PDAM Buat Zona Metering, Cegah Pencurian Air

Cegah Pencurian Air, PDAM Buat Zona Metering
SEKADAU.COM, LINGKUNGAN - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sirin Meragun tak mau kecolongan dalam mengantisipasi kehilangan air ledeng yang disalurkan kepada pelanggan. Mereka melakukan langkah antisipasi dengan membuat zona metering.

“Rencananya, seluruh daerah layanan PDAM Sirin Meragun akan kita bagi dalam 12 zona,” ulas Yok Kelak ST, Direktur PDAM Sirin Meragun dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (25/7).

Saat ini, pembagian zona tersebut sedang dalam pekerjaan. “Mungkin sudah ada lima zona yang sudah kita bagi. Yang lainnya masih dikerjakan,” tegas Yok.

Alumnus Fakultas Tekhnik Untan itu menjelaskan, dengan sistem zona itu, aliran ledeng sebelum masuk sambungan rumah akan dibagi dulu dalam beberapa zona. Di zona tersebut, akan ada meter yang berfungsi untuk mengukur berapa air yang keluar di zona bersangkutan.

“Zadi kita bisa tahu jumlah pastinya. Termasuk jika ada kehilangan debit air, kita juga bisa tahu berapa jumlahnya,” tutur Yok.

Yok menegaskan, kehilangan debit air pasti terjadi dalam distribusi ledeng. Kehilangan atau dalam istilah teknisnya disebut losses itu, bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari adanya kebocoran pipa distribusi maupun adanya air yang dicuri atau sambungan illegal.

Selama ini, debit air yang hilang hanya berbentuk estimasi atau perkiraan saja. Dengan adanya pembagian zona nanti, losses air bisa dihitung dengan angka pasti alias angka riil.

Pembagianzoa juga akan mempermudah PDAM memblok jika ada kebocoran pipa. Teknisi PDAM bisa melakukan perbaikan tanpa harus mematikan seluruh aliran air, cukup di zona yang mengalami kerusakan saja.

Anggota DPRD Sekadau, Hasan SE mendukung kebijakan PDAM yang melakukan pembagian zona untuk aliran PDAM ke pelanggan. “Harapan kita, dengan adanya pembagian zona ini, tidak ada air yang hilang percuma,” kata Hasan.

Selain itu, Hasan juga berharap PDAM Sirin Meragun bisa memperluas jangkauannya. “Sebab masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati aliran air ledeng dari PDAM Sirin Meragun,” pungkas Hasan.

Penulis: B/mus
Editor: Yakop
Rating: 4.6

Ads

Rekomendasi Kami

Ads Ads
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya