Aktivitas PETI Sungai Ayak Di Hentikan Polisi

Foto: Jajaran Polsek Belitang Hilir, bersama Jajaran 
Polres Kabupaten Sekadau bubarkan pekerja Peti  di Entulang, 
Desa Sungai Ayak 2, Kecamatan Belitang Hilir.

SEKADAU.COM (Sungai Ayak 2), - Puluhan  anggota  polisi dari Polres Sekadau dibantu Polsek Belitang Hilir membuarkan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (Peti) di Entulang, Desa Sungai Ayak 2, Kecamatan Belitang Hilir, Senin petang (27/3). Kedatangan polisi membuat pekerja kalang-kabut dan beberapa diantaranya melarikan diri.

“Operasi Peti itu dipimpin pak Kabag Ops (Kompol Onisimus Umbu Sairo),” ucap Iptu Sembiring, Kapolsek Belitang Hilir.

Operasi dilakukan menyusul mulai munculnya aktivitas penambang Emas tampa Izin  di wilayah hukum Polres Sekadau, Sungai Ayak  Belitang Hilir .

“Di Entulang itu, belum lama beroperasi. Tapi kemarin langsung kita hentikan,” ulas Sembiring.

Beberapa orang yang tidak bisa melarikan diri langsung dibawa polisi ke Polsek Belitang Hilir. Mereka diminta untuk menghentikan aktivitas Peti di wilayah hukum Polsek Belitang Hilir maupun di Kabupaten Sekadau.

Tak hanya itu, Kapolsek mengatakan para pekerja tersebut juga diminta membongkar peralatan Peti tersebut.

“Tapi karena waktu sudah malam, jadi dibongkar, hari berikutnya” ulas Sembiring saat di mintai keterangan melaui via telpon.

Pembongkaran diawasi langsung Kapolsek Belitang Hilir beserta sejumlah anggota Polsek setempat. Polisi memberikan batas waktu dua hari untuk melakukan proses pembongkaran.

“Nanti tim dari Polres akan melakukan pengecekan. Kalau masih ada yang nekat bekerja, akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tegas Sembiring.
Sembiring juga berharap masyarakat tidak melakukan aktivitas Peti karena bertentangan denan undang-undang  UU Minerba, yang berlaku,” Tutupnya.(Joy)

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya