Sayur Lodeh Pedas Mantap


Anda bosan dengan sajian pendamping ketupat yang itu-itu saja, salah satu alternatif sayur teman makan ketupat selain opor ayam adalah resep yang akan kami sajikan berikut ini; resep sayur lodeh. Anda bisa menyajikannya bersama ayam goreng sebagai pelengkap. Dengan kombinasi ini, hidangan anda akan berbeda dengan hidangan di keluarga yang lain. Sayur lodeh dengan sedikit cita rasa pedas, akan meberikan sensasi berbeda dengan opor yang cenderung gurih. Macam-macam sayuran yang dijadikan isian juga akan menambah seru penyajian ketupat.

Hanya saja, karena berisi sayuran, anda tidak bisa menyimpan hidangan ini untuk konsumsi hari sesudahnya. Sekali masak, disarankan untuk dihabiskan di satu hari itu saja. Jika anda menyimpan untuk hari berikutnya seperti halnya opor atau sambal goreng hati, sayuran pasti sudah hilang kandungan gizinya.

Bahan-bahan

Bahan-bahan:
200 gr labu siam, kupas, potong dadu
100 gr daun melinjo muda
100 gr kacang panjang
600 ml santan

Bumbu halus:

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt kemiri
1 sdm garam

Bumbu lainnya:
3 buah cabai hijau, iris serong
1 buah cabai merah, iris serong
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
1 sdm udang kering, rendam air panas
1 buah tomat, potong jadi 4 bagian

Cara membuat

1.         Rebus santan dan bumbu halus di dalam panci sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2.         Masukkan lengkuas, daun salam, udang kering, labu siam, melinjo, dan kacang panjang masak hingga sayuran empuk.
3.         Masukkan cabai merah, cabai hijau, terung, daun melinjo, masak kembali hingga terong dan daun melinjo matang serta bumbu meresap. Angkat.

Untuk 6 Orang. bacaresep

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya