Kemenkes Bakal Kirim Dokter Spesialis Ke RSUD Sekadau

Kemenkes Bakal Kirim Dokter Spesialis Ke RSUD Sekadau
SEKADAU.COM. SEKADAU HILIR - Kekosongan sejumlah Dokter spesialis di daerah khususnya dikabupaten Sekadau mendapatkan perhatian Kementerian Kesehatan Repulik Indonesia.

Hal ini terlihat dengan kedatangan sejumlah tim visitasi Kemenkes yang dipimpin dr Yudhi ke RSUD Sekadau, Selasa (22/8).

“Kedatangan kami kesini untuk melihat fasilitas yang ada di rumah sakit apakah sudha cocok jika ditempatkan dokter spesialis ke sini,” kata dr Yudhi kepada pada Wartawan disela mengunjungi RSUD Sekadau, seraya menjenguk pasien yang dirawat.

Kedatangan tim visitasi ini disambut langsung di dampingi Plt Direktur RSUD Sekadau, Henri Alpius, SKM bersama jajaran pimpinan RSUD Sekadau lainnya. Mereka meninjau beberapa ruangan perawatan dan fasilitas yang di miliki Rumah sakit Kebanggaan Kabupaten Sekadau itu.

“Kita pantau mulai dari fasilitas kerja (peralatan), transportasi dan lainnya. Masalah keamanan para dokter itu, juga menjadi pertimbangan kita, terhadap dokter yang akan di tempatkan” sambung Yudhi.

Yudhi menegaskan, keberadaan fasilitas tersebut sangat diperlukan. “Tujuannya agar mereka bisa bekerja fokus. Jangan sampai karena fasilitas yang minim, mereka tidak bisa bekerja dengan baik,” tegas Yudhi.

Ada pun dokter spesilias yang akan ditempatkan itu, diantaranya empat dokter spesialis dasar, seperti kandungan, bedah, anak dan spesilias penyakit dalam. Ada juga satu dokter spesialis penunjang, yakni dokter anastesy.

“Rencananya mereka akan kita tempatkan mulai Oktober nanti,” pungkas Yudhi.

Perwakilan tim visitasi provinsi, dr Indra Hutajulung mengungkapkan, para dokter spesilias yang akan ditempatkan itu merupakan dokter kontrak. “Mereka dikotrak selama satu tahun. Tapi bisa diperpanjang tergantung kemampuan APBN,” jelas Indra.

Soal intensif, menurut Indra, para dokter spesialis itu akan digaji langsung dari kementerian dengan nilai mencapai  Rp 27 hingga Rp 30 juta per bulan.

“Tapi dari daerah juga ada fasilitas agar mereka bisa betah disini,” tukas Indra.

Sementara Plt Direktur RSUD Sekadau, Henri Alpius, SKM menyambut baik rencana Kemenkes untuk mengirimkan dokter spesialis di Sekadau. Hendri bahkan mereques tiga dokter spesialis yang sangat-sangat dibutuhkan rumah sakit Sekadau tipe C tersebut.

“Yang paling dibutuhkan adalah dokter bedah, obgyn dan dokter spesialis penyakit dalam,” katanya.

Memang saat ini ketiga dokter spesialis dasar itu sudah ada di Sekadau, Sejak RSUD Sekadau sudah menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Makasar dalam penempatan dokter spesialis. Seluruh dokter spesialis dasar sudah terisi dengan dokter kontrak dari Unhas.

Namun karena jumlah pasien yang cukup banyak, mereka kerap kwualahan menangani pasien. "Untuk itu kita fokoskan dokter tersebut". Ujarnya.

Terkaiat dengan dokter spesialis lain, Henri juga mengaku sangat membutuhkannya. “Soal fasilitas, kami dari RSUD Sekadau akan berusaha semaksimal mungkin agar para dokter itu bisa bekerja dengan nyaman,” di RSUD Sekadau.

Penulis: Joy
Editor : Yakop

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya