Kota Sekadau Diguyur Hujan, Banjir Terjadi Beberapa Desa

Kota Sekadau Diguyur Hujan, Banjir Terjadi Beberapa Desa Banjir dilokasi stegher Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir.(Syamsudin)

SEKADAU HILIR, SEKADAU.COM - Kondisi ketinggian air sungai kini mulai naik, salah satu yang terlihat di Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir. Masyarakat, terutama yang berada di pesisir sungai harus waspada dan berhati-hati. Bukan tidak mungkin ketinggian air naik, bila hujan terus mengguyur.

Kepala Desa Tanjung, Syamsudin mengatakan, hujan terus mengguyur kota sekadau termasuk di desa Tanjung, sehingga ketinggian air di tepi sungai sekadau naik sekira satu meter.

"Kami telah menghimbau sebagian warga yang tinggal ditepi sungai untuk waspada dengan kondisi cuaca yang tidak menentu", Ungkap Syamsudin kepada awak media sabtu (2/11) kemarin.

Camat Sekadau Hilir, H. Safi’i Yanto,SE.M.Si mengimbau masyarakat yang tinggal di pesisir sungai untuk waspada. Terutama waspada terhadap listrik dan anak-anak yang tidak bisa berenang dan lain sebagainya.

“Kami dari Kecamatan sudah mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi hal-hal akibat cuaca yang tidak menentu ini,” ujarnya kemarin.

Selain itu, kata Camat, pihaknya juga mengingatkan kepada desa-desa agar memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, terutama mengantisipasi perubahan musim yang dihadapi saat ini.

Tentunya, kata Camat, kepala desa harus proaktif untuk melaporkan, bila terjadi banjir dan lain sebagainya diwilayahnya.

“Forkopimka Sekadau Hilir terus memonitor dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sekadau. Kami siap turun untuk mengecek secara langsung informasi yang disampaikan, termasuk bila terjadi banjir,” ucapnya.

Safi’i mengatakan, adapun wilayah-wilayah yang dinilai rawan banjir di Kecamatan Sekadau Hilir yaitu daerah berada di pesisir sungai.

Ia merinci wilayah-wilayah tersebut diantaranya Desa Tanjung, Merapi, Seraras dan Seberang Kapuas.

“Wilayah-wilayah itu selalu menjadi daerah langganan banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus,SH.M.Si juga mengimbau masyarakat mengantisipasi terjadinya banjir, longsor dan sebagainya.

Apalagi, belum lama ini banjir terjadi diberbagai tempat, salah satunya di Sekadau yaitu di Merbang, Kecamatan Belitang Hilir.

“Hati-hati, terutama yang berada dipesisir sungai orang tua awasi anak-anaknya. Karena saat ini musim tidak bersahabat,” kata dia.

Terlebih, bila banjir menggenangi permukiman warga. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk selalu waspada mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

“Pastikan masyarakat ditangani dengan baik, apalagi bila terjadi banjir. Penanganan harus dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan,” pesannya.


Laporan Warta: Mus
Editor: Yakop

Ads

Rekomendasi Kami

Ads Ads
  • Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    Safari Natal Pemkab Sekadau di Belitang Hilir

    BELITANG HILIR, SEKADAU NEWS - Safari Natal Pemkab Sekadau untuk ketiga kalinya dilaksanakan di Kecamatan Belitang Hilir, pada hari senin (11/12) bertempat di Gereja GKKI Marturia
  • SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    SAFARI NATAL BUPATI SEKADAU DI GKII BALAI SEPUAK

    BELITANG HULU, SEKADAU.COM - Bupati Sekadau yang di wakili Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH, M.Si, laksanakan Safari Natal di Belitang Hulu tepatnya di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Eben Haezer Balai Sepuak
Lihat Berita Lainnya