Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Rupinus juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu melestarikan budaya, khususnya yang ada di Bumi Lawang Kuari. Sehingga, kata dia, budaya yang ada terus lestari dan bisa menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki

SEKADAU – Forkopimda Kabupaten Sekadau bertatap muka bersama Raja Sekadau dan kerabat keraton di Keraton Kusuma Negara di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Minggu (12/2). Keraton menjadi salah satu cagar budaya yang dimiliki, sehingga masyarakat diajak untuk melestarikan budaya yang ada di Bumi Lawang Kuari.

Raja Sekadau Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi menuturkan, pertemuan tersebut jarang-jarang dilakukan di keraton. Ia mengatakan, keraton di Sekadau merupakan salah satu sejarah dan budaya yang harus dihargai.

“Jangan pernah melupakan sejarah. Maka dari itu, ini sejarah dan budaya harus selalu diingat,” ujarnya.

Raja juga mempersilahkan semua masyarakat untuk datang ke keraton. Sebab, kata dia, keraton juga bisa menjadi tempat atau wadah untuk berkumpulnya masyarakat.

Keraton ini adalah miliki semua masyarakat, bukan hanya melayu saja. Jadi siapapun yang ingin datang silahkan,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Sekadau Rupinus mengapresiasi hal tersebut. Bahkan, kata dia, para turis pun telah berkunjung ke Keraton Kusuma Negara. “Ini sangat luar biasa. Saya mendengar cerita dari salah seorang turis, makan durian di Keraton, enak,” katanya.

Rupinus juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu melestarikan budaya, khususnya yang ada di Bumi Lawang Kuari. Sehingga, kata dia, budaya yang ada terus lestari dan bisa menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki.

“Ini menjadi salah satu cagar budaya yang harus dilestarikan. Keraton ini milik bersama, mari jaga bersama-sama,” pungkasnya.

Rupinus juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu melestarikan budaya, khususnya yang ada di Bumi Lawang Kuari. Sehingga, kata dia, budaya yang ada terus lestari dan bisa menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Albertus Pinus, Asisten II Abdul Gani, Asisten III Khandra Asmarahady, Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) hingga kerabat keraton. (Mus)

Baca Juga: