Laptop Milik Anak Kos Prasetyo Diembat

Pelaku dan barang bukti pencurian yang berhasil diamankan jajaran Polsek Sekadau Hilir.

SEKADAU HILIR - Kepolisian Sektor Sekadau Hilir meringkus dua orang pelaku tindak pidana pencurian dan pemberatan, Minggu malam (1/10) sekitar pukul 20.00 WIB.  Keduanya mencuri laptop milik Prasetyo (15) di indekos korban, Jalan Tamtama Sungai Ringin, Minggu siang (1/10) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kedua pelaku yang ditangkap itu, masing-masing berinisial Ap(18 tahun), warga Desa Mungguk dan Dd, (21 tahun), warga Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. Keduanya ditangkap di rumah masing-masing tanpa perlawanan.

Kapolsek Sekadau Hilir, Iptu Masdar yang memimpin langsung penangkapan tersebut mengatakan, pencurian bermula saat korban Prasetyo meninggalkan kamar indekosnya dalam keadaan tak berkunci.

“Saat korban pulang ke kamarnya sekitar pukul 17.30 WIB, korban terkejut karena laptop Asus miliknya hilang,” ujar Masdar.

Saat itu juga, korban yang berstatus sebagai pelajar salah satu sekolah di Sekadau itu langsung melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. Mendapati informasi itu, polisi langsung melakukan pengecekan ke TKP dan melakukan penyelidikan.

Hasil penyelidikan polisi, mengarah pada kedua terlapor. “Kita langsung melakukan pencarian terhadap terlapor. Hasil pencarian, kita menemukan barang bukti dari tangan mereka,” sambung Masdar.

Dari pengakuan keduanya kepada pihak kepolisian, keduanya mengaku datang ke indekos korban menggunakan sepeda motor jenis Vega ZR berwarna hijau dengan Nomor Polisi KB 2790 RQ.

Keduanya langsung masuk ke kamar korban dan mengambil laptop tersebut. Setelah itu, keduanya langsung kabur.

“Dari penangkapan, kita berhasil menyita laptop dan alat chargernya. Kita juga mengamankan sepeda motor yang digunakan keduanya,” beber Masdar.

Saat ini, kedua pelaku sudah diamankan di Mapolsek Sekadau Hilir. Polisi menjerat keduanya dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4 KUHP.

Akibat kejadian itu, korban menderita kerugian sekitar Rp. 3,99 juta. “Ini menjadi pembelajaran bagi kita semua agar berhati-hati menyimpan barang berharga. Jangan memberikan kesempatan kepada pelaku untuk melancarkan aksi kejahatannya,” pesan Masdar.

Penulis: Ery/b
Editor: Yakop

Artikel Terkait: