30 Pemuda Digembleng GP Ansor Sekadau Jadi Kader Tangguh

SEKADAU HILIR - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke 1 tahun 2017 di SP Madya Desa Seberang Kapuas Kecamatan Sekadau Hilir, para peserta yang banyak dari kalangan pemuda itu berjumlah 30 orang.

Ketua Panitia PKD GP Ansor Sekadau ke 1 tahun 2017 Sabli mengatakan, kegiatan dilakukan pada 30 September sampai 1 Oktober 2017, selama dua hari itu akan diajarkan bagaimana memahami tentang kepemimpinan.

"Alhamdulilah jumlah peserta PKD tahun ini mencapai 30 orang, yang berasal dari Desa Semabi dan Desa Seberang Kapuas,"ujarnya kepada suara Pemred, Minggu (1/10).

Dikatakan Sablin, bahwa kegiatan PKD ini ada beberapa pihak yang akan menyampaikan materi, sesuai dengan tema yaitu 'NKRI Harga Mati, Bela Agama, dan Bela Bangsa'.

"Nanti ada dari pengurus wilayah GP.Ansor Kalbar, Pengurus PCNU Sekadau, dan para Satkorwil Banser Kalbar. Jadi kita harapkan 30 peeserta bisa paham dan mengerti apa yang akan disampaikan para pemateri - pemateri dan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri,"ungkapnya.

Ketua GP Ansor Muhyi Sidiq mengatakan, PKD ini adalah dilakukan pertama kali dilakukan di kecamatan Sekadau Hilir. "Semenjak GP. Ansor lahir pada tahun 2008 sampai saat ini sudah 5 kali pengkaderan. Namun di kecamatan Sekadau Hilir baru tahun ini dilakukan,"katanya dalam memberikan sambutan.
Ketua GP Ansor Muhyi Sidiq

Saat ini, dikatakan Sidiq, di Ansor sangat memegang teguh sekecil apapun yang terjadi di sosial masyarakat harus bergerak.

"karena kami sudah di baiat untuk menjalankan tugas, seperti Ansor harus menjaga ulama dan mendampingi di pemerintahan,kemudian Ansor menjaga ukhuwah islamiyah, wahtoniyah, dan basariah. Hal itu harus ditanam oleh kader Banser dan Ansor termasuk 30 peserta PKD di seberang kapuas ini,"bebernya.

Sidiq juga mengutip apa yang telah dipesankan oleh kiyai Habib lUtfi Pekalongan, bahwa harus Ansor dan Banser yang merupakan Organisasi Badan Otonom (Banom) Nahdlatul ULAMA (NU) diwajibkn menelurkan kader-kade yang tangguh,kuat dan berjiwa patriotik untuk membela agama dan negara.

"Jadi kita harapkan nanti kader-kader Ansor Sekadau bisa menjadi generasi pemimpin kedepannya. Dan acara ini kami apresiasi juga kepada kepanitiaan saya berharap sahabat peserta bisa mendidik dirinya dan menjadikan Kader Ansor yang mandiri, dan untuk menjaga negara ini dari masalah,"pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan dari Pemerintah Desa Sebernag Kapuas  Zulhaidar, ia mengatakan,kegiatan ini sangat pihaknya dukung.

"Apalagi ini sasarannya anak muda, yang merupakan generasi kedepan. Kalau kita lihat anak muda saat ini banyak yang terpengaruh dengan teknologi negatif, pergaulan bebas, bahkan Narkoba. Ini harus dibasmi dengan cara kegiatan-kegiatan seperti GP.Ansor sekadu ini,"ungkapnya.

Lebih jauh berpesan, agar kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya. Bahkan membidik pemuda-pemuda yang umurnya dalam tahap mencari pengetahuan dan jati diri.

"Agar kedepan kader-kader Ansor sekadau bisa menjadi orang yang bisa membangun daerahnya,"tukasnya.

Penulis: Mus
Editor: Yakop

Artikel Terkait: