Gawai Dayak 18-22 Juli, Milik Semua Unsur Masyarakat

Gawai Dayak 18-22 Juli, Milik Semua Unsur Masyarakat
SEKADAU - Gawai Dayak Kabupaten Sekadau tahun 2017 akan digelar pada tanggal 18 sampai 21 Juli mendatang. Kabar tersebut disampaikan secara resmi oleh Dewan Adat Dayak Kabupaten Sekadau melalui panitia pelaksana, Kamis (8/6).

Ketua harian DAD Kabupaten Sekadau, Welbetus Willy mengatakan, DAD sudah mengeluarkan SK penunjukan panitia. Nantinya, semua kegiatan teknis akan dipercayakan sepenuhnya kepada panitia.

"Gawai Dayak merupakan kegiatan rutin, setiap tahun dilaksanakan. Gawai merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya, sesuai salah satu fungsi DAD yaitu melestarikan dan mengembangkan seni budaya. Gawai Dayak Kabupaten merupakan puncak pelaksanaan gawai di kampung masing-masing yang sudah mulai sejak bupan Mei," kata Willy.

Willy menegaskan, gawai dayak tidak hanya untuk masyarakat suku Dayak. "Oleh karena itu kita mengharapkan partisipasi dari saudara-saudara sub suku non dayak untuk ikut berpartisipasi memeriahkan Gawai," ajak Willy.

Ketua panitia Gawai Dayak Kabupaten Sekadau tahun 2017, Yok Kelak menuturkan, panitia pada prinsipnya melaksanakan mandat sesuai SK DAD.

Tema Gawai tahun ini, kata Yok, yakni "melalui Gawai Dayak ke VIII, kita lestarikan adat dan budaya ditengah keberagaman guna mempererat persatuan dan kesatuan NKRI".

"Persiapan administrasi kira-kira sudah 80 persen. Secara umum Gawai tahun ini tidak beda jauh dgn tahun lalu. Display budaya, lomba kesenian budaya, permainan rakyat, dan senagainya. Kita juga akan undang semua sub suku yang ada di Sekadau untuk ikut meramaikan gawai," pungkas Yok.

Topik Terkait:


#Budaya #DAD #Gawai Dayak #Welbetus Willy
Penulis : Benidiktus G Putra
Editor. : Benidiktus G Putra
Rating: 5

Ads

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya