Rupinus Bupati Sekadau Ajak Masyarakat Tingkatkan Budaya Gotong-Royong

NANGA TAMAN, Desa Sungai Lawak - Ketua penetia pelaksa kegiaatan Miki Hermanto, dalam sambutannya menyampaikan, bulan bakti gotong royong di laksakan di setiap desa dan hari ini dilaksanakan di kecamatan Nanga Taman tepatnya di Desa Sungai Lawak.
"Tujuannya adalah untuk melestarikan rasa gotong -royong di masyarakat yang saat ini mulai pudar,  serta untuk meningkatkan rasa kebersaaman antar masyarakat untuk kemajuan Desa masing masing". Ujarnya.

Sementara Wakil Ketua PKK Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti, menyampaikan sejarah singkat PKK tahun 1957 PKK di bogor dilanjutkan hingga saat ini hari kesatuan gerak PKK ke 45 tahun yang dilaksanakan di Kecamatan Nanga Taman Desa Sungai Lawak. Sebagai tindak lanjut mentri memberikan jabatan kepada Istri para kepala Daerah Gubanur, Bupati  se indonesia berdasarkan keputusan Presiden sebagai ketua Tim penggerak  PKK selanjutnya dibina dan dibentuk kepengurusannya di Kecamatan dan Desa.

“Pemamtapan dilakukan rakenas 1982 pertama dilakukan untuk pemantapan. Setiap tahun di lakukan rapat koordinasi dan 5 tahun sekali di lakukan rakernas sebagai wahana meningkatkan wanita dalam pembangunan, dengan 10 progam PPK".Jelasnya.

Kepala Desa Sungai Lawak Fransiskus Raharjo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati dan pejabat SKPD di lngkungan pemkab Sekadau, di Desa Sungai Lawak, Kecamatan Nanga Taman.

Berdasarkan data di Desa Sungai Lawak berjumlah 1700 jiwa, dan 90 Persen penduduk pekerja petani ladang sawah, dan penyadap karet, sisanya ada yang berkerja di perusahan sawit sekitar.

“Tarap ekonomi masyarakat memeng sedikit rendah, dulu harga karet masih tinggi, ekonomi keluargga sempat naik, namun dengan kondisi saat ini harga turun masyarakat kita sedikit ngeluh, meski hasil petani berladang, sawah sampai saat ini masih mencukupi, bahkan ada warga yang sudah menjual hasi panen padinya ke  luar (desa tetangga) untuk pangan kebutuhan masyarakat cukup”. Jelasnya.

Di samping itu juga dalam rangka meningakatkan pembanguan dan pertanian, pemerintah desa telah melaksanakan kerja bakti bersih lingkunagan dan kegiatan sosiaisasi  lainnya .

"Melaui dana desa kita telah bangun infrastruktur, jalan setapak,  jambatan dan jalan usaha tani trus kita tingkatkan.

Tak hanya itu Desa Sungai Lawak sekitar saat ini anak-anak banyaknya sekolah, dan semangat ke arah pendidikan  untuk itu perhatian pemerintah akan  bangun  sekolah SMP sangat di harapkan.

"Untuk kondisi jalan Sungai Lawak jika hujan, masyarakat bermandikan lumpur,  dan jika kemarau warga bermandikan debu,  untuk itu pembangunan dan peningkatan jalan sangat kita harapkan, dari pemkab dan dinas terkait". Jelasnya.

Camat Nanga Taman Paulus Ugang dalam sambutannya,  mengucapkan terima kasih pada Bupati dan dinas terkait yang telah menunjuk Kecamatan Nanga Taman sebagai penyelenggara  Bulan bhakti Gotong Royong masyarakat ke XIV dan Hari Kesatuan GerakPKK ke 45 Tingkat Kabupaten Sekadau, terutama di Desa Sungai Lawak, Kecamatan Nanga Taman.

"Banyak hal yang  telah dilakukan dan yang belum  diantaranya adalah, bantuan bibit ikan, sambako, hentraktor bagi petani, bantuan serana pendidikan oleh dinas pendidikan bagi anak sekaolah, pengobatan gratis besok, dan pelayanan e-KTP, dan pelayanan kertu anak, secara gratis, penyeluahan pajak, dan masih banyak lagi kurang lebih 20 kegiatan yang telah di rekomendasikan Bupati pada kepala dinas terkait, kepada Kecamatan Nanga Tama ". Jelas Camat.

Selanjutnya Camat yang belum setahun menjabat  juga menghibau pada kepala Desa di Nanga Taman untuk meningkatkan budaya gotong-royong di desanya masing masing.

"Pihak desa kita himbau kepala dusun RT/RW agar mengadakangerakan  gotong-royong seperti membersihkan tempat umum jalan umum dan sebagainya yang bersifat umum lainnya. Salin itu kecamatan mendorong, agar setiap dusun membuat kebun PKK di wilayahnya masing-masing.” Tukasnya.

Ketua umum tim pengerak  PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, dalam penyampaian dalam melaksanakan tugas dan fungsi selaku unsur pengerak PKK senantiasa rendah hati tetapi jagan rendah diri.

Jika ada kesalahan jangan di katakan kewajaran tapi hendak dijadikan pelajaran, karya tidak bisa terwujud tampa kerja, namun kerja yang cerdas tangan terampil, dan hati luhur, tingkatkan kretifitas dan inovasi dalam pengembangan program, dicapai melalui karsa inisiatif danketekunanUjarnya.

Ia  menambahkan sesuai thema Sentral HKG ke 45 ini di fokuskan pada aspek ekselerasi program, PKK berharap Gubernur, Bapak/Ibu para Bupati, walikota ketua pembinatim PKK di daerah berkenan memberikan dukungan terhadap program PKK.

Siklus menejemen, program dan kelembagaan dapat dilakukan secara simulitan bersenambungan”. Harapnya.

Lihat Juga:

Foto

Rupinus Bupati Sekadau Ajak Masyarakat Tingkatkan Budaya Gotong-Royong


Bupati Sekadau Rupinus, SH.M.Si.  dalam sambuatan dan arahannya menyampaikan kegiatan ini di selengarakan di setiap Desa dan kelurahan di seluruh wilayah indonesia berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 42 tahun 2005.

“Di Kabupaten Sekadau Tahun 2017 ini di selengarakan di Kecamatan Nanga Taman Desa Sungai Lawak, untuk itu kita harapakan bisa menjadi memotum bagi masyarakat, dan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Nanga Taman agar senantiasa meningkatkan gotong-royongnya.” Ujarnya.

Di akui Bupati Gotong royong bagi masarakat Sekadau terutama di daerah kampung dari sejak dulu ada dan kuat, namun dengan perkembagan ekonomi dan teknologi kini gotong royong sudah mulai pudar.

“Jangan sedikit-sedikit uang, diajak karjabhakti kerja jalan sedikit tak mau harus minta bayar dulu, rasa kebersamaannya dan gotong royong mulai tidak ada lagi, untuk itu melalui kegiatan ini mari kita tingkatkan gotong royong kita seperti dulu, semangat bergotong Royong jangan habis di telan zaman, sebab memang gotong royong itu adalah budaya kita Sekadau”. Ajak orang nomor satu di Kabupaten Sekadau itu.(Joy)

Topik Terkait:


#Pemkab #Rupinus #Aloysius #Kristina #Vixtima #Desa Sungai Lawak #Nanga Taman #Paulus Ugang

Tag:
Bupati Sekadau Ajak Masyarakat, Gotong Royong, Pendidikan Sungai lawak, Pembangunan Sungai lawak, Bantuan kesehatan Sungai lawak, Bantuan Pemerintah

Penulis: Joy
Editor: Yakop
Ranting: 4
Sumber: Sekadau

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya