Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 89, Bupati Minta pemuda Jadi Pelopor Kemajuan Sekadau

Bupati Sekadau Rupinus,SH.M.Si, sebagai infektur upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89.
Bupati Sekadau Rupinus,SH.M.Si, sebagai infektur upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89.

SEKADAU HILIR, SEKADAU.COM - Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 di Kabupaten Sekadau berlasung semangat, di lapangan Sepak Bola Kabupaten Sekadau Ej.  Lantu, (30/10/2017). Bertindak sebagai infektur upacara Bupati Sekadau Rupinus,  SH,  M. Si.  Bupati ajak pemuda sekadau berkontribusi untuk pembaguan untuk Sekadau maju.

Orang nomor satu di Kabupten Sekadau juga menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Rupinus menyatakan 89 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta.

“Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental, dan patut kita teladani terutama generasi muda masa kini,” kata bupati.

Dikatakan Bupati, bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia, ikrar ini nantinya 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945. Sumpah pemuda dibacakan di arena kongres pemuda kedua, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah.

Ia mengajak bangsa Indonesia untuk bersyukur atas sumbangsih para pemuda yang sudah melahirkan sumpah pemuda melalui kongres pemuda, hingga terbentuklah pemuda dari berbagai suku agama, tergabung menjadi satu untuk Indonesia raya.
Para siswa-siswi berbagai sekolah mengikuti Apel upacara memperingati sumpah pemuda yang ke 89
Para siswa-siswi berbagai sekolah mengikuti Apel upacara memperingati sumpah pemuda yang ke 89

“Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” ungkap Rupinus.

Bupati juga mengajak untuk berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan.

“Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan,” pungkas Bupati.

Selain itu Rupinus harap pemuda Kabupaten Sekadau bisa berinovasi, berkontribusi untuk pembangunan kabupaten Sekadau yang maju sejahtera.
Upacara Dalam rangka memperingati sumpah pemuda yang ke 89
Upacara Dalam rangka memperingati sumpah pemuda yang ke 89

"Pemuda harus berperan aktif, bagi pembanguan Kabupaten Sekadau, kedepannya, jauhi narkoba jadilah pelopor persatuan bangsa dan sekadau khususnya". Ujar Bupati usai upacara pada wartawan.

Upacara ini diikuti Bupati dan Wakil Bupati DPRD,  Kapolres yang di wakili Waka Polres,  Kejaksaan negeri Sekadau,  Camat, tokoh masyarakat,  agama, ormas kepemudan KNPI,  PP. ratusan pelajar SD, SMP, SMA serta ASN, BUMD dan TNI, Polri di Kabupten Sekadau.

Penulis: Joy
Editor: Yakop

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya