Digigit Hewan Berpotensi Menular Rabies, Lakukan ini secepatnya

seoamp KESEHATAN, SEKADAU.COM - Pemilik akun facebook atas nama Tohir Pasan‎ mempublikasikan langkah utama apabila digigit hewan yang berpotensi menular rabies.

Status Tohir dipublikasikan di Grup Sekadau News pada tanggal 16 Oktober 2017 jam 05.55 wib.

Dikatakan dia dalam status facebook, Jika Anda telah digigit hewan yang berpotensi menularkan rabies, satu hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencuci luka gigitan tersebut dengan sabun dan basuh dengan air bersih yang mengalir.

Selanjutnya bersihkan luka dengan menggunakan antiseptik atau alkohol.

Jangan tutupi luka menggunakan perban apa pun dan biarkan luka tetap terbuka.

Setelah itu, segera ke rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Jika rabies yang menjangkiti seseorang masih berada pada tahap awal atau sebelum gejala muncul, dokter akan melakukan pengobatan yang disebut profilaksis pasca pajanan yang terbukti sangat efektif dalam menangkal gejala rabies.

Melalui profilaksis pasca pajanan, dokter akan membersihkan bagian tubuh yang terinfeksi, serta memberikan serangkaian vaksinasi untuk mencegah virus menyebar ke otak dan sistem saraf. Pada sebagian kasus, dokter juga akan memberikan serum anti rabies.

Namun jika penderita terlambat mendapatkan penanganan dan gejala sudah muncul,

Maka pada fase ini biasanya dokter akan lebih berfokus pada upaya membuat pasien tetap tenang dan senyaman mungkin karena pasien menghadapi risiko kematian

Itulah dikatakan tohir pada status facebooknya yang dibagikan di grup Sekadau News, semoga apa yang disampaikan Sdr. Tohir Pasan melalui media fb itu bisa menambah pengetahuan kita terkait penangan Rabies tersebut.
Ads
Penulis: Ery
Editor: Yakop

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya