Parlemen Belanda Angkat Upaya Pembebasan Ahok

http://internasional.kompas.com/read/2017/05/11/05000001/parlemen.belanda.angkat.upaya.pembebasan.ahok Sumber Berita
DEN HAAG, SEKADAU.com - Parlemen Belanda menyatakan, hukuman terhadap gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai “serangan langsung terhadap kebebasan
Joël Voordewind, bersama mayoritas anggota Parlemen Belanda lain mengajukan seruan Ahok bebas. (BBC )

DEN HAAG, SEKADAU.com - Parlemen Belanda menyatakan, hukuman terhadap gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai “serangan langsung terhadap kebebasan”.

Parlemen juga akan mengangkat upaya pembebasan Ahok dalam debat bersama Menteri Luar Negeri, Bert Koenders, Rabu (10/5/2017).

Joël Voordewind, anggota Parlemen dari Partai Christian Union, mengatakan, mayoritas anggota DPR Belanda sepakat atas usulannya untuk mengajukan keprihatinan mereka kepada Bert Koenders, untuk dibahas dan diangkat ke Uni Eropa (UE) dan pemerintah Indonesia.

"Menteri luar negeri memerintahkan Duta Besar Belanda untuk Urusan HAM yang tengah berada di Jakarta untuk menyampaikan keprihatinan kepada Menteri HAM Indonesia dan juga kepada Duta Besar UE di Jakarta," kata Voordewind melalui telepon kepada BBC Indonesia.

Indonesia yang dikenal sebagai negara “toleran dan relatif bebas” dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, dikhawatirkan berubah.

"Hukuman ini akan menciptakan tren di Indonesia bagi para kelompok Islamis garis keras, bahwa tekanan yang mereka lakukan beberapa minggu terakhir berbuah pada hukuman yang lebih tinggi dari yang dituntut jaksa," kata Voordewind.

"Jadi mereka menganggap mereka mendapatkan dukungan atas tindakan yang mereka lakukan. Ini bisa menjadi preseden bagi para hakim untuk membatasi kebebasan beragama,” ujarnya.

“Indonesia sebelumnya dikenal dengan toleransinya dengan masyarakat dengan multiagama," tambahnya.

"Kami angkat seruan untuk membebaskan (Ahok) dan masih menunggu jawaban tertulis dari menteri luar negeri," tambahnya menyusul debat bersama Menlu Koenders, Rabu (10/5/2017)

DEN HAAG, SEKADAU.com - Parlemen Belanda menyatakan, hukuman terhadap gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai “serangan langsung terhadap kebebasan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders (pakai kemeja putih) saat berkeiling di Waduk Pluit, Kamis (24/3/2016). (Kompas.com/Kurnia Sari Aziza)

Ahok mengajukan banding setelah divonis dua tahun penjara karena dinyatakan bersalah atas penistaan agama.

Ia langsung dibawa ke penjara Cipinang Jakarta (9/5/2017) dan setelah mendekam satu malam, pada Rabu (10/5/2017) dini hari ia dipindahkan ke Mako Brimob.

Voordewind mengatakan, keputusan majelis hakim “tidak menjamin kebebasan beragama”.

pengadilan di negara lain, tapi kebebasan agama (dalam kasus ini) tak terjamin karena dia diadili sedemikian rupa dengan vonis yang tak seperti biasa. Jadi semoga akal sehat akan terlihat dan pengadilan tinggi pada akhirnya akan membebaskan dia," tambahnya.

"Kami minta menlu untuk konsolidasi dengan koleganya di UE untuk secara bersama-sama mengangkat isu ini ke Indonesia,” katanya.

“Kami juga memiliki forum dialog HAM dengan Indonesia setiap tahun dan akan angkat isu ini. Komunitas internasional harus tekan Indonesia paling tidak dia (Ahok) dibebaskan sampai permintaan banding dijawab dan juga menekan agar pengadilan tinggi membebaskan dia," tambahnya.

BBC Indonesia telah meminta tanggapan kepada kantor menlu Koenders atas permintaan anggota parlemen Belanda ini.

'Indonesia berubah'

Dalam pernyataan sebelumnya, Voordewind menyebutkan, "Hukuman ini (terhadap Ahok) tampaknya menunjukkan terjadi perubahan di Indonesia, di mana (kelompok) Islam radikal menang atas kebebasan beragama dan toleransi terhadap minoritas."

"Itu berita buruk bagi kebebasan termasuk minoritas Kristen di negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia," tulisnya.

Ia mengatakan partai-partai yang mengadakan pertemuan Selasa (9/5/2017) sepakat untuk mengajukan berbagai pertanyaan kepada menteri luar negeri Koenders.

"Belanda harus melanjutkan pembelaan bagi kebebasan dan keadilan di negara kita dan juga kepada kelompok-kelompok rentan di manapun di dunia," tambahnya.

Menurutnya lagi, para anggota parlemen meminta Koenders mengontak pemerintah Indonesia dan juga UE untuk mengupayakan “pembebasan gubernur”.


EditorPascal S Bin Saju
SumberBBC Indonesia,

Topik Terkait:


#Nasional #Ahok #Belanda

  • Letkol Inf. Herry Purwanto Tinjau Markas Koramil 1204-18 Nanga Mahap

    Letkol Inf. Herry Purwanto Tinjau Markas Koramil 1204-18 Nanga Mahap

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bangunan Gedung markas Koramil 1204-18 Nanga Mahap berdiri megah di jantung Kota Nanga Mahap. Komandan Distrik Militer 1204 Sanggau, Letkol Inf. Herry Purwanto bersama jajarannya melakukan peninjauan gedung yang telah selesai dibangun beberapa bulan yang lalu.
  • Polsek Sekadau Hulu Siaga Tanggap Banjir

    Polsek Sekadau Hulu Siaga Tanggap Banjir

    SEKADAU HULU, SEKADAU NEWS - Curah hujan di beberapa kecamatan di wilayah kabupaten Sekadau masih relatif tinggi. Hal tersebut menyebabkan ketinggian debit air terus naik.
  • Julong Mengidap Malaria Akut Sampai Alami Gangguan Kejiwaan

    Julong Mengidap Malaria Akut Sampai Alami Gangguan Kejiwaan

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Dony alias Julong (19) salahsatu warga RT.01 Dusun Tapang Semadak, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir mengidap sakit akibat dari Malaria Akut yang menyebabkan gangguan kesehatan yaitu tidak bisa berbicara tapi bisa mendengar dan mengerti yang di bicarakan orang lain, selain itu ia juga alami gangguan kejiwaan.
  • Teken MoU, Pemdes di Sekadau Harus Transparansi

    Teken MoU, Pemdes di Sekadau Harus Transparansi

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Sosialisasi dan menandatangani nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan Kepolisian Resor Sekadau tentang pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan Dana Desa (DD) di Kabupaten Sekadau, bertampat di Aula Lantai II Kantor Bupati Sekadau
  • Ini Hasil Pendapat Akhir Rapat Paripurna Fraksi DPRD Sekadau

    Ini Hasil Pendapat Akhir Rapat Paripurna Fraksi DPRD Sekadau

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Rapat paripurna Ke 1 masa sidang ke 1 tahun 2018 DPRD Kabupaten sekadau terhadap penundaan rapat paripurna ke 10 masa sidang ke 1, dalam rangka pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang penyelenggaraan perizinan kesehatan, di ruang rapat lantai 2 kantor DPRD Kabupaten sekadau
  • Bupati Sekadau minta Data Ulang Guru Agama Katolik

    Bupati Sekadau minta Data Ulang Guru Agama Katolik

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si didampingi Ketua DPRD Kabupaten Sekadau menghadiri Misa syukur Natal bersama para kelompok guru Se-kabupaten Sekadau yang laksanakan di Gedung Kateketik jalan merdeka selatan
  • 3 orang Penambang Emas di Sekadau Diamankan

    3 orang Penambang Emas di Sekadau Diamankan

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi SIK melalui Anggota Sat Reskrim Polres Sekadau mengamankan 3 orang pelaku penambang emas tanpa izin di Dusun Amak, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau
  • KPU Sekadau gelar Bimbingan Teknis kepada PPDP

    KPU Sekadau gelar Bimbingan Teknis kepada PPDP

    NANGA TAMAN, SEKADAU NEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten sekadau melaksanakan bimbingan teknis petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) se-kecamatan Nanga Taman dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 yang dilaksanakan di aula kantor camat Nanga Taman
  • Mobil Menuju Melawi Mengalami Laka Tunggal Terbalik

    Mobil Menuju Melawi Mengalami Laka Tunggal Terbalik

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Sebuah kendaraan roda empat mengalami laka tunggal terbalik tepatnya di jalan sekadau sintang km. 16 Dusun Gonis Butun, Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau
  • 15 Tangkai Meriahkan Sekadau di FSBM XII Kalbar

    15 Tangkai Meriahkan Sekadau di FSBM XII Kalbar

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Kabupaten Sekadau sebagai tuan rumah pada ajang Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII Kalimantan Barat Tahun 2018. Kegiatan yang diperkirakan akan dilaksanakan usai Idul Fitri itu, akan menerjunkan 15 tangkai yang diperlombakan.
  • Mensukseskan Pilkada Kalbar 2018, Polres Sekadau Monitor Medsos

    Mensukseskan Pilkada Kalbar 2018, Polres Sekadau Monitor Medsos

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Tak mau kecolongan dalam mensukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat di tahun ini, Kepolisian resort Sekadau terus awasi dari segala lini yang berpotensi memunculkan polemik dimonitor, termasuk Media Sosial (Medsos).
  • Bupati Sekadau Menghadiri Natal Keling Kumang Grup

    Bupati Sekadau Menghadiri Natal Keling Kumang Grup

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bupati Sekadau didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Usaha Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perkebunan menghadiri Perayaan Natal Bersama Keling Kumang Group
  • BUPATI SEKADAU : Waspada, Berhati-hati dan Jangan Mudah Dirayu

    BUPATI SEKADAU : Waspada, Berhati-hati dan Jangan Mudah Dirayu

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bupati Sekadau, Rupinus SH M Si mengaku prihatin dengan kian eksisnya komunitas gay di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Sekadau. Ia pun mengingatkan masyarakat agar mewaspadai pengaruh buruk dari komunitas tersebut.
  • Pemuda Rirang Jati Kenalkan Wisata Alam Baru Bukit Burang

    Pemuda Rirang Jati Kenalkan Wisata Alam Baru Bukit Burang

    NANGA TAMAN, SEKADAU NEWS - Ada 46 orang Pemuda Rirang Jati yang tergabung dalam kelompok pencinta alam melakukan perjalanan mendaki bukit burang dalam rangka mengisi akhir liburan sekaligus memperkenalkan wisata baru bukit burang
  • Berharap Tinggal Bersama, Istrik Ke-2 Dilaporkan Gara-gara ini

    Berharap Tinggal Bersama, Istrik Ke-2 Dilaporkan Gara-gara ini

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Kepala Desa Sungai Ayak Dua melaporkan ke Polsek Belitang Hilir terkait akun facebook yang menuliskan ujaran kebencian melaui via facebook di fanpage Desa Sungai Ayak pada hari Senin, (1/1/2018) lalu. Akun yang menuliskan kalimat tidak pantas itu diketahui milik AT, salah seorang warga desa Sungai Ayak sendiri.
  • Komunitas GAY Sekadau Berani Tampil di Medsos

    Komunitas GAY Sekadau Berani Tampil di Medsos

    Komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) kian berkembang pesat. Tidak hanya di kota-kota besar, komunitas tersebut juga sudah mulai merambah ke seluruh kabupaten di Kalbar, termasuk di Kabupaten Sekadau.
  • 20 Orang Personil Polres Sekadau Amankan Aksi Penyampaian Aspirasi

    20 Orang Personil Polres Sekadau Amankan Aksi Penyampaian Aspirasi

    SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Sebanyak 20 orang personil Satuan Sabhara Polres Sekadau diterjunkan untuk melakukan pengamanan aksi penyampaian aspirasi oleh Tenaga Kerja Harian (TKH) atas putusan kebijakan manajemen PT. Landak Bhakti Palma (LBP) yang dinilai memberatkan para TKH.
  • Kebakaran Kios BBM di Pasar Nanga Mahap Sekadau

    Kebakaran Kios BBM di Pasar Nanga Mahap Sekadau

    NANGA MAHAP, SEKADAU NEWS - Kebakaran kios BBM di Pasar Mahap, Kecamatan Nanga Mahap, Rabu (20/12) sekitar pukul 17.00 WIB. Informasi yang didapat, kios bensin itu juga dijadikan rumah tinggal oleh pemiliknya.
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya