Dibayangi Cuaca Buruk, Waspada Bencana

Dibayangi Cuaca Buruk, Waspada Bencana
SEKADAU.COM, Lingkungan - Sekadau. Kondisi cuaca di Kabupaten Sekadau dan sekitarnya akhir-akhi ini, kurang bersahabat. Sejak tiga hari terakhir, Sekadau selalu diguyur hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

“Hari Kamis, hujannya turun dari sore sampai tengah malam. Bahkan sambung sampai Jumat dinihari,” kata Muh, salah seorang warga Sekadau kepada Rakyat Kalbar, belum lama ini.

Kemarin pagi, hujan juga sempat mengguyur Kota Sekadau. “Sekarang ini kondisi cuaca susah ditebak. Padahal biasanya bulan-bulan seperti ini sudah masuk kemarau, tapi sekarang malah hujan,” kenang Muh.

Dibayangi Cuaca Buruk, Waspada Bencana
Menurut warga Desa Sungai Ringin ini, kondisi cuaca yang sering turun hujan, membuat aktifitas masyarakat terbatas. “Yang mau nyadap karet atau ke ladang, jelas tak bisa kerja,” yakin Muh.

Selain intensitasnya yang lebat dengan durasi yang panjang, hujan juga sering disertai dengan angin kencang dan petir. Diperkirakan kondisi ini masih akan berlangsung hingga beberapa pekan kedepan.

“Kemungkinan masih akan berlangsung hingga kahir bulan ini,” ucap Edy Prasetyo S Sos, Plt Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Sekadau saat dikonfirmasi Rakyat Kalbar, kemarin.

Prediksi Edy ini, mengacu pada hasil perkiraan dari Badan Meteorology, Klimatology dan Geofisika (BMKG) di Pontianak. “Kemungkinan bulan Juli nanti baru terjadi penurunan curah hujan,” yakin Edy.

Masih tingginya curah hujan, diakui Edy, berpotensi menimbulkan bencana. Paling utama adalah terjadinya banjir di beberapa daerah yang memang menjadi langganan banjir.

“Makanya kita minta kepada masyarakat agar mewaspadai potensi bencana itu. Selalu mengawasi keadaan dan melapor ke Posko Bencana terdekat jika ada kondisi darurat,” imbau Edy.

Pihak BPBD-PK Kabupaten Sekadau, tegas Edy, memang tidak tinggal diam. “Kita tetap standby selama 24 jam,” tukas Edy.

Penulis: Bdu/Mus
Editor: Yakop
Rating: 4
Sumber: Sekadau