Desa Pakit Mulau Selenggarakan Turnamen Gasing Tradisional

Panitia turnamen Pangkak Gasing Desa Pakit Mulau (foto : Joy)
SEKADAU. Sebagai salah satu upaya melestarikan permainan rakyat tradisional, Dusun Kedang Bungkang Desa Pakit Mulau Kecamatan Belitang Hulu akan mengadakan kegiatan lomba Pangkak (adu) Gasing tradisional.

"Mulai hari ini kita sampaikan proposal usaha dana kepada kepada pejabat dan  warga di Sekadau yang peduli seni dan budaya," ucap Duansa, panitia seksi usaha dana turnamen Pangkak Gasing Dusun Kedang Bungkang Desa Pakit Mulau, (17/3).

Ketua panitia pelaksanaan lomba, Awing mengatakan, terselenggaranya kegitan tersebut atas dasar pemikiran para pemuda dan tokoh adat seni dan budaya serta seluruh masyarakat Dusun Kedang Bunhkang yang peduli untuk melestarikan salah permainan rakyat yang mulai jarang dimainkan itu.

"Seiring perkembangan zaman dan era modern dan teknologi, anak-anak jadi luapa akan permainan rakyat seperti pangkak gasing. anak-anak lebih asik memainkan game online," katanya prihatin.

Awing menceritakan, di era yang lalu, gasing bukanlah sekedar permainan. Gasing dianggap permainan yang wajib dilakukan, secara khusus  petani berladang.

"Gasing harus dimainkan pada saat padi di ladang (Uma) sawah sudah mulai mengandung hingga panen, hal tersebut dianggap wajib karena untuk memecahkan kandung padi, tujuannya supaya padi di ladang bisa mengeluarkan tangkai dan menghasilkan buah padi yang baik, petani mendapatkan hasil yang melimpah," turur Awing mengisahkan.

Panitia sudah mengundang masyarakat di beberapa desa sekitar  antara lain Desa Terduk Dampak,  Desa Bukit Rambat, Desa Tabuk Hulu, serta Desa k Pakit Mulau sebagai tuan rumah penyelengaraan.

"perlombaan akan di mulai tanggal 3 April sampai 15 April 2017 tempat di lapangan Bola Dusun Kedang Bukang,"  pungkas Awing. (Penulis : Joy, Editor : Benidiktus G Putra)

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya