Bupati Pantau Lokasi Kebakaran Yang Menghanguskan Rumah Mantan Kepala Desa Tanjung

Welcome

SEKADAU.COM, SEKADAU HILIR - Dihari libur Bupati Sekadau Rupinus,SH.M.S.i  bersama Petugas BPBD Kabupaten Sekadau, Kapolsek Sekadau Hilir Masdar beserta anggota Polsek Sekadau Hilir, minggu (30/07) menyempatkan diri mengunjungi keluarga Achmaddin H. Ismail (64) dan beliau juga pernah menjabat sebagai kepala Desa Tanjung selama dua periode yang sekarang menjadi korban musibah kebakaran di RT.03/01 Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir.

Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah dalam membantu meringankan beban keluarga korban kebakaran tersebut. Rupinus menceritakan, saat kebakaran terjadi dirinya sedang berada di luar kota dan mendapatkan informasi kebakaran tersebut sekitar pukul 01.00.
Welcome

"kami sangat prihatin atas apa yang menimpa keluarga Achmaddin yang mendapatkan musibah rumahnya terbakar. Kami berdoa semoga Achmaddin beserta keluarganya tetap sabar dan tabah menghadapi cobaan ini," ungkap Rupinus saat bertandang di rumah Master selaku bensan dari Achmaddin.

Dilihat dari kondisi rumahnya hanya tinggal tiang yang sudah menjadi arang, namun musibah kebakaran tersebut, menyisakan kesedihan sangat mendalam bagi Achmaddin dan keluarganya. Seluruh harta benda dan surat-surat penting miliknya dan milik anaknya habis dilalap si jago merah.

Untuk meringankan beban akibat musibah kebakaran itu, Bupati Sekadau Rupinus,SH.M.Si menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Achmaddin. "Mudah-mudahan bantuan ini, dapat dipergunakan untuk meringankan beban keluarganya," ungkap Rupinus

Rupinus juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan api. Apalagi, kata dia, saat ini bertepatan dengan musim kemarau dan perlunya mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

“Masyarakat harus waspada. Jangan membuang puntung rokok sembarangan dan lain sebagainya,” pintanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat Desa Tanjung juga bisa membentuk satgas dalam menangani terjadinya kebakaran. Sehingga, ada upaya-upaya yang bisa dilakukan masyarakat dalam membantu menangani kebakaran.

“Masyarakat bisa membentuk satgas dan berkoordinas dengan BPBD. Nanti pemerintah daerah bisa membantu mungkin peralatan yang fleksible, bisa dipindahkan apalagi wilayah Tanjung jalannya sempit dan masuk ke gang-gang,” tuturnya.

Musibah kebakaran yang menimpa keluarga Achmaddin (64) warga RT.03/01 Desa Tanjung terjadi sekitar pukul 23.50 WIB. Tengah malam itu, Achmaddin masih dalam kondisi tertidur, mengetahui ruangan terasa panas dan berasap tebal langsung menuju ke ruang tengah, asap dan api pun sudah menyebar pada bagian dinding dan dek rumah, menantunya Udin (30) juga mengetahui keadaan tersebut langsung menyelamatkan istri dan anaknya yang masih didalam kamar, tidak sempat membawa satupun barang berharga mereka langsung  keluar dari pintu dapur dengan bermodal nekat melewati bawah kolong rumah padahal api sudah membesar diatas mereka.

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Kapolsek Sekadau Hilir, Iptu Masdar, Sekdes Tanjung serta Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat.

Penulis: mus
Editor: yakop

Artikel Terkait: