Cerita Kunker Bupati dan Wakil Bupati Ke Sunsong Mulai Dari Jalan Kaki, Naik Motor Sampai Kehujanan

SEKADAU.COM, SEKADAU HULU - Cuaca di langit pada pagi Rabu 4 Oktober 2017 di kota Sekadau cukup tidak bersahabat. Hujan turun hampir tak henti-hentinya. Padahal pagi itu ada Jadwal kunjungan Bupati dan Wakil Bupati serta Kepala SKPD di desa Sunsong Kecamatan Sekadau Hulu. Sebelum berangkat menuju Desa Sunsong semua kepala SKPD yang akan berangkat mendampingi Bupati dan Wakil Bupati diminta untuk berkumpul terlebih dahulu di rumah Wakil Bupati yang beralamat di jalan rawak.

Adapun kepala SKPD yang ikut hadir mendampingi Bupati , Wakil Bupati, ketua gow ke desa sunsong antara lain Kepala Dinas pertanian, Kepala Dinas perhubungan, Kepala Dinas kominfo, kepala BKPSDM, Kepala Dinas Perkimtan, sekretaris dewan, Kepala Dinas dukcapil, plt. Kepala dinas pemuda dan olahraga, plt, kepala dinas kesehatan, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Hukum, kepala bagian rumah tangga, sekretaris dinas pekerjaaan umum, pejabat yang mewakili Kepala Dinas Perindagkop, pejabat yang mewakili Bapeda, Camat sekadau hulu, pejabat yang mewakili kepala dinas pendidikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hampir semua Kepala SKPD yang ikut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati kedesa sunsong ini mengggunakan roda dua sepeda motor. Terkecuali Bupati, Wakil Bupati, kadis pertanian, kepala BKPSDM, plt. Kadis kesehatan dan Kadis Perkimtan dan bagian humas protokol yang tidak menggunakan sepeda motor. Awalnya, jika tidak hujan semua rombongan menggunakan roda dua sepeda motor.

Satu persatu Kepala SKPD yang menggunakan sepeda motor saat datang kerumah Wakil Bupati tampak basah kuyup menggunakan jas mantel. “Masuk dulu bapak ibu, kita ngopi dulu, sambil nunggu hujan reda,” sapa Wakil Bupati Aloysius mempersilah rombongan yang akan pergi bertolak ke Sunsong.

Hidangan kopi dan snack juga sudah tersedia dimeja. “Saja pas betul dingin-dingin begini minum Ngopi sambil merokok,” kata salah seorang diantara rombongan ini. Ada juga yang bertanya, jadi ndak ni kita ke sunsong, mengingat hujan masih belum reda.

Waktu pada saat itu sudah menunjukan pukul 07.00 wib dan Hujan pun masih belum reda. Waktu ini dimanfaatkan oleh rombongan untuk ngopi dan ngobrol bersama. Beruntung tak berselang lama, hujan pun mulai reda, walaupun masih rintik-rintik.

Melihat cuaca sudah mulai reda, ada komando supaya rombongan bersiap-siap untuk lepas landas menuju ke sunsong. “Bording-bording, bording, kata salah seorang petugas protokol.

Waktu itu menunjukan pukul 08.00 wib. Semua rombongan pun menuju kendaraannya masing-masing. Bisikan suara motor sempat membahana sebentar di halaman rumah Wakil Bupati.

Satu persatu rombongan lengkap dengan jas hujan turun dari rumah Wakil Bupati menuju sunsong. Perjalanan dari Sekadau menuju sunsong akan ditempuh kurang lebih 49 km. Iring-ringan kendaraan rombongan Bupati dan Wakil Bupati diawali dengan mobil patwal sat pol pp.

Sekitar pukul 09.00 wib rombongan Wakil Bupati tiba di desa nanga biaban. Rombongan istirahat sejenak di nanga biaban. Kendaraan roda empat yang digunakan Bupati, Wakil Bupati, kadis kesehatan, pertanian dan humas hanya biasa sampai di nanga biaban.

Untuk saat ini kendaraan roda empat belum bisa tembus ke sunsong karena sungai menterap masih menggunakan jembatan gantung.
Bupati Sekadau Rupinus Melalui jembatan gantung sungai menterap

Mulai dari jembatan menterap inilah semua rombongan termasuk Bupati, Wakil Bupati, ketua GOW dan rombongan yang menggunakan roda empat menggunakan sepeda motor.

Bupati dan Wakil Bupati sebelum naik sepeda motor sempat berjalan kaki dulu. Bupati dan Wakil Bupati, juga sempat berjalan kaki mengitari jembatan gantung sungai menterap.
Bupati Sekadau Rupinus berjalan kaki dijalan licin dan berbukitan

Bupati dan Wakil Bupati sempat juga berjalan mendaki bukit. Ngos –ngosan nafas pun tak terhindar saat berjalan mendaki bukit jembatan nanga menterap.
Bupati Sekadau Rupinus dibonceng oleh Kepala Desa Nanga Baiaban

Wakil Bupati Sekadau Aloysius dibonceng oleh warga menuju Desa Sunsong

Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius

Saat itu Bupati berboncengan dengan Kades Nanga Baiaban, Wakil Bupati berboncengan dengar warga Nanga Biaban, Ketua GOW berboncengan dengan salah satu staf kecamatan Sekadau Hulu.
Wow!!! ternyata jarak tempuh Nanga Biaban ke Sunsung 12,6 km. Luamayan capek naik motor selama kurang lebih 2 jam dari Nanga Biaban ke Sunsong. Medan jalan dari Nanga biaban ke sunsong cukup menantang.

Jalannya berbukit-bikit dan lembah. Belum lagi saat itu kondisinya jalannya licin, karena baru saja diguyur hujan. Jatuh bangun kendaraan roda dua pun tak terhindar. Karena kondisinya jalannya saat itu benar-benar licin.

Penuh konsentrasi dan hat-hati, itulah yang harus jadi pegangangan para pengandara sepeda motor saat itu. Berkat pertotolongan tuhan, rombongan Bupati dan Wakil Bupati pun akhirnya tiba juga disunsong sekitar pukul 11.30 wib.
Bupati dan Wakil Bupati bersama Kepala Desa Sunsong aban beserta warga sunsong

Bupati Sekadau Rupinus menyampaikan kami tetap menepati janji, hari ini kami harus datang ke sunsong untuk menemui warga kami di sunsong walaupun hari hujan.

Banyak rombongan yang hadir, hampir semua kepala SKPD hadir. saya sengaja bawa kepala SKPD untuk menyerap masukan dan saran dari masayarakat di sunsong,” Ujar Rupinus.

Sementara itu camat Sekadau Hulu Yangsong menyampaikan bahwa kunjungan Bupati, wakil bupati dan rombongan sangat istimewa bagi masyarakat di sunsong. “Kunjungan bapak di Sunsong ini sangat istimewa dan berarti bagi masyarakat di Sunsong pak,” ujar Yangson

Kepala Desa Sunsong, Aban menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan rombongan yang telah berkenan datang dan menemui masyarakat desa sunsong meskipun hari hujan.

“Terima kasih kepada bapak Bupati, bapak Wakil Bupati, anggota dprd kabupaten sekadau dan seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau yang sudah datang mengunjungi dan bertatap muka dengan masyarakat kami di desa sunsong, meskipun hari ini hujan, sekali lagi terima kasih pak,” ujarnya.

Penulis: Hartono
Laporan: Mus
Editor: Yaokp

Artikel Terkait: