Lomba Desa Tingkat Kabupaten Di Desa Ensalang

SEKADAU.COM (Desa Ensalang),- Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong kita wujudkan Desa Ensalang yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing.

Berdasarkan peraturan Menteri dalam Negeri RI nomor 18 tahun 2015 tentang evaluasi perkembagan Desa dan keluarahan, pasal 31 Ayat 2 bahwa perserta perlombaan Desa dan kelurahan tingkat kabupaten adalah agar Desa dan Kelurahan cepat berkembang yang berada di satu wilayah Kabupaten kota. 

Bupati Sekadau dalam sambutannya yang di bacakan Fendi, S. Sos. M. Si memyampaikan bahwa evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan di dasarkan atas data dengan Instrumen pemantauan serta pengukap kata dan nilai perkembanganya.

"Hasil perlombaan Desa dan kelurahan berdasarkan nilai serta di tambah sarat memiliki Profil Desa selama dua tahun terakhir, memiliki Perda Desa tentang rencana pembagunan jagka menegah dan rencana kerja pemerintah Desa". Ujar Bupati yang di bacakan Fendi.

Fendi,  meyampaikan, adapun penilaian tingkat Kabupaten Sekadau ini mengunakan instrumen pemantauan diantaranya adalah " Data dasar Desa,  Pemerintahan, Kewilayahan, dan kemasyarakatannya". Jelas Fendi. 

Di samping itu  Fendi meyampaikan pesan bupati mengatakan, dari semua perlomban tentulah berharap meraih perestasi yang baik namun juara bukanlah satu satunya tujuan dari perlombaan.

"yang terpenting adalah bagaimana keberlanjutannya program ini dapat di jadikan program bagi pemerintah Desa dan masyarat sehari hari". Tukasnya.

Kepala DPMD Kabupaten Sekadau melalui sekaterisnya Miki Hermanto,  S. Sos mengatakan yang menjadi tujuan perlombaan adalah untuk mengetahui efektifitas tingkat perkembagan Desa kelurahan kemajuan, kemendirian, berkelanjutan, pembagunan kesejahtran masyarakat serta daya saing Desa. 

"Pelaksanaan lomba tingakat kabupaten di laksanakan di tujuh Desa, yakni Desa Landau apin,  Desa, Nanga Kiongkang,  Desa, Desa Nanga Biaban, Desa Padak,  Desa Tabuk Hulu,  Desa Kumpang Bis,  dan hari ini terakir di Desa Ensalang". Jelasnya.

Sementara Wakil ketua DPRD Jefray Raja Tugam,  SE.  Menyampaikan dukungkunagan kawan kawan di DORD untuk kegitan perlombaan desa yang di selengarakan pemdesdan dan dinas terkait lainnnya.

"Kita di DPRD sangat mendukung kegiatan, mudah-mudah melalui ini Desa manjadi termotivasi untuk terus membagun desanya masing-masing, masyarakat menjadi sejahtra, selain itu Desa juga terus bersaing dengan Desa yang lainnya, baik masalah pendataan, dan sruktur, pembagunan fisik, dan sebagainya, sesuai Visi dan misi Bupati Sekadau maju, mandiri, sejahtera berdaya saing bisa terwujud". Tuturnya.

Kades Ensalang Agustinus Dolar, menyampaikan terimakasih atas terpilihnya Desanya menjadi perserta perlombaan Desa tingkat Kabupaten Sekadau.

"Desa Ensalang baru berumur 4 Tahun, menjadi kebanggaan bagi kami bisa menjadi peserta lomba,  harapan melaui lomba ini, kita du desa secara khusus staaf lebih termotivasi kerja maksimal, ditaya terget juara berapa?  Tentunya ingin juara satulah, namaun tim penilailah yang menentukan". Ujarnya senyum (Joy)

Perserta perlombaan Desa dan kelurahan tingkat kabupaten adalah agar Desa dan Kelurahan cepat berkembang yang berada di satu wilayah Kabupaten kota
Kadis Perhubungan Fendi meresmikan Kantor Desa Ensalang
Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau