3 Cara Menangkal Penyakit Musim Pancaroba

Ada baiknya kita melakukan pencegahan sebelum penyakit itu datang, dengan melakukan beberapa tips sehat mengahadapi musim pancaroba seperti berikut in
Foto@by_terapiozon.com

Agar hal tersebut tidak kita alami saat musim pancaroba seperti ini, satu-satunya kunci utamanya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Stamina yang bagus disaat musim pancaroba bisa menjadi tameng tubuh melawan berbagai ancaman penyebab penyakit. Jangan menunggu tubuh tumbang baru melakukan pengobatan, ada baiknya kita melakukan pencegahan sebelum penyakit itu datang, dengan melakukan beberapa tips sehat mengahadapi musim pancaroba seperti berikut ini:

1. Flu dan Demam
Dua penyakit ini biasanya muncul bersamaan. Saat musim hujan, terkadang tubuh sering terkena hujan karena lupa menggunakan pelindung kepala seperti payung atau topi. Jika tubuh sedang tidak fit, maka ancaman penyakit ini pasti datang. Serangan berbagai kuman atau virus akan datang secara besar-besaran. Jangan anggap remeh penyakit ini. Gangguan ini merupakan gejala bahwa tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi

Cara mencegah:
Menjaga asupan makanan. Nutrisi yang cukup  akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Istirahat yang cukup juga akan mengurangi potensi penyakit ini.

2. Diare
Penyakit diare atau muntaber bisa muncul di peralihan musim karena sanitasi lingkungan yang buruk. Banyaknya debu dan kotoran serta kurangnya sarana air bersih berpotensi menjadi vektor. Penyakit ini juga sangat erat kaitannya dengan pola konsumsi makanan. Penyakit ini disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman.

Cara mencegah:
Jaga kebersihan mulai dari diri sendiri dan lingkungan rumah. Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut adalah makanan sehat, bersih dan higienis. Hindari jajan sembarangan di pinggir jalan.

3. Penyakit Saluran Pernafasan
Bersin-bersin, batuk, dan pilek disertai sesak napas merupakan tanda terserang penyakit ini. Tentu penyakit ini juga disertai peningkatan suhu tubuh.  Dapat juga muncul gejala khusus, yaitu pernapasan yang tidak normal. Hanya saja pada kasus tertentu bisa muncul gejala yang serius misalnya demam yang agak tinggi jika disertai radang tenggorokan.

Cara mencegah:
Boleh mengonsumsi multivitamin secara tepat. Cara ini akan membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. (cr1/JPG) Sumber:http://www.jawapos.com/read/2017/02/16/110297/3-cara-efektif-jauhi-penyakit-musim-pancaroba

Baca Artikel ini Baik Untuk Kesehatan:

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya