Produktif, DPRD Terbit 8 Raperda inisiatif

Produktif, DPRD Terbit 8 Raperda inisiatif
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau Subandrio, SH.MH
SEKADAU HILIR, SEKADAU.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau tahun ini dinilai produktif dalam melahirkan rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif DPRD rancangan regulasi yang merupakan hasil buah pikiran para wakil rakyat, bukan berasal dari pihak eksekutif.

Hal tersebut diungkapkan ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sekadau, Subandrio, SH.MH, setidaknya ada 8 buah Raperda inisiatif yang berhasil dikeluarkan DPRD Sekadau tahun 2017 ini. Raperda tersebut akan dibahas dan ditetapkan menjadi Perda tahun 2018.

Adapun kedelapan Raperda inisiatif DPRD itu antara lain Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, Raperda Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, Kemitraan Bidan dan Bidan Kampung, Raperda Penyelenggaraan Usaha Perkebunan, Pedoman Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Jaminan Kesehatan Daerah, dan Raperda Kedudukan Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sekadau.

“Raperda inisiatif DPRD ini sudah disetujui pada tanggal 3 November kemarin dan akan dibahas untuk menjadi Perda tahun 2018. Selanjutnya akan kita sampaikan untuk telaah akademik di Universitas Kapuas, barulah mulai tahapan pembahasan dengan pihak eksekutif,” ujar Subandrio di kantor DPRD Sekadau.

Menurut Suban, Capaian ini menjadi rekor di tubuh DPRD Sekadau. Sebab, kata Subandrio, baru kali ini DPRD Sekadau menghasilkan Raperda inisiatif hingga 8 buah.

“Kita berterimakasih atas kerjasama rekan-rekan anggota DPRD Sekadau yang sudah mencurahkan perhatian dan pemikirannya sehingga raperda-raperda ini berhasil kita cetus,” ucap politisi Nasdem itu.

Sementara ketua Fraksi Hanura DPRD Sekadau, Abuntono, SP menyatakan fraksinya mendukung dan menyambut baik lahirnya delapan raperda inisiatif tersebut.

“Apalagi kita lihat raperda inisiatif ini dominan mengakomodir kepentingan masyarakat luas. Kita dukung supaya disahkan menjadi Perda,” ujar Abuntono.

Hal senada, anggota Fraksi Gerindra, Yodi Setiawan S.Sos turut menyatakan dukungan penuhnya atas raperda tersebut. “Ini menandakan fungsi legislasi DPRD Sekadau benar-benar terlaksana dengan baik untuk masyarakat, dan pembagunan sekadau lebih baik lagi” kata Yodi.

Penulis: Joy
Editor: Yakop

Rekomendasi Kami

Ads
Lihat Berita Lainnya