Upaya Menjaga Kamtibmas dan Keberagaman

SEKADAU - Masyarakat dan pelajar antusias mengikuti coffe morning forum komunikasi dan diskusi masyarakat Sekadau di gedung Ketaketik, Jalan Merdeka Selatan, Kota Sekadau, Kamis (6/4) pagi. Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari pemerintah daerah Kabupaten Sekadau Wakil Bupati Sekadau Apresiasi Kegiatan Rutin Coffe Morning


SEKADAU - Masyarakat dan pelajar antusias mengikuti coffe morning forum komunikasi dan diskusi masyarakat Sekadau di gedung Ketaketik, Jalan Merdeka Selatan, Kota Sekadau, Kamis (6/4) pagi. Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari pemerintah daerah Kabupaten Sekadau.

Wakil Bupati Sekadau Aloysius mengapresiasi kegiatan yang bermula dari warung kopi hingga akhirnya terjadwal itu. Sehingga, kata dia, masyarakat bersama pemerintah duduk bersama untuk mendiskusikan banyak hal.

“Ini juga upaya untuk membantu pemerintah daerah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan menjaga keberagaman,” ujarnya.

Sebab, kata Aloy, semua elemen masyarakat ikutserta dalam kegiatan tersebut. Sehingga, kata dia, pemerintah daerah juga mengetahui masukan-masukan atau bahkan kritikan dari masyarakat.

“Corongnya tidak mampu satu, kalau banyak masukan tentu lebih bagus. Mungkin yang bersifat kritik atau saran hingga usulan pendapat itu sah-sah saja,” kata dia.

Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat mengatakan, kegiatan tersebut membahas banyak hal. Ia mengatakan, para pelajar juga dilibat dalam kegiatan tersebut terutama untuk mencegah terjadinya peredaran narkoba ke sekolah hingga pergaulan bebas.

“Ini perlu peran serta semua pihak dalam memerangi narkoba. Hal tak kalah pentingnya juga harus diantisipasi karena dapat berujung pada tindakan kriminal,” tuturnya.

Ia berharap, kedepan kegiatan serupa bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah. Hal ini, kata dia, untuk menjalin komunikasi dengan pihak sekolah, guru hingga pelajar. “Kasus-kasus yang pernah terjadi jangan sampai terjadi lagi. Ini yang perlu diantisipasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Dir Binmas Polda Kalimantan Barat Kombes Pol Hendi Handoko mengatakan, dari 13 Polres Sekadau yang melaksankan coffe morning bersama masyarakat baru Polres Sekadau. Ia mengatakan, meski Sekadau relatif aman namun masyarakat juga perlu menyadari untuk menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

“Kami akan sampaikan agar mencontoh Polres Sekadau, bahwa ceffe morning bagi seluruh elemen masyarakat. Ini menjadi contoh bagi Polres lain,” ujarnya singkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran perwira Polres Sekadau, Kapolsek, jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau hingga tokoh masyarakat. Selain itu, hadir pula, Kepala Sekolah, guru dan siswa mulai dari SMP hingga SMA di Kota Sekadau. (mus)

Topik Terkait:

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya