Satpol PP Provinsi Beri Pemahaman Produk Hukum Di Sekadau

SEKADAU.COM, Satpol PP, - Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Barat memberikan bimbingan dan penyuluhan produk Hukum Provinsi di Kabupaten Sekadau yang dilaksanakan di aula Satpol PP Kabupaten Sekadau, Kamis (4/5).

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Sekadau Mohammad Arsya menyambut baik kegiatan tersebut. Dikatakan dia, kegiatan tersebut diikuti tak hanya anggota Satpol PP Kabupaten, melainkan juga dari kecamatan maupun perlindungan masyarakat (Linmas)
Memberikan pehamanan dan pengetahuan tugas dari Satpol PP dalam menegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sekadau Abdul Gani menuturkan, ada banyak tugas pemerintah yang dilakukan. Satpol PP, kata dia, dibentuk untuk menegakan peraturan daerah dan peraturan daerah serta peraturan kepala daerah.

Satpol PP secara khusus sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, Satpol PP memiliki dasar untuk menegakan peraturan baik itu Perda maupun peraturan Bupati. “Baik itu menyangkut Pendapatan Asli Daerah (PAD), ketertiban maupun ketentraman,” kata dia.

Ia mengatakan, perlu Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melaksanakan penegakan peraturan sehingga Satpol PP tidak disalahkan. Untuk itu, ia pun menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Penegakan perda adalah hal penting. Apa gunanya perda yang sudah disahkan kalau tidak dijalankan,” tuturnya.

Namun, kata dia, perlu melakukan pendekatakan serta komunikasi dengan masyarakat dan instansi terkait dalam menegakan peraturan daerah. “Karena untuk membangun tidak mungkin bisa dilakukan bila tidak ada retribusi yang masuk,” ucapnya.

Sementara itu, Inos, Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Satpol PP Provinsi Kalbar mengatakan, kegiatan tersebut untuk memberikan pencerahan atau pemahaman kepada aparatur dan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pajak daerah.

“Berupaya meningkatkan PAD melalui peningkatan pemahamn dan kesadaran aparatur dan masyarakat dalam membayar pajak,” jelasnya.

Ia mengatakan, Satpol PP menjalankan tugas menegakan perda dan peraturan kepala daerah. Selain itu, kata dia, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. “Strategi penegakan perda itu melalui tindakan preemtif, prepentif dan represif,” tegasnya.

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Sekadau Mohammad Arsya menyambut baik kegiatan tersebut. Dikatakan dia, kegiatan tersebut diikuti tak hanya anggota Satpol PP Kabupaten, melainkan juga dari kecamatan maupun perlindungan masyarakat (Linmas).

“Kami senang dengan adanya kegiatan ini, kalau bisa dijadikan kegiatan rutin karena ini jarang sekali diselenggarakan. Sehingga manfaatnya, ilmunya bisa didapat tidak hanya oleh anggota Satpol PP Kabupaten, melainkan juga kecamatan maupun linmas,” harapnya.

Untuk itu, Arsya juga berharap para peserta yang datang bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat tersebut. Mengingat, kegiatan tersebut memang jarang–jarang dilakukan dan kegiatan tersebut disambut antusias.

“Saya berharap, mereka dapat paham, pulang dapat ilmu. Ilmu itu bisa dibagikan dengan yang lain, jangan pulang dengan tangan kosong,” pungkasnya.(Joy)

Topik Terkait:


#Satpol PP #Lingkungan #PAD #Linmas #SOP
Tag:
Pelatihan Satpol PP, Satpol PP Provinsi, Satpol PP Sekadau, Satpol PP Provinsi datangi Sekadau, Pehaman tentang Perda

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya