Dekranasda Studi Industri Tenun dan Ayaman, Di Lombok 

Dekranasda Studi Industri Tenun dan Ayaman, Di Lombok  LOMBOK. SEKADAU.COM - Industri kerajinan yang berkembang pesat di Lombok menarik perhatian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sekadau, untuk belajar ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) 27 Oktober 2017.

Dekranasda Kabupaten Sekadau  ini datang ke para pengrajin di Lombok untuk belajar lebih banyak terutama dalam hal pengembangan industri kerajinan.

Rombongan Dekranasda Kabupaten Sekadau ini dipimpin langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Ny. Kristina Rupinus, S.Pd, M.SI dan Ny. Vixtima Heri Supriyanti, A.Md. Selain mengikut sertakan para pengurus Dekranasda, Dekranasda Kabupaten Sekadau dalam kunjungan studi ke Lombok ini juga mengikut sertakan pengrajin kerajinan tenun asal Balai Sepuak Kecamatan Belitang Hulu Etna Evi dan pengrajin anyaman asal Pantok Kecamatan Nanga Taman Suratmi.

Lombok dipilih sebagai tujuan studi Dekranasda Kabupaten Sekadau karena dinilai berhasil dalam melaksanakan peran memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan industri kerajinan.

“Karena itulah kami sengaja datang ke Lombok untuk belajar kepada pengrajin bagaimana cara-cara membuat dan mengembangkan industri kerajinan di daerah agar diminati masyarakat luas,” ujar Kristina saat mengunjungi industri kerajinan anyaman rotan dan bambu.

Menurut Kristina ada banyak industri kerajinan baik anyaman maupun tenun yang akan dikunjungi oleh dekranasda kabupaten sekadau selama belajar di Lombok, termasuk juga mengunjungi kampung tradisional suku sasak yang ada di lombok. (bersambung).

Penulis : Hartono (Humas Pemkab)
Laporan : Joy
Editor: Yakop

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya