Warga Suku Ini Memiliki Jantung Tersehat Di Dunia! Ayo Tiru Rahasianya

https://kesehatan.babe.news/3c3c6a/cara-hidup-sehat/?utm_source=BaBe%20App&utm_medium=Article&utm_campaign=Artikel%20BaBe

Babe.News - Kesehatan
Warga Suku Ini Memiliki Jantung Tersehat Di Dunia! Ayo Tiru Rahasianya
Suku Tsimane di daerah Amazon, Bolivia, terpilih sebagai suku berpenduduk dengan jantung paling sehat sedunia. Keputusan itu diambil setelah proses penelitian panjang oleh ahli kardiologi, Dr. Randall Thompson beserta tim ilmuwan.

Sumber: medium.com

Kesehatan jantung warga Tsimane usia 80 tahun kira-kira setara dengan kondisi jantung warga USA usia 50-an. Hampir 90% warga Tsimane tidak memiliki risiko terhadap penyakit kardiovaskular karena mempunyai arteri yang bersih dan tidak mengeras. Sementara, pengerasan arteri menjadi faktor timbulnya gangguan jantung.
Sumber: dream.co.id

Faktor utamanya adalah gaya hidup. Hampir semua warga Tsimane, termasuk juga para lansia, menghabiskan sebagian besar waktu untuk beraktivitas seperti berburu, berkebun, mendayung, dan lainnya, sehingga jantung mereka rutin terlatih.

Sumber: flydreamers.com

Dari segi pola makan, mereka juga sangat jauh dari junk food. Makanan harian mereka rendah sodium dan minim gula. Bahan makanan yang mereka panen sendiri dan dimasak secara sederhana juga memberi asupan nutrisi yang lebih tinggi dan mudah terserap oleh tubuh.
Sumber: hai-online.com

Generasi muda di Tsimane saat ini sudah mulai mengenal kapal bermotor dan junk food. Dan terbukti, tingkat kolesterol mereka mengalami sedikit kenaikan dari generasi sebelumnya.

Kontributor: Asa Citra

Topik Terkait:

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya