Belajar dari Kehidupan Lebah

Cerita Tentang Lebah | Penulis Mus

SEKADAU.COM, Begesah- Lebah hanya menghisap saripati bunga, ia hanya mengambil yang inti dan membiarkan yang lain, lebah tahu yang menjadi kebutuhannya hanyalah saripati, bukan yang lainnya. Ini mengajarkan bahwa setiap kita manusia sudah  seharusnya mengambil sesuatu yang baik dan halal. Sebab, mengambil hak yang lain hukumnya adalah haram.

Memberikan menmaaf bagi manusia Memberikan menmaaf bagi manusia

Lebah menghasilkan madu, ia memberi manfaat bagi manusia. Ini pelajaran bagi kita semua. Madu berasal dari saripati bunga dan baik, makanan baik, keluarnya pun baik. Sesuatu yang halal, keluarnya halal pula. Dan, ia banyak memberi manfaat bagi orang lain.

Lebah ketika mencari makan tidak merusak tempat di mana dia mengambil sari pati bunga yang dia hisap, dia dengan hati-hati hinggap di sekuntum bunga lalu dia menghisap madu bunga dengan sangat lembut dan sabar. Begitu pula sebaiknya dengan kita manusia harus bisa berusaha mencari rezeki dengan cara yang baik, tidak merusak lingkungan dan alam.

Lebah ketika mencari makan dan hinggap di sekuntum bunga dia tidak hanya mengambil yang dia perlukan tetapi kehadirannya membawa manfaat untuk bunga yang ia hinggapi, yaitu dia membantu proses penyerbukan. hal ini mengajarkan kepada  kita dalam mencari rezeki bukan hanya mementingkan diri sendiri dan memanfaatkan orang lain dengan cara yang curang akan tetapi hendaknya kita juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Lebah tidak merusak dimana ia mengambil sari makanan Lebah tidak merusak dimana ia mengambil sari makanan

Lebah tidak merusak, di mana pun dia hinggap, tak ada setangkai daun ataupun ranting pohon yang patah. Betapa santunnya hewan kecil ini hingga dalam bergaul dia tidak menyakiti siapa pun dan senantiasa menjaga kedamaian dalam setiap suasana. Lebah senantiasa memegang prinsip menjaga ketenteraman dalam pergaulan antar sesama

Lebah memiliki harga diri Lebah memiliki harga diri

Lebah punya harga diri, ia tidak akan pernah mengganggu orang lain selama kehormatan dan harga dirinya dihormati. Namun, bila harga dirinya dizalimi, ia akan siap ‘menyengat’ pengganggunya. Demikian juga kita manusia seharusnya lebih bisa dalam menjaga kehormatan diri kita. Jangan sampai kehormatan kita begitu mudah tercampakan hanya karena hal yang sepele.

lebah memiliki senjata yang sangat berbisa Lebah memiliki senjata yang sangat berbisa

Lebah memiliki senjata yang cukup berbisa dan banyak di takuti manusia, yaitu sengatannya yang sangat menyakitkan, dan setiap lebah memiliki senjata tersebut. Tapi yang perlukita tahu meskipun sekumpulan lebah memiliki senjata yang sangat berbisa dan hidup dalam satu tempat mereka tidak ada menyakiti satu sama lain dengan senjata yang mereka miliki . lalu bagai mana dengan kita manusia bisakah kita menjaga kedamaian dengan kehebatan yang kita punya?..

Belajar dari Kehidupan Lebah
Lebah makhluk yang serius sangat menjaga sarangnya karena di dalamnya ada ratu yang sangat dijaganya. Lebah akan terbang menyendiri menyusuri hutan – hutan untuk mencari saripati bunga untuk dibawanya ke sarang.maka hikmahnya yang bisa kita ambil sebagai manusia yang bisa lebih bijak dalam berfikir hendaklah kita bisa menjaga pemberian dan titipan dari Tuhan kita serta senantiasa selalu banyak bersyukur atas yang kita punya baik sedikit apalagi banyak.

Tentunya juga banyak beberapa peneliti telah melakukan penelitian terhadap Lebah sebagaimana yang di jelaskan diatas,

"Itulah beberapa Motivasi pembelajaran yang bisa kita ambil dari kehidupan Lebah yang sangat luar biasa itu". 

Mulailah untuk segera memperbaiki diri kita supaya bisa memberikan banyak manfaat kebaikan untuk diri sendiri dan orang banyak. sekian tulisan ini saya buat terimakasih sudah membaca ,


Penulis: Mus
Editor: Yakop
Ranting: 4.6
Sumber: Sekadau

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya