12 Tradisi Paskah Paling Menarik Dari Seluruh Dunia

http://www.antaranews.com/berita/624134/12-tradisi-paskah-paling-menarik-dari-seluruh-dunia

12 Tradisi Paskah Paling Menarik Dari Seluruh Dunia
Jakarta (ANTARA News) - Anak-anak di Amerika Serikat tumbuh dengan mengharapkan kiriman telur dan permen dari kelunci Paskah setiap tahunnya, namun hal itu mungkin tampak aneh bagi sejumlah orang di luar negara Paman Sam itu.
Dibawa ke AS oleh imigran Jerman pada 1700-an, kebiasaan tersebut berakar pada keyakinan bahwa kelinci dan telur melambangkan kesuburan dan kelahiran kembali.

Meskipun hal itu telah menjadi sebuah norma di AS, negara lain memiliki budaya yang berbeda dalam merayakan Paskah.

Polandia misalnya, ada tradisi membasahi satu sama lain dengan air dalam perayaan Paskah, sementara di Norwegia ada tradisi membaca novel yang berkisah tentang kejahatan.

Berikut 12 tradisi perayaan Paskah dari seluruh dunia, dilansir dari laman Womansday.com.

1. Finlandia
Anak-anak di negara Skandinavia ini mengemis di jalanan dengan wajah penuh jelaga dan syal di kepala. Mereka juga membawa sapu, ceret dan ranting.

Di beberapa wilayah di bagian barat Finlandia, orang-orang membakar api unggun pada hari Minggu Paskah. Tradisi itu berasal dari keyakinan bahwa api menangkal penyihir yang terbang dengan sapu pada Jumat Agung hingga Minggu Paskah.

2. Polandia
Saling menyiram air satu sama lain adalah sebuah tradisi di Polandia saat merayakan Paskah yang dinamai Smingus-Dyngus.

Pada Senin Paskah, anak laki-laki menyiram air dengan ember, pistol air atau apa saja. Legenda mengatakan, gadis yang basah karena siraman air tersebut akan menikah tahun ini.

Tradisi menyiram air tersebut memiliki asal-usul saat pembaptisan Pangeran Polandia Miezko pada Senin Paskah 966M.

3. Haux, Prancis
Jangan lupa garpu jika Anda berada di kota yang teletak di bagian selatan Prancis ini pada Senin Paskah. Setiap tahunnya dadar raksasa disajikan di alun-alun kota tersebut.

Dadar raksasa yang dimaksud menggunakan 4.500 telur dan dapat dimakan hingga 1.000 orang.

Cerita berawal ketika Napoleon dan pasukannya berpergian melewati selatan Prancis. Mereka berhenti di sebuah kota kecil dan makan dadar.

Napoleon sangat menyukai dan dengan lahap memakan dadar tersebut. Dia kemudian memerintahkan warga kota untuk mengumpulkan telur mereka dan membuat dadar raksasa untuk pasukannya pada keesokan harinya.

4. Corfu, Yunani
Pada pagi hari Sabtu Suci, tradisi "Pot Throwing" berlangsung di pulau Corfu Yunani. Orang-orang melempar pot dan gerabah lainnya dari jendela yang kemudian hancur di jalanan.

Ada yang mengatakan kebiasaan tersebut berasal dari Venesia, di mana pada hari pertama tahun baru orang-orang membuang semua barang-barang lama mereka. Sebagian orang percaya melempar pot merupakan bagian dari menyembut musim semi, melambangkan tanaman baru yang akan tumbuh di pot baru.

5. Norwegia
Paskah adalah waktu yang populer bagi orang-orang Norwegia untuk membaca novel yang berkisah tentang kejahatan di mana para penerbit buku hadir dengan edisi spesial "Easter Thrillers" yang dikenal dengan Paaskekrimmen.

Tradisi ini dikatakan telah dimulai pada tahun 1923 ketika sebuah penerbit buku mempromosikan novel kisah kriminal baru di halaman depan surat kabar. Iklan tersebut menyerupai berita sehingga membuat begitu banyak orang terkecoh.

6. Roma, Italia
Pada hari Jumat Agung Paus memperingati Via Crucis (Jalan Salib) di Colosseum: Sebuah salib besar dengan obor menyala menerangi langit.

Misa dirayakan pada malam Sabtu Suci, dan pada hari Minggu Paskah, ribuan pengunjung berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk menunggu restu Paus dari balkon gereja, yang dikenal sebagai "Urbi et Orbi" (Untuk Kota dan Dunia).

7. Republik Ceko dan Slovakia
Anda bepergian ke negara-negara Eropa Timur selama Paskah? Jika demikian, Anda harus berhati-hati. Ada tradisi Senin Paskah di mana laki-laki memukul perempuan dengan cambuk yang terbuat dari ranting willow dan dihiasi pita.

Menurut legenda, willow adalah pohon pertama yang mekar di musim semi, sehingga ranting pohon diharap mentransfer vitalitas dan kesuburan pohon ke perempuan.

Tindakan memukul ini tidak dimaksudkan untuk menimbulkan rasa sakit, tapi dilakukan secara menyenangkan.

8. Verges, Spanyol
Pada Kamis Putih di kota abad pertengahan Verges, Spanyol, tradisi "dansa de la mort" atau "tarian kematian" dilakukan.

Semua orang mengenakan kostum kerangka dan berparade di jalan-jalan. Prosesi tersebut diakhiri dengan kerangka menakutkan yang membawa kotak abu. Tradisi tarian tersebut dimulai pada tengah malam dan berlanjut selama tiga jam hingga pagi hari.

9. Washington, DC
Selama 130 tahun, Gedung Putih telah menyelenggarakan Easter Egg Roll. Kegiatan tersebut adalah menggulirkan telur rebus dengan sendok besar. Namun, saat ini acara tersebut menawarkan lebih banyak hiburan, seperti penampilan musik, berburu telur dan kerajinan tangan menghias telur.

10. Hungaria
"Springkling", adalah tradisi Paskah populer di Hungaria yang dilakukan pada Senin Paskah yang juga dikenal dengan "Ducking Monday". Anak laki-laki menyemprot parfum atau menyiram air wangi ke gadis-gadis.

Dulunya, para pemuda menuangkan seember air ke kepala gadis-gadis, tapi sekarang mereka menyemprotkan parfum atau air biasa dan berciuman. Orang percaya air tersebut dapat membersihkan, menyembuhkan dan memberi efek rangsangan kesuburan.

11. Yerusalem, Israel
Bertempat di kota di mana diyakini Yesus disalibkan, umat kristen merayakan Jumat Agung dengan berjalan bersama di jalan yang dilalui Yesus pada hari dia dipaku dan disalib.

Beberapa dari mereka ikut memikul salib sebagai pengingat rasa sakit yang dialami Yesus pada saat itu. Pada Mingggu Paskah, banyak peziarah yang menghadiri layanan gereja di Garden Tomb -- daerah di mana Yesus diyakini dikuburkan.

12. Sisilia, Italia
Di Prizzi, Sisilia, ada tradisi "Abballu de daivuli" di mana penduduk setempat mengenakan topeng menakutkan dari seng dan mengenakan jubah merah untuk menggambarkan iblis, menurut The Telegraph.

Mereka yang mengenakan kostum mengganggu sebanyak mungkin "jiwa" (yang dimaksud adalah mereka membuat orang lain membayar minuman mereka) sebelum sore hari ketika Bunda Maria dan Yesus Kristus bangkit menyelamatkan manusia dengan mengusir iblis pergi.

Penerjemah: Arindra Meodia

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Topik Terkait:

  • Julong Mengidap Malaria Akut Sampai Alami Gangguan Kejiwaan

    Julong Mengidap Malaria Akut Sampai Alami Gangguan Kejiwaan

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Dony alias Julong (19) salahsatu warga RT.01 Dusun Tapang Semadak, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir mengidap sakit akibat dari Malaria Akut yang menyebabkan gangguan kesehatan yaitu tidak bisa berbicara tapi bisa mendengar dan mengerti yang di bicarakan orang lain, selain itu ia juga alami gangguan kejiwaan.
  • Teken MoU, Pemdes di Sekadau Harus Transparansi

    Teken MoU, Pemdes di Sekadau Harus Transparansi

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Sosialisasi dan menandatangani nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan Kepolisian Resor Sekadau tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa (DD) di Kabupaten Sekadau, bertampat di Aula Lantai II Kantor Bupati Sekadau
  • Ini Hasil Pendapat Akhir Rapat Paripurna Fraksi DPRD Sekadau

    Ini Hasil Pendapat Akhir Rapat Paripurna Fraksi DPRD Sekadau

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Rapat paripurna Ke 1 masa sidang ke 1 tahun 2018 DPRD Kabupaten sekadau terhadap penundaan rapat paripurna ke 10 masa sidang ke 1, dalam rangka pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang penyelenggaraan perizinan kesehatan, di ruang rapat lantai 2 kantor DPRD Kabupaten sekadau
  • Bupati Sekadau minta Data Ulang Guru Agama Katolik

    Bupati Sekadau minta Data Ulang Guru Agama Katolik

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau menghadiri Misa syukur Natal bersama para kelompok guru Se-kabupaten Sekadau yang laksanakan di Gedung Kateketik jalan merdeka selatan
  • 3 orang Penambang Emas di Sekadau Diamankan

    3 orang Penambang Emas di Sekadau Diamankan

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi SIK melalui Anggota Sat Reskrim Polres Sekadau mengamankan 3 orang pelaku penambang emas tanpa izin di Dusun Amak, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau
  • KPU Sekadau gelar Bimbingan Teknis kepada PPDP

    KPU Sekadau gelar Bimbingan Teknis kepada PPDP

    NANGA TAMAN, SEKADAU NEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten sekadau melaksanakan bimbingan teknis petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) se-kecamatan Nanga Taman dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 yang dilaksanakan di aula kantor camat Nanga Taman
  • Mobil Menuju Melawi Mengalami Laka Tunggal Terbalik

    Mobil Menuju Melawi Mengalami Laka Tunggal Terbalik

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Sebuah kendaraan roda empat mengalami laka tunggal terbalik tepatnya di jalan sekadau sintang km. 16 Dusun Gonis Butun, Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau
  • 15 Tangkai Meriahkan Sekadau di FSBM XII Kalbar

    15 Tangkai Meriahkan Sekadau di FSBM XII Kalbar

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Kabupaten Sekadau sebagai tuan rumah pada ajang Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII Kalimantan Barat Tahun 2018. Kegiatan yang diperkirakan akan dilaksanakan usai Idul Fitri itu, akan menerjunkan 15 tangkai yang diperlombakan.
  • Mensukseskan Pilkada Kalbar 2018, Polres Sekadau Monitor Medsos

    Mensukseskan Pilkada Kalbar 2018, Polres Sekadau Monitor Medsos

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Tak mau kecolongan dalam mensukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat di tahun ini, Kepolisian resort Sekadau terus awasi dari segala lini yang berpotensi memunculkan polemik dimonitor, termasuk Media Sosial (Medsos).
  • Bupati Sekadau Menghadiri Natal Keling Kumang Grup

    Bupati Sekadau Menghadiri Natal Keling Kumang Grup

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bupati Sekadau didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Usaha Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perkebunan menghadiri Perayaan Natal Bersama Keling Kumang Group
  • BUPATI SEKADAU : Waspada, Berhati-hati dan Jangan Mudah Dirayu

    BUPATI SEKADAU : Waspada, Berhati-hati dan Jangan Mudah Dirayu

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bupati Sekadau, Rupinus SH M Si mengaku prihatin dengan kian eksisnya komunitas gay di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Sekadau. Ia pun mengingatkan masyarakat agar mewaspadai pengaruh buruk dari komunitas tersebut.
  • Pemuda Rirang Jati Kenalkan Wisata Alam Baru Bukit Burang

    Pemuda Rirang Jati Kenalkan Wisata Alam Baru Bukit Burang

    NANGA TAMAN, SEKADAU NEWS - Ada 46 orang Pemuda Rirang Jati yang tergabung dalam kelompok pencinta alam melakukan perjalanan mendaki bukit burang dalam rangka mengisi akhir liburan sekaligus memperkenalkan wisata baru bukit burang
  • Berharap Tinggal Bersama, Istrik Ke-2 Dilaporkan Gara-gara ini

    Berharap Tinggal Bersama, Istrik Ke-2 Dilaporkan Gara-gara ini

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Kepala Desa Sungai Ayak Dua melaporkan ke Polsek Belitang Hilir terkait akun facebook yang menuliskan ujaran kebencian melaui via facebook di fanpage Desa Sungai Ayak pada hari Senin, (1/1/2018) lalu. Akun yang menuliskan kalimat tidak pantas itu diketahui milik AT, salah seorang warga desa Sungai Ayak sendiri.
  • Komunitas GAY Sekadau Berani Tampil di Medsos

    Komunitas GAY Sekadau Berani Tampil di Medsos

    Komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) kian berkembang pesat. Tidak hanya di kota-kota besar, komunitas tersebut juga sudah mulai merambah ke seluruh kabupaten di Kalbar, termasuk di Kabupaten Sekadau.
  • 20 Orang Personil Polres Sekadau Amankan Aksi Penyampaian Aspirasi

    20 Orang Personil Polres Sekadau Amankan Aksi Penyampaian Aspirasi

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Sebanyak 20 orang personil Satuan Sabhara Polres Sekadau diterjunkan untuk melakukan pengamanan aksi penyampaian aspirasi oleh Tenaga Kerja Harian (TKH) atas putusan kebijakan manajemen PT. Landak Bhakti Palma (LBP) yang dinilai memberatkan para TKH.
  • Kebakaran Kios BBM di Pasar Nanga Mahap Sekadau

    Kebakaran Kios BBM di Pasar Nanga Mahap Sekadau

    NANGA MAHAP, SEKADAU NEWS - Kebakaran kios BBM di Pasar Mahap, Kecamatan Nanga Mahap, Rabu (20/12) sekitar pukul 17.00 WIB. Informasi yang didapat, kios bensin itu juga dijadikan rumah tinggal oleh pemiliknya.
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya