33 Titik Api Yang Terpantau Satelit


Titik Api Melonjak Drastis - Asap Tipis Mulai Selimuti Sekadau
SEKADAU.COM, LINGKUNGAN -  Beberapa hari terakhir ini titik api di wilayah Kabupaten Sekadau bertambah dratis, akibatnya kota sekadau dan sekitarnya diselimuti asap tipis.

“Peningkatan mulai terjadi pada tiga hari yang lalu, dalam satu hari ada 33 titik api yang terpantau satelit di Sekadau,” Ujar Ir Akhmad Suryadi MT, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Sekadau, Jumat (21/9).

Diakui Akhmad, beberapa titik api tersebut muncul karena maraknya aktivitas pembakaran lahan. Kondisi ini sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas udara di Sekadau.

“Asap tipis mulai menyelimuti Kota Sekadau beberapa hari terakhir. Beruntung masih belum significant,” sambung Akhmad.

Pantauan Rakyat Kalbar dilapangan, sejak tiga hari terakhir kabut asap tipis mulai terlihat di Sekadau. Asap akan sangat kentara saat pagi maupun sore hari.

Akhmad mengakui, upaya pemadaman api terus dilakukan oleh pihak Satgas Karhutla. Tim dari BPBD Provinsi pun melakukan pemadaman dengan bom air menggunakan helicopter atau water boombing.

“Untuk teknis pemadaman dengan water boombing ini, akan kita rapatkan lagi dengan Satgas provinsi.

Sebab dari pemadaman yang dilakukan beberapa hari lalu, ada protes dari warga,” tuturnya.

Soal adanya protes tersebut, memang bukan isapan jempol belaka. Bupati Sekadau, Rupinus SH M Si pun menyampaikan ada protes dari warga terkait pemadaman api dengan water boombing di daerah Nanga Mahap.

“Warga protes bahkan ngancam mau nembak heli,” kata Rupinus mengutip pernyataan warga tersebut.

Penulis: Ery
Editor: Rentha

Artikel Terkait: