Kompetisi Tak Melulu Soal Juara Tapi Bina Juga Karakternya

Kompetisi Tak Melulu Soal Juara Tapi Bina Juga Krakternya
Pertandingan tak hanya untuk menghasilkan juara semata. Proses tersebut harus mampu menjadi pelajaran atau memberikan multiplier effects yang dapat meningkatkan pendidikan karakter, budi pekerti dan berwawasan.

SEKADAU (Pendidikan)- Pemkab pun memiliki target yaitu bisa menjadi juara apapun bidangnya baik itu seni maupun olahraga. Apalagi, prestasi yang pernah diraih tak hanya ditingkat provinsi atau pusat saja, melainkan sudah ketingkat internasional.

Kompetisi Tak Melulu Soal Juara Tapi Bina Juga Krakternya
Diungkapkan Bupati Sekadau Rupinus yang paling penting tidak hanya menjadi juara semata. Dikatakan dia, melainkan banyak hal positif lainnya yang bisa diambil yaitu pembinaan karakter percaya diri dan lain sebagainya.

“Kalau juara tidak hanya dikirim ke provinsi saja, tapi lebih luar daripada itu. Mudah-mudahan lebih baik lagi,” ujarnya ditemui usai membuka kegiatan tersebut, Selasa (20/4).

Untuk itu, kata Rupinus, pihaknya juga meminta Cabang Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah lebih banyak lagi mengirim peserta. Sebab, kata dia, untuk operasional kontingen pihak sekolah bisa menggunakan dana biaya operasional sekolah (BOS).

Baca Juga:

Bupati Himbau anak Sekolah Agar Tidak Gunakan Seragam Untuk Bermain Bola


“Kalau target menang,menang. Secara spesifiknya nanti akan dilihat dari hasil kompetisi ini, nanti akan dibina dan dikarantina sebelum dibawa ke Provinsi, targetnya dibidang apapun juara baik olahraga maupun seni,” tegasnya.

Kompetisi Tak Melulu Soal Juara Tapi Bina Juga Krakternya
Sementara itu, Djemain Burhan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau berharap setiap tahun kegiatan itu semkain baik lagi. Ia juga menyadari masih ada beberapa kecamatan yang pelaksanaannya belum meriah. “Saya menginstruksikan agar tahun-tahun berikutnya di kecamatan lebih meriah juga,” ucapnya.

Djemain mengungkapkan, setiap tahunnya perwakilan Kabupaten Sekadau menyabet gelar juara baik itu tingkat provinsi hingga pusat. Bahkan, kata dia, dibidang seni juga pernah ke tingkat internasional.

“Kalau olahraga sudah beberapa kali ketingkat pusat. Harapannya tentu setiap tahun semakin baik lagi,” kata dia.

“Tidak hanya mencari jaura saja, tapi juara sejati sportif. Wasit yang benar supaya hasilnya lebih baik, jadi sebenarnya latihan bagi pendidikan karakter anak,” timpalnya.

Baca Juga:

Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi di Desa Nanga Kiungkang


Ditempat yang sama, Ketua Panitia Gelinus menuturkan, tujuan kegiatan tersebut untuk menjaring siswa yang memiliki kemampuan dan bakat dibidangnya masing-masing. Tentunya, kata dia, setelah seleksi ditingkat kabupaten nantinya siswa akan diseleksi lagi ditingkat provinsi.

“Kegiatan festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) dan olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) ditingkat SD dan SMP dari tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau,” ujarnya singkat.

Kegiatan pembukaan FLS2N dan O2SN di lapangan EJ Lantu, Kota Sekadau juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius, Pj Sekda Kabupaten Sekadau Adrianto Gondokusumo, Forkopimda Kabupaten Sekadau, Asisten dan Staf Ahli serta jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau. (mus)

Kategori Terkait:

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya