaman tersebut dapat dikenali oleh robot mesin pencari secara keseluruhan dan anda bisa memastkan bahwa halaman bisa diindex dengan baik melalui rererensi laporan webmaster tool dari hasil fetch and renderer yang anda lakukan.


Mengenali laporan status hasil Fetch As google
Setelah fetch as google dilakukan baik memilih fetch maupun fetch and renderer maka webmaster tool akan memberikan laporan hasil fetch as google yang anda lakukan, berikut adalah beberapa status laporan yang mungkin terjadi dari proses fetch as google:

1. Complete (Selesai):
Status laporan yang pertama yang munkin terjadi adalah complete atau selesai, status ini artinya adalah google berhasil menghubungi situs dan merayapi halaman blog/ situs  Anda, serta dapat memperoleh semua sumber daya yang dirujuk oleh laman.

Untuk melihat laporan detailnya ada bosa mengklik pada url yang anda masukan tersebut, klik saja pada baris pada tabel untuk melihat detail selengkapnya tentang hasil fetch.

2. Parsial (sebagian):
Status yang kedua yang mungkin dilaporkan adalah parsial atau sebagaian, ini artinya bahwa google mendapat tanggapan dari situs atau blog Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak dapat memperoleh semua sumber daya yang dirujuk oleh laman karena diblokir oleh file robots.txt. Jika ini hanya pengambilan, lakukan pengambilan dan perenderan. Periksa laman yang dirender untuk melihat apakah ada sumber daya signifikan yang diblokir yang dapat mencegah Google menganalisis arti laman dengan semestinya.

Jika sumber daya yang signifikan diblokir, bebaskan sumber daya di file robots.txt yang Anda miliki. Untuk sumber daya yang diblokir oleh file robots.txt yang bukan milik Anda, hubungi pemilik situs sumber daya dan minta mereka untuk membebaskan sumber daya tersebut bagi Googlebot. Lihat daftar deskripsi kesalahan pengambilan sumber daya.

3. Redirected atau dialihkan:
Pngalihan biasanya ini terjadi jika alamat situs anda memiliki 2 format domain yang berbeda, misalnya domain dengan www dan tanpa www atau domain dengan https atau http, status redirected atau dialihkan bisa muncul jika alamat url yang anda fetc tidak sesuai dengan format alamat url yang anda gunakan.

Misal jika di dalam blog anda URL yang dipakai adalah tanpa www dengan protokol http seperti misal http://strukturkode.blogspot.com, dan meskipun diakses dengan www. tetap mengatah ke alamat url tersebut, maka anda harus mendaftarkan situs anda tanpa menggunakan www. jika yang anda masukan adalah yang menggunakan www misal (http://www.strukturkode.blogspot.com), ketika anda melakukan fetch as google biasanya akan terjadi status redirected dialihkan, karena webmaster tool hanya mengenali url utama blog yang anda gunakan yaitu yang tanpa www, jadi jika bisa sebaiknya yang didaftarkan di webmster tool adalah url yang anda gunakan meskipun url blog anda dapat diakses menggunakan url seragam lainnya. misal bisa diakses dengan https://.... bisa diakses menggunakan www dan tanpa www. tetap yang anda daftarkan adalah alamat yang anda gunakan.

Apa yang saya gunakan Fetch atau Fetch anda renderer?
Terus terang saja, saya pribadi jarang menggunakan fetch as google baik itu fetch maupun fetch and renderer, kecuali jika ada perubahan pada isi artikel yang sudah lama, saya suka melakukan fetch atau jika ada perubahan pada struktur template saya suka melakukan fetch and renderer.

Namun khusus untuk artikel blog baru yang baru dipublish, saya biasanya selalu memilih menggunakan submit URL. namun anda harus login terlebih dahulu ke email anda.

Submit url sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fetch as google, namun lebih sederhana dan anda tidak bisa melihat laporan hasil submit tersebut.

Itulah beberapa informasi penting terkain perbedaan fetch dan fetch and renderer, semoga artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan tentang fungsi dari fetch as google.
Sumber: http://strukturkode.blogspot.co.id/2017/01/perbadaan-fetch-dan-fetch-and-render.html

Komentar

Download Aplikasi
Name

Abdillah,1,Abdul Gani,1,Abdul Hamid,5,Adrianto,10,Agustami,1,Ahok,1,Akhmad Suryadi,2,Alam,1,Albertus Pinus,3,Aloysius,48,AMAN,1,Amerika,1,Anggre Jaya,1,AntaraNews,4,Antariksa,2,Anwar,1,Apai Yak,5,Apkasindo,1,Askiman,1,Asosasi,1,Asrama,1,Ayam,4,BabeNews,2,Bahasa Sekadau,1,Balai Sepuak,5,BAMAGNAS,2,Banjir,2,Bank Kalbar,1,Banser NU,1,Baru,10,Baru Tau,10,Batam,2,Bayar Pajak,3,Bayu,1,Bazar,1,BBGRM,1,Beauty,6,Belitang,4,Belitang Hilir,21,Belitang Hulu,15,Belut,1,Bencana,2,Benrok,1,Beras,1,Berita Bola,2,Berita Terbaru,177,Bersih,1,Bhabinkamtibmas,12,Billiard,3,Binatang,2,Bintang Lucu,1,Bisnis,5,BKMT,1,Bogor,1,Bolu,1,Boombastis,1,BPBD,3,BPKAD,2,BPSP,1,Breaktime,1,Buah,2,Budaya,10,Budidaya,10,Bumi Lawang Kuari,1,Bunai,1,Bunuh Diri,1,Bupati Cup,1,Cabe,2,Cerita,7,Channel,21,Cornelis,4,Curanmor,1,Cyber,1,DAD,10,Daging,1,Dana Desa,1,Dandim 1204,2,Darurat Militer,1,Dayak,3,desa Tapang Semadak,1,Desa Belitang II,1,Desa Boti,1,Desa Cenayan,1,Desa Cupang Gading,1,Desa Empajak,1,Desa Engkersik,1,Desa Ensalang,3,Desa Gonis Tekam,2,Desa Landau Apin,1,Desa Landau Kodah,1,Desa Lembah Beringin,2,Desa Lubuk Tajau,2,Desa Menterap,1,Desa Meragun,1,Desa Merbang,2,Desa Mungguk,14,Desa Nanga Ansar,1,Desa Nanga Kiungkang,4,Desa Nanga Koman,2,Desa Nanga Pemubuh,4,Desa Nanga Semalam,1,Desa Nanga Suri,1,Desa Padak,1,Desa Pantok,1,Desa Perongkan,1,Desa Rawak Hilir,1,Desa Rawak Hulu,2,Desa Rirang Jati,1,Desa Seberang Kapuas,4,Desa Sebetung,1,Desa Selalong,1,Desa Setuntung,1,Desa Sungai Antu Hulu,1,Desa Sungai Ayak,6,Desa Sungai Lawak,4,Desa Sungai Ringin,21,Desa Sungai Sambang,3,Desa Sungai Tapah,1,Desa Tabuk,3,Desa Tanjung,13,Desa Tapang Semadak,2,Desa Terduk Dampak,2,Desa Timpuk,1,Detail Berita,74,Detail Nasional,1,Detail Wisata,1,DetikNews,2,Diare,1,Dinas Disporapar,3,Dinas Kearsipan,3,Dinas Kominfo,1,Dinas Koperasi UKM dan Pedangan,1,Dinas LH,3,Dinas Pendidikan,9,Dinas Perhubungan,5,Dinas Perindagkop & UKM,2,Dinas Pertanian & Perkebunan,2,Dinas PU,4,Dinas Sosial,2,Dinas Sosnakertrans,2,Djafar A.R,1,Djemain Burhan,1,DPRD,28,Durian,1,Dusun Kapus,1,Dwi Harsono,1,e-KTP,2,Ej. Lantu,5,Ekonomi,18,Es,2,Facebook,1,Fanind Jasmine,3,Feedproxy.Google,1,Fendy,3,Filipina,3,FitnessFormen,1,FLS2N,3,Fokmas,4,Forkompinda,1,Fransiska Rustika,2,Fuad,1,Futsal,1,Galeri,6,GAMKI,1,Gawai Dayak,18,Gaya Hidup,1,Gereja,4,Gereja Santo Yesep,1,Gereja St. Petrus Sekadau,1,Giat Anshorrahman,1,Golkar,1,Gorita,1,GOW,3,Grid.Id,1,Gula Merah,2,Hacker,2,Hari Air Sedunia,2,Hari Kartini,7,HarianIndo,1,Hasan SE,1,Heboh,3,HelloSehat,1,Hendrikus Hartadi,1,Henri,3,Henry,1,Herculanus T,1,Heri Handoko,1,Herman A. Bakar,2,Herman B,1,Hermanto,6,Hiburan,14,Hipnotis,1,Hironimus,2,History,15,HKG PKK,2,Hobi,1,Honorer,1,Hukum Adat,2,Hukum dan Ketertiban,22,Humas,3,HUT Polwan,1,HUT Pramuka,1,HUT RI,27,Idin,5,Idul Adha,3,Idul Fitri,5,Ikan,5,Ikan Asin,1,Iklan,4,Ilegal,1,Internasional,15,Internet,1,Investasi,1,IPDN,1,Iptu. Masdar,5,Irjen Erwin Triwanto,1,Isra' Mi'raj,1,Isu Sara,2,Iwas,19,IWO,1,Jafarlin Marbun,1,Jakarta,4,Jalan,8,Jamaah Haji,3,Jamur,1,Jateng,1,Jefray,3,Jembatan,5,Jepang,1,Jokowi,3,jpnn,1,Jupiter,1,Kab. Sekadau,84,Kacang,1,Kalbar,1,Kanisius,1,Kantor Imigrasi,1,Karhutla,1,Kartini Cup,1,Kasat Reskrim,2,Kayong Utara,3,KB,3,KDRT,1,Kebakaran,6,Kebakaran Di Desa Tanjung,4,Kebakaran Hutan,4,Kebersihan,1,Kebun,1,Kecantikan,6,Kecelakaan,7,Kehidupan,1,Kejadian Aneh,2,Kelapa,2,Kelapa Sawit,1,Keling Kumang,1,Kemenag,4,Kemenkes,1,Kepolisian,6,Kesehatan,76,Ketan,1,Keuangan,2,KNPI,2,KNPI Sekadau,1,Koin,1,Kominfo,2,Kompas,2,Komunitas Rattle KING,6,Komunitas Vario,5,KONI,3,Koramil,1,Korut,1,Kreatif,15,Kristina,20,KTNA XV,1,Kubu Raya,1,Kuliner,40,Kumparan,2,Lampu Hias,6,LawangKuari,3,Lebaran,3,Limbah,1,Lingkungan,73,Linmas,1,Lintas Agama,1,Liri Muri,1,LKPJ,1,lomba,7,Lomba Bercerita,3,Lomba Desa,2,Long Amin,1,Lucu,3,M Ginting,1,MABM,4,Macet,1,Makanan,33,Malang,1,Markus,1,Martin Jasmin,1,Martinus Subarno,1,Masdar,2,Masjid,2,Maulid,2,Medan,1,Media Informasi,1,MediaKapuasRaya,2,Medsos,2,Melinda,1,Mempawah,2,Menarik,1,Mencekam,1,Mercon,2,Meriam Karbit,1,Mesir,3,Microsoft,1,Militer,21,Minuman,6,Miras,1,Misa,1,Mistis,1,Mitos,1,Mongabay,1,MotoGP,3,MTAMT,1,Mualang,2,Mudik,3,Muhammad,1,Muhammad Saleh,1,MUI,2,Mumi,2,Musdus,1,Musim,1,Muslimin,1,Musrenbang,2,Mystery,1,Nanga Mahap,16,Nanga Mongko,1,Nanga Taman,25,Narkoba,6,Nasa,1,Nasional,23,Negara Belanda,1,Negera China,1,Niko Bohat,3,NU,1,Nuklir,1,Nurhadi,1,Ny. Frederika,1,O2SN,6,Okezone,3,Olahraga,24,Olimpiade,1,OMK,1,OPD,1,Operasi Pekat,4,Oprasi Pekat,2,Orang Asing,1,Organisasi,3,Pabrik,1,PAD,1,Panjat Pinang,1,Partai Demokrat,3,Partai Golkar,1,Partai PAN,1,Partai PKB,1,Pasar,7,Paskah,6,Paskibra,5,Pastor Kristianus,1,Pastor Valentinus Saeng,1,Paulus Misi,3,Paulus Ugang,2,PDAM,3,Pekan Gawai Dayak VIII Sekadau,14,Pelatihan,1,Pembangunan,2,Pemdes,1,Pemerintah,90,Pemerkosaan,2,Pemkab Sekadau,55,Pemuda,12,Penanjung,2,Pencabulan,1,Penculikan,4,Pencurian,1,Pendidikan,37,penemuan Mayat,3,Penghargaan,2,Penipuan,1,Perampok,1,Perang,1,Perang Dunia Ketiga,1,PERBASI,1,Perda,1,Peresmian,2,Peristiwa,66,Perjudian,1,Pertanianku,6,Perumahan,1,Petasan,1,PGI,1,PKK,19,PKL,2,PKR,1,Planet,1,PLN,4,POBSI,4,Pohon,1,Pohon Enau,1,Polda,4,Politik,9,Polres,54,Polsek,18,Pontianak,9,PoskotaNews,1,PPHI,1,PSSI,4,Pulut,1,Pungli,1,Puskesmas,2,Qurban,1,Radio Dermaga,4,Raja Salman,5,Rajia,1,Rakyat,1,Ramadhan,28,Ramadniya Kapuas,1,Razia,2,Resep,45,Resep Makanan,29,Resep Minuman,1,Ria Norsan,1,Risky Ramahdan Yusuf,1,Rohani,36,RSUD Sekadau,9,Rumah Adat,1,Rumah Betang,2,Rumah Radank,1,Rupinus,94,RUPS,1,Rusmin,1,Salat Ghoib,1,Sambar Petir,1,Samsat,2,Sandae,1,Sanggau,2,Saparudin,2,Sapi,2,Satpol PP,5,Sayur,1,SDB Yos Sudarso,1,SDN 21 Sekadau Hilir,1,SDN 37 Gonis Rabu,1,Sejarah,7,Sekadau,40,Sekadau Hilir,115,Sekadau Hulu,21,Sekda,1,Sekolah,1,Senganan,1,Sepak Bola,20,Sepeda Motor,4,Sewak,1,SH,1,Sidak,1,Simon Petrus,4,SindoNews,1,Singkawang,1,Singkong,1,Sintang,9,SMA Karya,4,SMA Negeri,1,SMA PGRI 5 Rawak,1,SMAN 1 Ng. Mahap,3,SMAN 1 Sekadau,1,Smartphone,4,SMPN 1 Sekadau,1,Smule,2,SOP,1,SP,1,Sports,1,Strawberry,1,SuaraCom,1,Suhardi,1,Sukiman,2,Sumadi,1,Sumardi,2,Sunardi,2,Sutami,1,Takjil,4,Taman Kehati,1,Tarawih,1,Tardisi,1,Teguh,1,Teknologi,7,Tembakan,1,Tenggelam,2,Terminal Lawang Kuari,5,Tim Pora,1,Timlo,1,TNI,6,Tolak Bala,1,Tradisi,6,Tradisional,10,Trapak Community,1,Tribratanewspolressekadau,1,Tribun Kaltim,1,Tribun Timur,1,TribunNews,3,TribunPontianak,4,Tugu PKK,1,Tulasih,1,Tumpal Pardede,4,Turnamen,1,Tutorial,5,Ujian Nasional,4,Ular Piton,1,UMK,1,Unik,13,Valentino Rossi,1,Vixtima Heri Supriyanti,8,Voaindonesia,1,WartaEkonomi,1,Wartakota,2,Welbetus Willy,5,Wisata,8,WTP,1,Yamaha,1,Yodi Setiawan,1,Yohanes Jhon,1,Yok Kelak,8,Youtube,3,Yury Nurhidayat,22,zakaria Umar Arif,1,Zulfi Akli,1,
ltr
item
Sekadau.com: Perbadaan Fetch dan Fetch and Render pada Google Webmaster tools
Perbadaan Fetch dan Fetch and Render pada Google Webmaster tools
Google sebagai mesin pencari menyediakan alat khusus untuk membantu blogger dalam mengelola blog dll
https://3.bp.blogspot.com/-QcEVrd20nBQ/WIzLPEdKeTI/AAAAAAAAJQ0/Rl0JuG5RW1Ay4IFqk2V043gyo9bcUwcHgCLcB/s200/Perbadaan%2BFetch%2Bdan%2BFetch%2Band%2BRender%2Bpada%2BGoogle%2BWebmaster%2Btools.png
https://3.bp.blogspot.com/-QcEVrd20nBQ/WIzLPEdKeTI/AAAAAAAAJQ0/Rl0JuG5RW1Ay4IFqk2V043gyo9bcUwcHgCLcB/s72-c/Perbadaan%2BFetch%2Bdan%2BFetch%2Band%2BRender%2Bpada%2BGoogle%2BWebmaster%2Btools.png
Sekadau.com
http://www.sekadau.com/2017/01/perbadaan-fetch-dan-fetch-and-render-pada-google-webmaster-tools.html
http://www.sekadau.com/
http://www.sekadau.com/
http://www.sekadau.com/2017/01/perbadaan-fetch-dan-fetch-and-render-pada-google-webmaster-tools.html
true
7561544028121503484
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy