Baru 2 Tahun Bumdes di Desa Nanga Kiungkang Miliki Aset Rp425 Juta

http://lawangkuari.com/2017/02/22/dua-tahun-berdiri-bumdes-sarana-mandiri-desa-nanga-kiungkang-miliki-aset-rp425-juta

LK - Budidaya - Nanga Kiungkang
Baru 2 Tahun Bumdes di Desa Nanga Kiungkang Miliki Aset Rp425 Juta
KERAMBA IKAN - Satu di antara dua unit usaha BUMDes Sarana Mandiri Desa Nanga Kiungkang, Kecamatan Nanga Taman. Dalam dua tahun, BUMDes ini berhasil mengumpulkan aset Rp425 Juta. Dengan BUMDes, desa bisa mandiri.


NANGA TAMAN, LK – Prestasi Desa Nanga Kiungkang, Kecamatan Nanga Taman, patut diapresiasi. Desa di pedalaman Bumi Cidayu ini, telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan aset yang cukup besar.

BUMDes dengan nama Sarana Mandiri Nanga Kiungkang, dibentuk berdasarkan Perdes Nomor 6 Tahun 2014. Hebatnya BUMDes ini menjadi pelopor berdirinya BUMDEs di Kabupaten Sekadau.

“BUMDes ini yang pertama dibentuk di Kabupaten Sekadau. Tercatat pada akhir 2016, kita punya aset sekitaRp425 juta,” ujar Direktur BUMDes Sarana Mandiri, Ariyanto, saat ditemui lawangkuari.com

Baca Juga:

Warga Keluhkan Jambatan Ambruk


Menurut Ariyanto, BUMDes Sarana Mandiri dalam dua tahun terakhir terus berbenah. Bekerjasama yang baik dengan semua elemen masyarakat, termasuk Pemerintah Desa (Pemdes) Nanga Kiungkang, maka dalam waktu dua tahun sudah mencatat beberapa prestasi.

Demikian pula dengan penyertaan modal dari Dana Desa (DD), membuat BUMDes ini semakin berkembang dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Adapun bidang usaha yang digeluti adalah budidaya ikan air tawar dan perkebunan kelapa sawit. Pada 2017, kami memprioritaskan peternakan sapi potong, dengan membuka kemitraan bersama salah satu Bank BUMN,” paparnya.

Kepala Desa Nanga Kiungkang, Hamdi mengatakan, adanya semangat pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan, menjadi latar belakang didirikannya BUMDes Sarana Mandiri ini.

Dengan adanya BUMDes ini, Hamdi berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Nanga Kiungkang. Hal ini menjadi prioritas utama dalam pengembangan BUMDes yang dimiliki Desa Nanga Kiungkang.

“Masyarakat dapat kita berdayakan dalam meningkatkan ekonomi keluarganya. Dan tentunya dapat menambah pendapatan asli desa” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua MUI Kecamatan Nanga Taman ini.

Baca Juga:

SMPN 9 Sekadau Hulu Peduli Ibu LISAN


Paulus Ugang, Camat Nanga Taman mengatakan bahwa apa yang dirintis oleh Pemdes Nanga Kiungkang dengan mendirikan BUMDes sangat luar biasa. Ia berharap BUMDes Sarana Mandiri dapat menjadi percontohan untuk desa-desa yang lain, yang belum mendirikan BUMDes.

“Peran BUMDes sangat signifikan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. BUMDes menjadi sarana utama pengembangan ekonomi masyarakat desa,” katanya.

Ugang menyakinkan, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) akan terus mendukung dan membina desa-desa yang ada di Bumi Cidayu. “Tugas kita adalah membantu, membina, dan terus mengarahkan pembangun desa. Kita akan tingkatkan kinerja dalam rangka desa mandiri,” pungkas mantan Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sekadau ini. (abg)

Kategori Terkait:

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya