Warga Ngeluh Puskesmas Balai Sepuak Belitang Hulu, Kosong Oksigen

SEKADAU, Balai Sepuak, Belitang Hulu - Belum lama ini Keluarga Pasien Puskesmas Kecamatan Belitang keluhkan pelayanan pihak Puskesmas di Ujung Belitang itu.

SEKADAU, Balai Sepuak, Belitang Hulu - Belum lama ini Keluarga Pasien Puskesmas Kecamatan Belitang keluhkan pelayanan pihak Puskesmas di Ujung Belitang
Foto Puskesmas Balai Sepuak Belitang Hulu

Hal tersebut di ungkapkan Gansi keluarga Pasien yang hendak di rawat di Puskesmas Balai Sepuak Belitang Hulu itu.

"Seminggu lalu ada keluarga saya di bawa ke Puskesmas Balai Sepuak, dengan kondisi lemah kerna sesak nafas, setiba di Puskesmas di Balai Sepuak untuk mendapatakan perawatan intensif, namun pihak puskesmas menyarankan untuk di rujuk ke RS. Yang kita sesalkan saat diperjalan rujukan pasien tidak di pasang oksigen, kata Suami pasien sampai di puskesmas Belitang baru pasien di pasang Oksigen". Cerita Gansi Pada Media.

Tak hanya itu Ambulan, untuk rujukan pun tidak bisa di orasikan kerna kondisi jalan rusak berat sehingga rujukan terpaksa mengunakan  jalaur air Speedbot.

"Selain mahal, lewat jalaur air juga bayak mutar-mutar ikut jalur air,  alhasil keluarga kita belum samapai RS sudah menggal di perjalan". Ucapnya sedih. 

SEKADAU, Balai Sepuak, Belitang Hulu - Belum lama ini Keluarga Pasien Puskesmas Kecamatan Belitang keluhkan pelayanan pihak Puskesmas di Ujung Belitang
Foto Puskesmas Balai Sepuak Belitang Hulu

Bunai Kepala Puskesmas Balai Sepuak Belitang Hulu di konpirmasikan melaui Via Telpon mengakui pihaknya puskesmas Belitang Hulu saat ini kekurangan persedian  oksigin di puskesmas.

"Bukan tidak ada tapi kita puskesmas kekurangan tabung oksigen, Belitang Hulu haya memiliki 6 tabung Oksigen saja, tabung kecil 4 dan tabung besar hanya 2 tabung saja, tentu ini tidak cukup kerna tiap hari selalu ada pasien, Kita pernah mengajukan tambahan tabung, namun sampai sekarang belum terlialusasi". Ujarnya.

Tidak hanya itu Bunai juga menyampaikan kondisi jalan yang hancur juga menjadi kendala untuk melakuakan isi ulang oksigen ke Rumah Sakit umum Sekadau.

"Sekarang kita ngisi oksigen di Sei. Ayak Belitang Hilir, yang biasa ngurus pengisian oksigen di Sekadau ". Tukasnya.

Di komfermasi Henri, Plt. Kepala rumah sakit umum (RSUD) Kabupeten Sekadau mengatakan terkait persedian oksigen dan tabung tentu bukan kewenangan RSUD namun atas persetujuan Dinas.

"Dulu mereka (Pukesmas Balai sepuak red)  memang isi oksigen di RS kerna RSUD kita juga memiliki persedian Oksigen namun beberapa pekan ini tidak ada, apa kendala kita juga tidak tau". Jelasnya.

Anggota DPRD Herman B.  S. Sos. Menyayangkan adanya ke tidak ketersedian oksigen di puskesmas sekelas kecamatan di Belitang Hulu.

"Kasiahan pasien yang dirawat harus menahan sakit kerna tidak ada nafas bantu seperti oksigen, untuk itu kita dari komisi C akan berkoordinasi dengan pihak yang bersakutan, kita juga minta agar kebutuhan masyarakat seperti persedian oksigen harus maksimal di puskesmas,  dan kita tidak ingin hal serupa terulang lagi, gara gara tak ada oksigen pasien meninggal kerna tak ada nafas bantuan". Tegas DPRD ketua Komisi C itu.

Penulis : Joy
Editor: Yakop

Topik Terkait:


#Kesehatan #DPRD #Belitang Hulu #RSUD #Bunai #Henri #Herman B #Puskesmas

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya