Aktivitas Bongkar Muat Kerap Macetkan Jalan Kapuas

SEKADAU, Pasar Kapuas - Pengendara bermotor baik roda dua maupun roda empat mengeluhkan kondisi lalu lintas di Jalan Kapuas,  Pasar Sekadau yang kerap mengalami kemacetan. Punca kemacetan akibat banyak kendaraan yang melakukan aktivitas bongkar muat barang ke sejumlah pertokohan yang ada di daerah tersebut.

Aktivitas Bongkar Muat Kerap Macetkan Jalan Kapuas
Foto Ilustrasi

“Apalagi kalau pagi hari, sering macet. Kadang tak bisa lewat,” ucap warga yg tidak mau namanya disebut, salah seorang pengguna sepeda motor dijumpai  saat melintas di jalan tersebut, Senin pagi (8/5).

Menurut warga, kemacetan terutama terjadi sejak pagi hingga menjelang tengah hari. Titik kemacetan mulai dari Jembatan Sungai Kapar hingga ke dekat bundaran Tugu Jam, Kota Sekadau. “Di depan pasar sayur hulu, juga sering terjadi kemacetan,” ulas

Pantauan awak media dilapangan, kemacetan terjadi karena banyak kendaraan ekspedisi yang sering melakukan bongkar muat barang. Kondisi jalan cukup sempit, sementara kendaraan yang melintas cukup padat.

“Kita berharap pemerintah segera melakukan penataan aktivitas bongkar muat di kawasan pasar Sekadau ini. Penataan juga perlu dilakukan di beberapa titik jalan lainnya yang ada aktivitas bongkar muatnya,” harap warga

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sekadau, Subandrio SH MH meminta pemerintah melakukan penataan terhadap aktivitas bongkar muat di kawasan pasar Sekadau dan sekitarnya. “Jangan sampai karena aktivitas itu, masyarakat pengguna jalan menjadi dirugikan,” ucap Suban.

Suban mengakui, beberapa titik jalan di kawasan pasar Sekadau dan sekitarnya memang sering mengalami kemacetan akibat aktivitas bongkar muat itu. Ia pun berharap pemilik kendaraan ekspedisi dan pemilik tokoh, dapat menyadari kondisi tersebut.

“Kita tidak melarang warga berusaha. Tapi tolong diperhatikan juga lah masalah kelancaran jalan. Jangan sampai kita bongkar muat seenaknya. Nanti bisa memicu aksi pertikaian, paling tidak bisa memunculkan adu mulut dengan pengguna jalan,” ingat Suban.

Menurut Suban, banyak cara yang bisa dilakukan dalam penataan aktivitas bongkar muat di kawasan pasar Sekadau itu. “Misalnya, aktivitas bongkar muat kita lakukan saat jam malam atau jam-jam lain dimana aktivitas pasar sedang sepi,” cetus Suban. (bd/mus)

Topik Terkait:


#Lingkungan #Pasar #Jalan #DPRD #Macet

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya