SMAN 1 Nanga Mahap dan Koramil 1204-18 Mengadakan Nobar G30S PKI

Foto Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Nanga Mahap

NANGA MAHAP, (Peristiwa) - Di Kecamatan Nanga Mahap Sedikitnya 500 orang siswa dan siswi SMA Negeri 1 Nanga Mahap mengikuti nonton bareng (nobar) film Pengkhianatan G30S/PKI, Senin (02/10/2017).

Acara Nobar ini terselenggara atas kerja sama antara pihak TNI-AD dari KORAMIL 1204-18 Nanga Mahap dan pihak sekolah SMA negeri 1 Nanga Mahap.

Menurut perwakilan KORAMIL 1204-18 Nanga Mahap, Serda Gabriel "pemutaran film tersebut sengaja digelar untuk mengenalkan sejarah yang pernah terjadi penghianatan di negara kita Indonesia.

Tujuannya jelas, kita tidak ingin bangsa Indonesia melupakan sejarahnya. Dengan memahami sejarah itu, kita dapat mencegah peristiwa kelam tersebut berulang,"tuturnya

Sementara itu, Ketua Osis SMA Negeri 1 Nanga Mahap , Doni Damara merasa sangat senang bisa melihat pemutaran film penghianatan G30S PKI.

Ia mengaku baru pertama kali menonton film pembunuhan para jenderal itu. "Baru kali ini melihat film ini, sangat senang karena ini merupakan film sejarah bangsa kita," ucapnya.
Foto Posisi Kanan Yudha (Guru), Posisi Tengah Perwakilan Koramil 1204-18 Serda Gabriel, dan Sebelah Kiri Kepala Sekolah SMAN 1 Nanga Mahap

Menurut Rika Yudha. SP,  guru sekaligus Koordinator Komunikasi dan Dokumentasi mengatakan "siswa kami sangat antusias sekali menonton film tersebut,  apa lagi film itu sudah lama tidak ditayangkan, 99% siswa kami memang belum pernah melihat film tersebut",

"Harapan kami dari pihak sekolah sama dengan harapan pihak Koramil Nanga Mahap, siswa dapat memahami sejarah,  sehingga kita dapat mencegah peristiwa silam itu terulang kembali".
Siswa-siswa SMA Negeri 1 Nanga Mahap saat nobar Film G30S-PKI

Penulis: Mus
Editor: Yakop

Artikel Terkait: