Perlombaan Tradisional Anyaman Tikar di PGD VIII kabupaten Sekadau

Perlombaan Tradisional di PGD VIII Sekadau Anyaman Tikar
SEKADAU.COM, SEKADAU HILIR- Pada hari kedua penyelenggaraan PGD VIII Kabupaten Sekadau, banyak perlombaan yang dilaksanakan.

Perlombaan yang digelar merupakan lomba yang berkaitan dengan adat dan istiadat dayak.
Satu diantaranya yang menarik perhatian adalah lomba mengayam tikar.

Dimana para pesertanya kebanyakan perempuan yang sudah berumur. Bahkan, tidak semua orang memiliki keterampilan untuk menganyam tikar, sebagai alas duduk dilantai itu. Namun, para peserta ini dengan cekatan menganyam tikar di Betang Youth Center, Rabu (19/7/2017).

Diantaranya adalah Empat perserta, yang berasal dari Kecamatan Sekadau Hulu. Ia menuturkan, dirinya sejak gadis sudah bisa menganyam tikar.

Perempuan berusia 31 tahun itu mengatakan, dulu dirinya membuat anyaman tikar dengan cara berkelompok.

“Saat ini sudah sangat jarang menemui remaja atau gadis yang bisa mengayam tikar. Kalau pun ada mungkin tidak banyak,”katanya saat di rumah betang Sekadau,

Ia mengatakan, bahan yang digunakan untuk mengayam tikar menggunakan daun, yang biasa disebut daun perupoek.

Daun itu, kata dia, sejak dulu yang digunakan untuk mengayam tikar yang kadang bisa untuk sendiri atau bahkan dijual. Ia menilai, pentingnya mempertahankan budaya dan ciri khas seperti mengayam tikar.

“Karena tidak banyak yang bisa membuat tikar itu, menganyam tikar itu butuh kesabaran  dan waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi masyarakat yang masih mempertahankan kebudayaan dan ciri khas ditengah era globalisasi moderen saat ini.

Tentunya, kata dia, keterampilan mengayam tikar tersebut perlu ditularkan kepada generasi muda kita,

Sementara itu, Ketua Panitia Gawai Dayak VIII Kabupaten Sekadau, Yok Kelak mengatakan, hasil perlombaan mengayam tikar tersebut, kata dia, dipakai bila ada acara-acara di rumah bentang itu nantik nya.

Bagi anda yang kebetulan berada atau ingin ke Sekadau, sangat dianjurkan untuk menyempatkan diri anda untuk mengunjungi PGD VIII Sekadau yang digelar di Betang Youth Centre Jl. Panglima Naga kawasan passar baru. Selain menikmati berbagai perlombaan adat, anda juga disuguhkan hiburan menarik.

Bagi anda yang suka pernak pernik dayak, di kawasan tersebut juga tersedia para pedagang yang menjajakan berbagai aksesoris dayak yang pasti sangat menarik bagi anda untuk membelinya Selamat datang ke Bumi lawang kuari.

Penulis: Mus
Editor: Yakop
Rating: 4.7

Ads

Rekomendasi Kami

Ads Ads
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya